MisteryScience
Trending

Benarkah Alien Menolak Berkomunikasi Dengan Kita?

TechDaily.id – Mengapa Bumi belum menerima pesan dari makhluk luar angkasa atau Alien? Mungkinkah karena kita sudah menjadi penghuni di kebun binatang yang disebut galactic.

Ini adalah salah satu skenario yang dieksplorasi sekelompok peneliti internasional pada 18 Maret lalu, tepatnya pada pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi nirlaba yakni Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI).

Pertemuan yang berlangsung di museum Kota Sains dan Industri di Paris (Cit矇), mempertemukan sekitar 60 ilmuwan yang meneliti kemungkinan komunikasi dengan makhluk luar angkasa yang cerdas secara hipotetis.


Di sana, mereka berdebat tentang “Keheningan yang Besar”. Pertemuan tersebut juga mengeksplorasi satu kemungkinan yang dikenal sebagai “hipotesis kebun binatang” yang pertama kali diusulkan pada tahun 1970-an, hipotesis ini menggambarkan Bumi sebagai sebuah planet yang sudah diamati oleh “zookeepers galaksi” yang sengaja menyembunyikan diri dari deteksi manusia.

“Ketika kita mencoba untuk memahami alam semesta dengan lebih baik, pertanyaan apakah kita sendirian tidak dapat dihindari,” kata peserta pertemuan Florence Raulin-Cerceau, seorang profesor di Museum Nasional Sejarah Alam di Paris,seperti dilansir dari laman Space (27/3).

Bahwa Bumi akan menjadi satu-satunya planet untuk berevolusi dan menjadi tuan rumah kehidupan cerdas di antara milyaran planet di galaksi kita saja tampaknya merupakan hal yang sangat tidak mungkin.

Tetapi jika ada makhluk luar angkasa yang cerdas di luar sana, lantas di manakah mereka, dan mengapa kita belum menemukannya? Teka-teki ini, diajukan pada tahun 1950 oleh fisikawan Italia Enrico Fermi, yang dikenal juga sebagai Fermi’s Paradox, dan itu masih menghalangi para ahli hingga saat ini.

Fermi tidak hidup untuk melihat bukti exoplanet pertama, yang ditemukan beberapa dekade setelah kematiannya. Namun, terlepas dari penemuan-penemuan planet ekstrasurya yang menarik ini, kontak dengan makhluk-makhluk luar angkasa hingga sekarang pun tampaknya tidak lebih dekat daripada yang terjadi pada zaman Fermi.

Di bawah pengamatan alien?

Salah satu penjelasan yang dieksplorasi oleh para ilmuwan pada pertemuan METI adalah bahwa alien menyadari Bumi dan mengamati kita seperti kita mengamati binatang yang dipelihara di kebun binatang, kata Presiden METI Douglas Vakoch dalam sebuah lokakarya.

Jika ini masalahnya, manusia harus meningkatkan upaya mereka untuk membuat pesan yang mampu menjangkau “penjaga” kita dan untuk menunjukkan kecerdasan yang kita miliki, Vakoch menjelaskan.

Sebagai contoh, jika zebra tawanan tiba-tiba mengeluarkan pola bilangan prima, manusia akan diminta untuk mengevaluasi kembali pemahaman mereka tentang kognisi zebra, “dan kita akan dipaksa untuk merespons,” menurut EarthSky.

Tetapi bagaimana jika kita bukan bagian dari kebun binatang alien yang luas – bagaimana jika, sebaliknya, umat manusia telah dievaluasi oleh peradaban alien, dan kemudian “dikarantina” dari tetangga galaksi kita?

www.techdaily.id

Ada kemungkinan makhluk luar angkasa secara aktif mengisolasi kita dari kontak untuk kebaikan kita sendiri, karena berinteraksi dengan alien akan “mengganggu secara budaya” untuk Bumi,

Tentu saja, kemungkinan juga kita belum mendengar dari alien karena mereka terkunci di bawah lapisan es di lautan bawah permukaan; terperangkap di dunia yang jauh lebih luas dari Bumi dan secara kuat ditarik oleh gravitasi yang intens; atau mati karena peradaban maju mereka telah menghancurkan diri mereka sendiri – seperti halnya manusia – melalui konsumsi sumber daya alam planet mereka yang tak terkendali.

Padahal, jika kita ingin berkomunikasi dengan alien, kita hanya perlu rileks dan bersabar. Bagaimanapun, Bumi telah ada selama 4,6 miliar tahun, sementara penelitian makhluk luar angkasa dimulai kurang dari 100 tahun lalu, sehingga masih banyak waktu yang kita butuhkan untuk dapat berkomunikasi secara langsung dengan mereka.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close