Smartphone
Trending

Review Vivo S1, Paket Komplit di Kelas Menengah

TechDaily.id – Persaingan ponsel di kelas menengah saat ini sedang ramai-ramainya, ada beberapa brand smartphone yang cukup serius menghadirkan ponsel berkelas di segmen ini. Salah satunya Vivo dengan seri terbarunya. Penasaran? yuk simak ulasan review Vivo S1 yang telah disiapkan oleh tim TechDaily.id

Vivo S1 merupakan varian terbaru dari seri S milik Vivo. Seri S ini posisinya berada satu tingkat dibawah seri V dan satu tingkat diatas seri Y. Namun, hampir semua fitur seri V diselipkan pada ponsel ini.

Vivo S1 sendiri sejatinya lebih menyasar segmen anak muda yang punya mobilitas tinggi dan membutuhkan ponsel dengan performa dan fitur kamera bagus, tapi tetap mengutamakan desain yang menawan serta daya tahan baterai yang cukup lama tentunya. Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk langsung kita masuk ke bagian desainnya.

Desain

Review Vivo S1 dimulai dari bagian desain smartphone ini. Ponsel ini hadir dengan desain yang cukup cantik, meski masih terdapat notch di bagian layarnya.

BACA JUGA
Aplikasi WhatsApp Kini Bisa Digunakan di Hape Jadul

Hadir dengan dimensi 159.5 x 75.2 x 8.1 mm dan berat 179 gram, membuat ponsel ini cukup nyaman untuk digenggam.

Bagian belakangnya menggunakan material plastik dengan gradasi warna yang cukup anggun. Ponsel ini punya dua pilihan warna yakni Skyline Blue dan Cosmic Green, dimana tim Techdaily mendapatkan ponsel yang memiliki warna Cosmic Green untuk kebutuhan review Vivo S1.

Sayangnya, bodi plastik di bagian belakang ini tidak sekokoh milik brand lain dikelasnya dan cukup mudah kotor dengan bercak sidik jari yang sering menempel. Pada bagian belakang, kita hanya akan menemukan tiga buah kamera di sisi kiri atas dan terdapat tulisan Vivo berwarna emas pada bagian bawahnya. Cukup elegan sih.

Tombol volume up dan down terdapat di sisi kanan ponsel ini, bersanding dengan tombol power. Sementara di bagian kirinya terdapat terdapat tombol Google Assistant dan tray SIM card serta slot memori.

BACA JUGA
Terungkap! Inilah Spesifikasi Redmi 7A

Pada bagian atas, kita tidak akan menemukan lubang apapun karena semua lubang pada ponsel ini seperti port audio, speaker hingga port USB terdapat di bagian bawah. Sayang banget, ponsel ini masih menggunakan port micro USB yang cukup ringkih jika kamu terbalik saat melakukan charging ponsel ini.

Layar

Review Vivo S1 beranjak ke bagian layar. Ponsel ini hadir dengan layar Super Amoled berukuran 6,38 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layar ponsel ini jadi salah satu kelebihan utama dari Vivo S1 menurut kami.

Meski masih menggunakan notch, namun pengalaman kami bermain game dan menonton Video On Demand sangat memuaskan berkat dukungan Super Amolednya.

Pada bagian layar ini juga terdapat pemindai sidik jari yang cukup responsif. Meski kami mengaksesnya dengan jari tangan yang berkeringat.

BACA JUGA
OS Hongmeng Diklaim Lebih Cepat Ketimbang Android

Namun, sangat disayangkan karena layar yang begitu bagus ini tidak terlindungi oleh proteksi milik Corning Gorilla Glass.

Kamera

Bagian review Vivo S1 yang paling seru menurut kami adalah sektor kamera. Ponsel ini dibekali kombinasi tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16 MP sebagai lensa utama, 8 MP sebagai lensa ultra wide dan 5 MP untuk depth sensor nya.

Melihat kombinasi ketiganya, jujur kami punya ekspektasi tinggi terhadap hasil jepretan dari kamera ini. Namun, nyatanya foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan ekspektasi kami.

Bukan berarti hasil fotonya jelek, hanya saja kami yakin ponsel ini bisa menghasilkan foto yang lebih baik lagi, mungkin Vivo akan melakukan sejumlah update software untuk menjadikan foto dari ponsel ini lebih baik lagi, khususnya penambahan mode untuk malam hari.

BACA JUGA
Gandeng Kemenag, XL Axiata Hadirkan Program Madrasah Aliyah 4.0

Sedangkan untuk kamera depannya, ponsel ini hadir dengan lensa tunggal beresolusi 32 MP. Jujur saja, kami sangat puas dengan kemampuan kamera selfie yang dihadirkan oleh ponsel ini.

Kamera selfie Vivo S1 mampu membuatmu menjadi lebih cantik meski tanpa menggunakan fitur beauty dari kameranya. Detail wajah pun masih bisa didapatkan melalui mode auto dari kamera ini.

Performa

Bagian performa tidak luput dari review Vivo S1 yang kami lakukan. Ponsel ini hadir dengan chipset baru buatan MediaTek yakni Helio P65 yang punya performa cukup baik.

Disandingkan dengan dukungan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB, performa dari Vivo S1 bisa berlari kencang.

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan dua alat uji yakni AnTuTu Benchmark dan Geekbench. Pada dua aplikasi benchmark ini, Vivo S1 mendapatkan hasil yang cukup baik, meski bukan yang terbaik.

Pada Geekbench, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 1849 untuk single core dan 5997 untuk multi core nya. Ponsel ini bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S8 di Geekbench. Sementara pada AnTuTu Benchmark, Vivo S1 berhasil mendapatkan skor 145841.

Saat kami memainkan game PUBG, ponsel ini mampu menyajikan settingan grafis HD dan frame rate High. Sangat memanjakan memang, apalagi dukungan layar Super Amoled nya cukup memanjakan mata.

BACA JUGA
Diterpa Banyak Masalah, Penjualan Smartphone Huawei Justru Meroket

Akan tetapi, ketika kami memainkan game populer ini lebih dari 2 jam, kami mulai merasakan suhu ponsel yang meningkat dan sempat sesekali terjadi lag, padahal ping saat itu cukup rendah.

Secara keseluruhan, performa ponsel ini cukup baik dan tidak mengecewakan. Apalagi fitur multi turbo dapat meningkatkan pengalaman bermain game kami.

Baterai

Masuk ke menu baterai, ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 4500 mAh. Baterai ini mampu menemani kami beraktivitas selama seharian penuh meski kami menggunakannya untuk bermain game dan ‘chilling Netflix’.

Baterai berkapasitas besar ini ditemani oleh fitur Dual Engine Fast Charging yang memudahkan kamu dalam melakukan charging dengan cepat.

BACA JUGA
4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Lenovo Legion Y740

Kesimpulan

Review Vivo S1 akhirnya menempatkan kita pada bagian kesimpulan. Sesuai dengan kampanye mereka, ponsel ini memang benar-benar terasa cocok sekali digunakan oleh anak muda yang energik dan dinamis. Terlebih lagi, baterai yang besar membuatmu lebih leluasa menggunakan ponsel ini untuk keseharian. Akan tetapi, sangat disayangkan karena Vivo S1 hanya memberikan RAM berkapasitas 4GB saja dan tidak adanya fitur NFC pada ponsel ini. Body ponsel ini juga cepat kotor, jadi disarankan kamu menggunakan hard case.

Vivo S1 sendiri dibanderol dengan harga Rp. 3.599.000 untuk varian RAM 4/128GB.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close