LaptopReview

Review Acer Swift 3 (SF314-57G), Ringan, Tipis, Performa Andal

Techdaily.ID Acer resmi meluncurkan Swift 3 (SF314-57G) generasi terbaru dengan prosesor Intel Generasi ke-10 ke Indonesia. Acer Swift 3 (SF314-57G) sudah tersedia di Indonesia mulai Oktober ini secara online maupun offline melalui official store dan partner Acer dengan harga Rp 8.999.000. Setiap paket pembelian Acer Swift 3 (SF314-57G) disertakan Office Home and Students 2019 senilai Rp 1.799.000.

Acer Swift 3 (SF314-57G) tersedia dalam dua varian warna yakni abu-abu baja dan merah muda. Laptop ini mengusung sejumlah fitur andalan seperti layar beresolusi FHD dengan bezel tipis, performa andal, daya tahan baterai irit, desain ringan dan tipis serta konektivitas tingkat tingggi.

Kali ini Techdaily.ID berkesempatan me-review Acer Swift 3 (SF314-57G) varian warna abu-abu baja. Yuk, simak ulasannya.

BACA JUGA
Intip Empat Keunggulan Acer Swift 7

Desain

Acer Swift 3 (SF314-57G) generasi terbaru mengusung desain yang ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian oleh pengguna. Laptop ini memiliki dimensi dengan panjang dan lebar 320mm dan 217mm serta ketebalan 15,95 mm. Bobotnya cukup ringan hanya 1,1 kg.

Casis Magnesium Aluminium dipadukan Magnesium Litium berwarna abu-abu baja membuat laptop ini terlihat kokoh nan elegan. Di bagian atas laptop hanya terdapat logo Acer. Sementara di bagian belakang hanya terdapat ventilasi udara dan product key.

Dalam keadaan terbuka, terbentang layar IPS beresolusi 14 inci beresolusi Full HD (1920x1080p) terbentang di bagian atas laptop ini. Layar Swift 3 juga memiliki bezel yang tipis dengan ketebalan 4,37 mm dan rasio ke layar ke bodi sebesar 84%.

Masih di bagian depan terpatri web camera beresolusi 1MP, tepat di atas layar. Di bawah layar terpampang logo Acer.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A10s, Not Bad Samsung!

Pada bagian bawah terdapat keyboard, touchpad dan sensor fingerprint. Di sisi kanan terdapat sebuah port USB, jack audio 3,5mm dan Kensington security slot. Sementara di sisi kiri dibubuhi sebuah port USB, HDMI dan lubang charger.

Layar

Laptop ini dibekali layar IPS 14 inci beresolusi Full HD (1920x1080p). Layarnya sudah menggunakan teknologi Real IPS sehingga memberikan tampilan visual yang lebih tajam dengan komposisi warna yang pas.

Layar 14 inci ini cocok untuk bermain game dan menonton video ataupun film. Dukungan Acer Color Intelligence dan Acer ExaColor Technology mampu menyajikan gambar yang lebih jelas dan hidup.

Hardware dan Performa

Performanya diperkuat prosesor Intel Core generasi ke 10 terbaru yakni Intel Core i-5 1035G1. Prosesor ini didukung teknologi AI untuk membantu menyelesaikan kegiatan harian lebih cepat dan lancar.

Prosesor ini didukung kartu grafis Intel Iris Plus dan Grafis UHD Intel dipadukan NVIDIA GeForce MX250. Kartu grafis terbaru ini sudah mendukung pemutaran video beresolusi HDR dan 4K dan gaming hingga resolusi 1080p.

GPU Nvidia GeForce MX250 merupakan penerus dari MX150. Kartu grafis ini menawarkan kinerja hingga 3,5X lebih cepat dari grafik terintegrasi untuk software foto dan video editor serta game yang lebih cepat. Dukungan teknologi NVIDIA Optimus mampu memberikan keseimbangan antara daya tahan baterai yang lama dan kinerja.

Storage-nya, laptop ini ditopang RAM DDR4 berkapasitas 4GB serta HDD bermuatan 1TB. Menguji performanya, kami melakukan uji benchmark dengan PC Mark serta bermain game Rise of The Tomb Rider dan Mistover.

Tes PC Mark berhasil dijalani laptop ini dengan skor 2637. Game berat seperti Rise of The Tomb Rider berhasil dilibas habis oleh laptop ini dengan settingan grafis high dengan resolusi 1920x1080p.

Prosesor tersebut terbukti memberikan performa optimal pada laptop ini saat tes benchmark dan bermain game berat (AAA) sekalipun. Tes PC Mark berhasil dijalani laptop ini dengan mulus melalui skor 2637.

Game berat (AAA) seperti Rise of The Tomb Rider dengan settingan grafis high dengan resolusi 1920x1080p. Sebaiknya gunakan settingan grafis medium dengan resolusi 1024×768 agar bermain game Rise of The Tomb Rider di laptop ini semakin lancar. Sebab laptop ini bukan laptop gaming. Game lainnya seperti Mistover berjalan lancar di laptop ini dengan settingan display resolution 1920x1080p.

Software dan Fitur

Dalam paket pembelian laptop ini disertakan sistem operasi Windows 10 Pro 64-bit built-in. Laptop ini juga dilengkapi software bawaan Acer seperti PowerDirector untuk edit video dan PhotoDirector untuk edit foto serta banyak lagi.

Hadir pula software NVIDIA GEFORCE Experience untuk memaksimalkan kinerja kartu grafis. Laptop ini dilengkapi sensor sidik jari yang mampu membuka kunci laptop sangat cepat dalam waktu kurang dari 1 detik.

Konektivitasnya didukung teknologi Wi-Fi 6 membuat kegiatan internet seperti browsing, jejaring sosial, gaming online dan lainnya semakin lancar. Sebab, Wi-Fi 6 dapat meningkatkan throughput jaringan hingga 3 kali lebih besar dan mengurangi 75% latensi.

Daya tahan

battery info view

Baterai berjenis Lithium-ion berkapasitas 49,305mWh ditanamkan di dalam tubuh laptop ini. Baterai tersebut menawarkan daya tahan hingga 12,5 jam untuk penggunaan harian seperti mengetik dokumen, browsing internet dan lainnya. Daya tahan baterai ini cukup irit berkat dukungan prosesor mobile Intel Core Generasi ke 10.

Proses isi dayanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari kondisi dibawah 15% hingga full mencapai 100%. Hanya dalam waktu 30 menit pengisian daya, laptop ini dapat digunakan selama 4 jam.

Kesimpulan

Dari segi desain, Acer Swift 3 (SF314-57G) cukup ringan dan ringkas, namun tetap terlihat kokoh. Performa yang disajikan laptop ini cukup optimal berkat Intel Core generasi ke 10 terbaru yakni Intel Core i-5 1035G1 dipadukan kartu grafis Intel Iris Plus dan Grafis UHD Intel dan NVIDIA GeForce MX250.

Daya tahan baterai laptop ini cukup irit dan proses isi dayanya cukup cepat. Hanya dalam waktu 30 menit pengisian daya, laptop ini dapat digunakan selama 4 jam untuk kondisi pemutaran video.

Soal konektivitas cukup stabil dan cepat. Berkat dukungan teknologi Wi-Fi 6 membuat kegiatan internet seperti browsing, jejaring sosial, gaming online dan lainnya semakin lancar. Dengan harga Rp 8.999.000, Swift 3 (SF314-57G) cocok untuk mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran, konten kreator yang membutuhkan laptop untuk kegiatan harian mereka.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close