Planet

Asteroid Besar Bakal Lintasi Bumi, Berbahayakah?

Asteroid 2006 QQ23 diperkirakan bakal melintasi Bumi pada 10 Agustus 2019 mendatang. Berbahayakah?

TechDaily.id – Asteroid 2006 QQ23 diperkirakan bakal melintasi Bumi pada 10 Agustus 2019 mendatang.

Sebagaimana dikutip dari Live Science, asteroid besar ini hanya berjarak sekitar 4,6 juta mil ketika melewati Bumi dengan kecepatan 10.400 mph (16.740 km/jam).

Sedangkan untuk luasnya, asteroid tersebut berdiameter 1.879 kaki atau lebih tinggi dari gedung Empire State di New York, Amerika Serikat, yang memiliki ketinggian 1.454 kaki.

Besarnya ukuran asteroid itu pula yang menyebabkan sebagian orang khawatir terhadap keselamatan makhkuk Bumi. Kendati begitu, dua peneliti NASA langsung meredakan situasi.

Lindley Johnson dan Kelly Fast, peneliti dari Divisi Koordinasi Pertahanan Planet NASA mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan asteroid tersebut. Pasalnya objek luar angkasa tersebut tergolong ‘jinak’.

Sebelum sampai pada kesimpulan ini, lembaga antariksa milik pemerintah AS tersebut sudah melacak komet dan asteroid yang akan mendekati Bumi untuk memastikan keamanan Planet Biru. Hasilnya, mereka sepakat menyatakan bahwa asteroid tersebut bukan ancaman bagi Bumi.

Mereka bisa yakin dengan pendapatnya itu karena setiap tahunnya, sekitar enam benda antariksa seukuran Asteroid 2006 QQ23 melewati Bumi. NASA bahkan menyebut fenomena ini sebagai peristiwa rutin.

BACA JUGA
Tahukah Kamu: Mars Punya Sungai yang Lebih Besar Dari Bumi

Sementara itu, Pusat Penelitian Obyek NASA mencatat bahwa saat ini terdapat sekitar 900 objek di dekat Bumi yang berukuran lebih dari 3.280 kaki, jauh lebih besar dari Asteroid 2006 QQ23.

Sedangkan untuk mengantisipasi adanya serangan dari objek luar angkasa, NASA saat ini tengah mengembangkan Double Asteroid Redirection Test (DART), pesawat antariksa yang dirancang untuk mempertahankan Bumi dari obyek asing luar angkasa (UFO).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close