MisteryNews ScienceScience

ESA Temukan ‘Alien’ di Mars

TechDaily.id – Tanda-tanda kehidupan di Mars nampaknya mulai kembali menyala, hal ini berdasarkan sebuah temuan terbaru dari planet merah tersebut.

Sebuah gambar yang diambil oleh pengorbit European Space Agency (ESA) baru-baru ini menunjukkan ada yang tampak seperti laba-laba biru berbulu yang memperluas “kakinya” melintasi lanskap Mars. Nampaknya laba-laba dari Mars ini tidak hanya sebuah persona sci-fi yang dinyanyikan oleh David Bowie, hal ini sungguh nyata.

Namun pada kenyataannya, apa yang disebut laba-laba adalah pola luas yang tertinggal di punggung bukit oleh banyaknya debu, ketika ratusan atau bahkan ribuan tornado berputar dan terbentuk di area tersebut. Hal ini di amini oleh perwakilan ESA 14 Maret kemarin dalam sebuah pernyataan yakni “Melihat berbagai hal di Mars: Sejarah Ilusi Mars.”

Tidak diketahui mengapa begitu banyak debu tornado berkumpul di sepanjang punggung bukit, meskipun gunung-gunung di kawasan tersebut dapat memengaruhi aliran massa udara dan berkontribusi pada pembentukan tornado, kata perwakilan ESA. ESA-Roscocmos ExoMars Trace Gas Orbiter menangkap gambar pada 8 Februari di wilayah Terra Sabaea di Mars, menggunakan Color and Stereo Surface Imaging System (CaSSIS).

Jejak biru melambangkan bagian dari punggung bukit yang tergores dan tersapu angin tornado. Meskipun warna sebenarnya dari bahan yang terpapar oleh tornado adalah merah tua, itu tampak sebagai biru pada gambar komposit warna; tekni ini meningkatkan kontras fitur permukaan, menurut pernyataan tersebut.

“Laba-laba berbulu” bukanlah foto pertama yang menonjolkan fitur Mars. Pada tahun 1976, pesawat antariksa NASA Viking 1 mengambil gambar sebuah gunung di Mars yang memiliki kemiripan dengan wajah manusia, dan penjelajah Curiosity telah menangkap gambar yang tampaknya menunjukkan tikus, kadal, dan bahwan sendok mengambang – tidak heran, mereka semua adalah batu yang berbentuk aneh.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close