PlanetScience

Jauh Dari Kata Indah, Inilah 5 Planet Paling Mengerikan di Jagat Raya

TechDaily.id – Sejauh ini, hanya Bumi yang merupakan satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh umat Manusia. Hal tersebut dikarenakan Bumi merupakan planet yang paling aman, jauh dari kata bahaya dan tidak seperti daftar planet paling mengerikan pada artikel ini.

Sejatinya, Nasa sudah sejak lama mencari planet yang punya tingkat kemungkinan hidup paling tinggi dan dekat dengan Bumi, meski hingga sekarang belum ada hasil yang jelas.

BACA JUGA
Stres Akibat Perjalanan Luar Angkasa Bangkitkan Virus yang 'Tertidur'

Pada pencarian panjang ini, para ilmuwan antariksa bahkan menemukan beberapa planet paling mengerikan dan misterius di jagat raya ini. Apa saja planet yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

Kepler 36b – 36c

Planet paling mengerikan yang pertama adalah sepasang Exoplanet bernama Kepler 36b-36c. Kenapa ada dua? Yap karena kedua planet ini saljng berdekatan dan berjalan beriringan. Bahkan, keberadaannya bertentangan dengan teori-teori pembentukan planet yang dipercaya ilmuwan hingga kini.

BACA JUGA
Nasa Ciptakan Kapal Selam Pemburu Alien?

Uniknya setiap 97 hari sekali, kedua planet ini berada pada titik yang sangat dekat satu sama lainnya, yakni hanya berjarak 1,9 juta kilometer dan dianggap tengah berperang satu sama lainnya.

TrES-2b

Planet ini disebut sebagai planet paling gelap di jagat raya. Planet ini memiliki jarak 750 tahun cahaya dari bumi. Ukuran planet ini sendiri ditaksir sebesar Jupiter, ketika pesawat luar angkasa Kepler milik Nasa menemukannya.

Hal yang paling mengerikan dari planet ini adalah sifatnya yang hanya memantulkan 1 persen dari cahaya yang ia terima, sehingga menjadikannya planet paling gelap di alam semesta.

BACA JUGA
Venus Bukan Planet Terdekat Ke Bumi

Kebayang kan kalau tinggal disana setiap hari bakalan gelap, apalagi kalau PLN disana tiba-tiba blackout kaya di Indonesia tempo hari.

55 Cancri e

Planet ini sangat mengerikan dan disebut sebagai Planet Lava. Hal ini dikarenakan suhu atmosfernya sangat panas.

BACA JUGA
Nasa Temukan Exomoon, Ada Alien?

Atmosfer panas ini disebabkan karena 55 Cancri e memiliki jarak 100 kali lebih dekat dengan bintang induknya ketimbang bumi. Salah satu sisinya temperatur yang sangat panas yakni sekitar 2500°C dan bagian tergelapnya punya suhu 1100°C.

Planet ini sendiri punya jarak 40 tahun cahaya dari Bumi dan disebut pernah menginspirasi film Star Wars.

HD 189773b

Saat menemukan planet ini, para ilmuwan sempat punya harapan besar terkait adanya planet lain yang menyerupai Bumi. Pasalnya, jika dilihat dari kejauhan, planet HD 189773b ini memancarkan cahaya kebiruan yang membuat para ilmuwan menganggap adanya kehidupan disana.

Namun, harapan itu sirna seketika saat mereka meneliti lebih dalam tentang planet ini.  Ternyata atmosfer di planet ini sangat aneh dan berbahaya.

BACA JUGA
Benarkah Bumi Akan Ditelan Lubang Hitam?

Atmosfer di planet biru ini punya suhu yang sangat panas yakni sekitar 2000 derajat Fahrenheit. Planet ini juga secara misterius mengeluarkan hujan dan angin yang sangat kuat, yakni mencapai 4.500 mph. Jadi, yakin kamu mau tinggal disana?

GJ1214b

Planet lainnya yang cukup mengerikan adalah GJ1214b. Planet ini sejatinya disebut sebagai planet air, karena keseluruhan dari planet ini adalah air.

Sangat mengerikan karena kamu hanya akan menemukan lautan tak berujung ketika mengunjungi planet ini. GJ1214b punya jarak 42 tahun cahaya dari Bumi dan ditemukan pada bulan November 2009.

Planet ini mengorbit bintang katai merah kecil yang hanya memiliki 16% massa matahari kita. Bintang tersebut bernama GJ 1214.

BACA JUGA
Gerhana Matahari Juga Terjadi di Mars

GJ 1214b diperkirakan memiliki massa sekitar 6 sampai 7 kali dari massa Bumi, dengan radius sekitar 2,7 kali radius Bumi, massa yang rendah menunjukkan bahwa sebagian besar planet ini terdiri dari air. Diperkirakan bahwa planet ini awalnya berbentuk planet es yang jauh dari bintang induknya.

Meski semua daerahnya ditutupi air, namun atmosfer di planet ini tergolong panas, yakni sekitar 200°C.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close