News ScienceScience

Konsumsi Kacang Dapat Tingkatkan Fungsi Otak di Usia Senja

TechDaily.id – Pepatah mengatakan, “umur hanyalah masalah angka.” Tetapi, semakin bertambahnya angka tersebut, tentu semakin banyak permasalahan yang dihadapi manusia. Terlebih ketika mereka memasuki usia tidak produktif bahkan lansia. Salah satu hal yang mereka khawatirkan ketika memasuki usia tersebut adalah penurunan kognitif.

Sebuah penemuan unik baru saja diungkapkan, terkait kacang yang ternyata dapat menjaga kemampuan berfikir para lansia. Penelitian yang dipelopori oleh Dr. Ming Li mengambil sampel sebanyak 4.882 peserta yang memiliki usia siatas 55 tahun.

Dari penelitian tersebut, terdapat sebuah temuan yang menyatakan bahwa mengkonsumsi kacang dapat meningkatkan fungsi otak manusia di usia senja. Dilansir dari Mirror (22/3), bagi orang dewasa yang mengonsumsi kacang lebih dari 10gr sehari memiliki fungsi otak yang lebih baik. Di antaranya seperti penalaran, daya ingat, dan berpikir.

“Dengan mengkonsumsi lebih dari 10 gram atau dua sendok teh kacang per hari, orang yang lebih tua dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka hingga 60 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang dan secara efektif akan menangkal  penurunan kognitif,” ujar Dr. Ming Li.

Seperti diketahui, Kacang dikenal memiliki beberapa nutrisi. Antara lain lemak sehat, protein, dan serat dengan sifat nutrisi yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kognitif. Di sisi lain para peneliti juga menyarankan bahwa terjadinya peningkatan fungsi otak tersebut dikarenakan efek anti-inflamasi dan aktioksidan dari kacang.

“Selagi tidak ada obat untuk mengatasi penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit neurodegeneratif, mengkonsumsi makanan seperti kacang ini dapat memberikan solusi tepat bagi para lansia dalam menjaga kinerja otak mereka.”  

BACA JUGA
Ini Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi
Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close