News ScienceScience

Atmosfer Mars Terdeteksi Metana, Tanda Kehidupan?

TechDaily.id – Gas Metana terdeteksi di atmosfer Mars. Hadirnya gas ini menjadi sumber perdebatan besar pekan ini, lantaran Metana menandakan kemungkinan besar akan adanya kehidupan di Mars. Akan tetapi, menurut pengamatan dari Bumi, tidak melaporkan adanya deteksi metana.

Hingga pada akhirnya, pengukuran independen  melaporkan deteksi yang kuat dalam atmosfer Mars di atas kawah Gale pada tanggal 16 Juni 2013 oleh spektrometer Fourier Planet yang dijalankan di atas Mars Express dan terjadi lonjakan metana disana.

Meski begitu, metana tidak terdeteksi pada bagian orbital lainnya dan deteksi ini melibatkan geometri observasional yang lebih baik serta peningkatan dan pengolahan data yang disempurnakan.

Mars Metana Techdaily

Dilansir dari Science 2.0 (02/4), tim tersebut juga menciptakan simulasi atmosfer Mars dengan menggunakan berbagai skenario pelepasan gas untuk mengidentifikasi wilayah sumber potensial di Timur Kawah Gale dan mengupas spekulasi untuk kesalahan dari Aeols Mensae yang dapat memperluas es dangkal yang diusulkan dari formasi Fossae Medusae yang mengartikan adanya pelepasan gas yang terjebak di bawah atau di dalam es.

Terlepas adanya metana atau tidak di atmosfer di planet merah ini, akan sangat bijaksana untuk kita tidak terlalu dini memastikan apakah ada kehidupan di Mars, apalagi belum adanya penelitian yang lebih lanjut terkait hal tersebut.

“Secara umum kita tidak mendeteksi metana apapun, selain satu deteksi pasti disekitar 15 per mil per miliar volume metana di atmosfer, yang ternyata menjadi sebuah kejelasan dari sebuah lonjakan sekitar enam bagian per miliar,” kata penulis utama Marco Giuranna dari Institute for Space Astrophysics and Planetology di Roma.

BACA JUGA
Asteroid Besar Bakal Lintasi Bumi, Berbahayakah?
Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close