News ScienceScience

Riset, Ternyata Main Games Bisa Tingkatkan Kreativitas Anak

TechDaily.id – Meski sekarang banyak games yang sudah berubah fungsi sebagai salah satu cabang olahraga yang bernama eSport, namun nyatanya banyak orang tua yang tetap tidak mengizinkan anaknya untuk melakukan hal tersebut karena dinilai hanya membuang-buang waktu saja.

Padahal, ada sebuah penelitian terbaru yang mengatakan bahwa bermain games dapat meningkatkan kreativitas anak. Lantas, bagaimana bisa hal itu terjadi? Untuk mengetahuinya Anda tinggal menyimak artikel ini dan biarkan Sains bekerja.

Daily Mail melaporkan (10/8), Video game yang menumbuhkan kebebasan berpikir kreatif dapat meningkatkan kreativitas dalam kondisi tertentu, menurut sebuah studi dari Iowa State University (ISU).

Eksperimen mereka membandingkan efek bermain Minecraft, dengan atau tanpa instruksi, dengan menonton acara TV atau bermain video game mobil balap. Hasilnya, mereka yang diberi kebebasan untuk bermain Minecraft tanpa instruksi adalah yang paling kreatif, menurut para ahli.

BACA JUGA
Hibs and Ross County fans on final

Minecraft sendiri dikatakan seperti dunia Lego virtual. Game ini, yang telah terjual lebih dari 100 juta kopi, memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia yang unik dan menciptakan apa pun yang dapat mereka bayangkan.

Sementara itu, peserta studi yang secara acak ditugaskan untuk bermain Minecraft dibagi menjadi dua kelompok. Instruksi yang mereka terima hanya satu, yakni bermain sekreatif mungkin.

BACA JUGA
HARBIGNAS, Cara Rarali Bantu Permudah UMKM Melek Digital

Setelah 40 menit bermain atau menonton TV, 352 peserta menyelesaikan beberapa tugas kreatif mereka dan Untuk mengukur produksi kreatif, mereka diminta menggambar makhluk dari dunia yang jauh berbeda dari Bumi.

Lebih banyak makhluk mirip manusia mendapat skor rendah untuk kreativitas dan makhluk yang kurang mirip manusia mendapat skor tinggi.

BACA JUGA
Hibs and Ross County fans on final

Yang mengejutkan, mereka yang diinstruksikan untuk menjadi kreatif saat bermain Minecraft adalah yang paling tidak kreatif.

Douglas Gentile, seorang profesor psikologi dari ISU yang mengawasi penelitian ini. mengatakan tidak ada penjelasan yang jelas untuk temuan ini.

“Bukan hanya karena Minecraft dapat membantu mendorong kreativitas, tampaknya ada sesuatu tentang memilih untuk melakukannya yang juga penting,” katanya.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close