Throwback

Throwback : Nokia N-Gage, Ponsel Gaming di Masanya

TechDaily.id – Virus eSport yang tengah mewabah di seluruh dunia menjadikan banyak brand smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel gaming. Namun, sebelum hal itu dimulai, Nokia telah lebih dulu menghadirkannya lewat Nokia N-Gage.

Nokia N-Gage bisa dibilang sebuah terobosan pada masanya, dimana feature phone biasanya berdesain biasa namun ponsel gaming milik Nokia ini memiliki desain yang berbeda dengan ponsel di masa itu.

BACA JUGA
Realme 5 Pro Quad Camera Pilihan Terbaik di Range Harga Rp 3 juta

Desain yang berbeda ini juga ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang hobi bermain game dengan menjadikan ponsel ini layaknya konsol gaming portabel.

Nokia N-Gage hadir pada tahun 2003 silam dan bersaing serius dengan Nintendo Game Boy Advance yang lahir pada tahun 2001. Ketimbang game boy, ponsel ini tentu memiliki banyak kelebihan lain karena ini adalah sebuah ponsel.

BACA JUGA
iPhone 11 Hadirkan Fitur Reverse Wireless Charging

Meski tidak memiliki prosesor super kuat dan dukungan RAM besar, namun N-Gage patut dikatakan sebagai leluhurnya ponsel gaming karena memiliki beberapa keahlian khusus.

Nokia membekali ponsel gaming mereka ini dengan prosesor ARM 920T berkecepatan 104 Mhz yang kala itu sudah cukup untuk menjalankan OS Symbian beserta beragam aplikasi Java MIDP yang menjadi basis judul game eksklusif untuk N-Gage. N-Gage juga dibekali beberapa fitur unggulan lainnya yakni feature internet WAP, Bluetooth, dan GPRS, serta kualitas audio yang cukup oke di zamannya.

BACA JUGA
Resmi Melantai, Ini Spesifikasi dan Harga Jajaran Laptop Gaming Lenovo

Nokia N-Gage juga memiliki sebuah ‘SD Card’ khusus berisi beberapa game yang bisa dimainkan tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu. Tidak sampai disitu, meski tidak bisa memainkan game multiplayer secara online namun ponsel ini memiliki sambungan bluetooth yang menjadikannya mampu bermain secara multiplayer, semisal bermain game Winning Eleven bersama teman yang memiliki N-Gage dan game tersebut.

Well, saat ini ponsel legendaris tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp.400 ribuan saja meski di masanya Nokia N-Gage punya harga sekitar Rp.3,5 jutaan.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close