News Science

NASA Jadikan Stasiun Luar Angkasa ISS Sebagai Wahana Komersial

NASA mengumumkan rencananya untuk menjadikan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai pusat aktivitas komersial di orbit rendah Bumi.

TechDaily.id – NASA mengumumkan rencananya untuk menjadikan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai pusat aktivitas komersial di orbit rendah Bumi.

Sebenarnya, upaya ini merupakan bagian dari rencana lembaga antariksa Amerika Serikat itu agar pihak swasta bisa melakukan kegiatan bisnisnya di ISS.

“Kami di sini karena sekarang, ISS terbuka untuk bisnis,” ungkap juru bicara utama NASA, Stephanie Schierholz, seperti dilansir dari TechCrunch.

Terkait kegiatan komersial yang ditawarkan ISS, NASA akan menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk menyelenggarakan perjalanan wisata ke luar angkasa menggunakan roket buatan AS.

Selain itu, NASA juga menjanjikan pihak swasta untuk bisa melakukan kegiatan privat, seperti riset kesehatan, marketing, dan pembangunan infrastruktur luar angkasa.

NASA percaya bahwa rencana mereka ini tidak bersinggungan dengan kepentingan pemerintah dan masyarakat umum.

Di sisi lain, tujuan NASA membuka ISS kepada perusahaan swasta adalah untuk mendapatkan tambahan dana riset, sekaligus mempercepat pengembangan infrastruktur di luar Bumi.

Sebagai langkah awal, NASA akan membuat Regulasi Penggunaan Komersial dari ISS, termasuk suplai atau kuota dari durasi waktu ketersediaan ISS. Selanjutnya, mereka juga akan membuat aturan untuk pembatasan astronot swasta yang hanya bisa mengunjungi ISS sebanyak dua kali per tahun, terhitung mulai tahun 2020.

BACA JUGA
Asteroid Akan Menghantam Bumi, Perlukah Manusia Khawatir?
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close