News Science

Teknologi AI Kini Bisa Pindai Wajah Dari Suara

Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke tahap yang lebih tinggi.

TechDaily.id – Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke tahap yang lebih tinggi.

Dengan memanfaatkan teknologi AI, Mereka mengklaim bisa memindai wajah seseorang hanya dari suaranya saja.

Sebagaimana dikutip dari Gizmodo pada Rabu (11/6/2019), hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam makalah ilmiah yang berjudul Speech2Face: Learning the Face Behind a Voice.

Sebelum sampai pada kesimpulan ini, peneliti melatih AI dengan menggunakan jutaan video yang diambil dari YouTube dengan lebih dari 100.000 pembicara yang berbeda.

Dari data tersebut, mereka menciptakan model AI berbasis jaringan neural yang telah mempelajari atribut vokal yang terkait dengan fitur wajah tertentu dari video.

Setelah data dipelajari dan tersimpan di dalam sistem, peneliti menyiapkan cuplikan suara baru. Hasilnya, AI tersebut dapat menggunakan apa yang telah ia pelajari untuk menebak seperti apa wajah dibalik suara tersebut.

Saat ini, para peneliti masih akan mengembangkan teknologi ini, karena hasil prediksinya belum sempurna dan tidak tidak sama persis dengan pemilik suara aslinya.

BACA JUGA
Pertumbuhan Bisnis OYO di Indonesia Terus Meroket

Tapi sistem ini bisa menghasilkan foto wajah seseorang dengan ekspresi yang netral, mengenali gender, ras, dan umur seseorang dengan cukup akurat.

Sedangkan tujuan riset yang dipimpin oleh mahasiswa postdoctoral Tae-Hyun Oh ini adalah untuk menebak identitas sebenarnya dari pemilik suara tersebut guna memastikan tidak adanya pelanggaran privasi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close