Smartphone

Review Oppo A5 2020: Tampilan Mulus, Gak Nguras Fulus

Lantas, apa saja plus minus Oppo A5 2020? Cek jawabannya di review Oppo A5 2020 berikut ini yuk, TechViewers!

TechDaily.id – Beberapa waktu lalu, Oppo memperkenalkan dua ponsel anyarnya sekaligus, yakni Oppo A5 2020 dan A9 2020.
Kabar baiknya, Oppo A5 2020 dengan varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB bersedia mampir dan memberi kesempatan kepada redaksi TechDaily untuk mengulik perangkat berbanderol Rp 2.999.000 tersebut.
Lantas, apa saja plus minus Oppo A5 2020? Cek ulasan berikut ini yuk, TechViewers!
Desain 
Saat pertama kali memegang Oppo A5 2020, terasa kokoh dalam genggaman, namun memiliki bobot yang lumayan berat. Maklum, smartphone ini nyaris berbobot 200 gram dan memiliki dimensi 163,3 mm x 75,4 mm x 9,1 mm.
Meski begitu, hal menakjubkan terjadi ketika memandang bagian punggung smartphone yang menggoda. Pasalnya, warna Dazzling White membuat Oppo A5 2020 terlihat seksi. Ibarat wanita cantik, tampilan fisik smartphone ini berwarna putih, mulus, dan memancarkan gradasi tiga dimensi yang membuat perangkat ini berkilauan ketika dilihat dari berbagai sudut.
Masih pada bagian belakang, Oppo menyematkan empat buah kamera, lengkap dengan sebuah LED Flash. Di bawahnya, ada pemindai sidik jari berbentuk elips.
Pada bagian depan, smartphone ini masih dipasangi notch alias poni. Bergeser ke kanan smartphone, terdapat tombol power. Bagian kiri diisi oleh tombol volume dan slot kartu SIM + MicroSD, sedangkan bagian atasnya dibiarkan polos begitu saja.
Beranjak ke bagian bawah smartphone, terpasang port audio jack 3,5 mm, lubang speaker, dan colokan Type-C.
Terlepas dari bobotnya yang agak berat, desain Oppo A5 2020 benar-benar bisa membuat mata jatuh cinta pada pandangan pertama.
Layar
Oppo A5 2020 memiliki bentang layar IPS 6,5 inci beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel) yang sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 3. Smartphone terbaru ini juga punya rasio screen to body mencapai 82,7 persen. Jadi, bezelnya lumayan masih tebal karena belum menyentuh angka 90 persen.
Dengan komposisi seperti ini, Oppo terlihat memberikan spesifikasi layar yang ‘nanggung’ karena resolusinya masih HD+ dan masih menggunakan panel IPS.
Seandainya mereka menyematkan layar Super AMOLED, tentu penilaian positif untuk sektor layar akan bertambah. Pasalnya, ponsel dari vendor lainnya yang turun di segmen Rp 2 jutaan berani menyematkan resolusi hingga Full HD+.

Kamera
Oppo cukup sigap merespon tren smartphone dengan empat kamera belakang karena berani mengaplikasikannya pada smartphone kelas entry level.
Di atas kertas, Oppo A5 2020 memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi 12 MP f/1,8 (kamera utama), lensa ultrawide 8 MP, 2 MP f/2,4 untuk lensa potrait/bokeh, dan 2 MP f/1,8 mono lens.
Dengan komposisi tersebut, hasil jepretan dengan mode auto, potrait, dan ultrawide di kondisi pencahayaan yang cukup tergolong memuaskan. Selain detil obyek lebih tajam, warna yang dihasilkan pun terlihat lebih natural.
Sedangkan saat memotret di malam hari, keberadaan fitur Ultra Night Mode 2.0 dan Electronic Image Stabilization (EIS) sanggup mereduksi noise, meskipun hasilnya tidak semulus sang kakak, Oppo A9 2020.
Sebagai informasi, Ultra Night Mode 2.0 memberikan cakupan layar yang lebih tajam serta efisiensi piksel kamera. Sedangkan EIS lebih berfungsi dalam pengambilan video yang membuat hasil rekaman menjadi stabil dan minim guncangan.
Beralih ke kamera depan, Oppo A5 2020 dilengkapi kamera tunggal beresolusi 8 MP dengan bukaan diafragma f/2,0.
Bagian paling menyenangkan saat menggunakan kamera selfie Oppo A5 2020 adalah dengan mengeksplorasi berbagai mode yang ada di dalamnya.
Selain auto dan potrait mode yang sanggup menghasilkan swafoto ciamik, smartphone ini juga punya aneka stiker dan filter menarik, yang tentunya bisa memanggil kreativitas penggunanya.
Sementara bagi kaum Hawa, filter dan stiker pada Oppo A5 2020 tentu bakal membuat mereka betah berlama-lama saat berselfie ria.
Untuk bisa menilai hasil foto Oppo A5 2020, TechViewers bisa melihatnya dalam galeri berikut ini.
Performa
Melintas di sistem operasi Android 9.0 Pie, Oppo A5 2020 membawa antarmuka ColorOS 6.0 yang ringkas dan mudah dioperasikan.
 
Secara teknis, spesifikasi Oppo A5 2020 diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang dipadukan dengan GPU Adreno 610, RAMB4 GB, dan memori internal 128 GB. Bagasi datanya pun masih bisa didongkrak hingga 256 GB via MicroSD.
Saat diuji menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, Oppo A5 2020 mengantongi nilai 130603. Sedangkan Geekbench 5 memberikan skor 314 untuk single-core, dan 1240 untuk multi-core.
Dengan hasil tersebut, Oppo A5 2020 memiliki performa teknis yang bagus, namun bukan yang terbaik di kelasnya.
Pengujian Oppo A5 2020 berlanjut pada kemampuan gaming. Saat dipakai untuk memainkan Free Fire, nyaris tidak ada lag yang terasa, meskipun settingan grafis sudah satu level ditingkatkan dari kondisi standar.
Pengalaman bermain game dengan Oppo A5 2020 juga semakin moncer karena dibekali audio dari Dolby Atmos yang mengeluarkan suara cetar dari dua speaker yang terpasang pada perangkat.
Baterai
Oppo A5 2020 sepertinya cocok dimiliki oleh pengguna yang punya mobilitas tinggi karena didukung baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan pemakaian standar, smartphone sanggup terjaga hingga 19 jam lamanya.
Namun ketika di push untuk bermain game dan menonton video, daya tahannya berkurang menjadi sekitar 9-10 jam, masih tergolong handal karena bisa melewati jam kerja pegawai kantoran.
Kesimpulan
Setelah berkenalan dengan Oppo A5 2020 selama hampir satu bulan, smartphone ini unggul dalam hal desain. Jujur saja, warna Dazzling White yang diusung smartphone ini sangat berkelas dan berani menerobos warna-warna mainstream.
Smartphone ini juga menggiurkan bagi konsumen dengan budget terbatas, namun ingin memiliki perangkat dengan fitur Quad Camera. Jangan lupakan juga daya tahan baterai dan performa mulusnya saat dipakai untuk bermain game.
Meski begitu, ada beberapa poin negatif dari smartphone ini, mulai dari bobotnya yang sedikit berat, hingga resolusi layar yang kurang memuaskan.
Namun secara ringkas, review Oppo A5 2020 diakhiri dengan satu kesimpulan: desain mulus, gak menguras fulus.
BACA JUGA
Meluncur September, Ini Bocoran Spesifikasi Vivo Z1 X
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close