Head2head

Mana 48MP Quad Camera Yang Lebih Powerful?

Techdaily – Berbicara segmen smartphone Rp 2 jutaan, smartphone di kelas ini biasanya menawarkan spesifikasi dengan kemampuan serba terbatas. Namun tidak untuk saat ini dimana segmen Rp 2 jutaan calon pengguna sudah bisa memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk berkegiatan sehari-hari.

Salah satu spesifikasi yang berhasil dibawa ke segmen smartphone Rp 2 jutaan adalah 48MP Quad Camera. Vendor smartphone yang berhasil membawa spesifikasi tersebut di segmen yang memiliki ceruk yang padat ini hanya ada dua: realme dengan realme 5s nya dan Xiaomi dengan Redmi Note 8 nya.

Banyak kesamaan yang dimiliki oleh smartphone ini, mulai dari kameranya yang sama-sama memiliki konfigurasi Quad Camera 48MP, prosesor Snapdragon 665 hingga segmen harganya yang sama-sama di angka Rp 2 jutaan. Namun tentunya, ada perbedaan yang membuat realme 5s tampil lebih unggul.

Dari segi desain misalnya, realme 5s menampilkan potongan kristal yang ditingkatkan sedangkan Redmi Note 8 memilih warna gradasi yang telah jamak digunakan. Kedua smartphone ini menampilkan desain yang sama menawannya. Jika Anda menginginkan desain yang tampil beda, realme 5s dengan desain potongan berlian bisa dijadikan pertimbangan.

BACA JUGA
10 Hal Kenapa Kamu Harus Ikutan Mega Sale 11.11

Dari sektor layar, Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan panel IPS, namun memiliki ukuran layar yang sedikit berbeda. realme 5s menampilkan layar HD+ 6,5 inci (720 x 1600 piksel) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Disisi lain, Redmi Note 8 menampilkan layar Full HD+ 6,39 inci yang lebih kecil (1080×2280 piksel) dengan dibekali Corning Gorilla Glass untuk perlindungan.

Baik realme 5s dan Redmi Note 8 sama-sama menggunakan desain notch berbentuk tetesan air demi meninggikan rasio screen-to-body. Dengan memiliki ukuran layar yang lebih besar, tentunya menikmati konten multimedia di layar realme 5s akan menjadi lebih puas dan lebih nyaman.

Beralih ke sektor performa, realme 5s dan Redmi Note 8 sama-sama ditenagai oleh prosesor andal kelas menengah dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 665. Prosesor dengan fabrikasi 11nm ini memberikan kinerja yang lebih kuat dan konsumsi daya yang lebih sedikit daripada Snapdragon 660. Dilengkapi GPU Adreno 610, kedua smartphone ini dapat memberikan kualitas gambar terbaik saat bermain game dan performanya bisa dibilang hampir tidak ada lag.

Di sektor kamera, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan konfigurasi Quad Camera dengan kamera Utama beresolusi 48MP. Kamera utama 48MP di realme 5s menggunakan sensor Samsung ISOCELL GM1. Selain itu, terdapat pula lensa ultra-wide angle 8MP dengan bidang pandang 119 derajat, lensa ultra-macro 2MP dan kamera portrait 2MP. Adapun kamera depannya beresolusi 13MP untuk memotret selfie.

BACA JUGA
realme 5i Resmi Meluncur, Seperti Apa Spesifikasinya?

Redmi Note 8 Pro juga menggunakan kamera Utama beresolusi 48MP. Konfigurasi kamera lainnya terdiri dari lensa sudut lebar 8MP dengan bidang pandang 120 derajat, dan 2 kamera 2MP dimana satu berfungsi sebagai lensa makro dan satu lagi untuk depth sensor. Kamera selfie Redmi Note 8 juga memiliki resolusi 13MP.

Pembeda utama datang dari sektor baterai. realme 5s memiliki baterai jumbo 5.000mAh yang mendukung dengan sistem pengecasan 10W yang tersedia di dalam kotak penjualan. Redmi Note 8 dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih kecil daripada realme 5s, yaitu 4.000 mAh. tentunya realme 5s memiliki daya tahan baterai yang cukup lama karena kapasitas baterainya yang jumbo.

Persaingan kedua smartphone ini sangat ketat di segmen harga Rp 2 Jutaan. Sebagai informasi, realme 5s dengan 4+128GB dihargai Rp 2.699.000 sementara Redmi Note 8 hadir dengan harga paling murah Rp 1.999.000 untuk varian 3+32GB, Rp 2.199.000 untuk varian 4+64GB dan paling mahal Rp 2.799.000 untuk varian 6+128GB.

Sama-sama memiliki quad camera 48MP serta Snapdragon 665, kedua smartphone ini sanggup memberikan hasil foto dan performa yang terbaik disegmennya. Pembedanya hanyalah di ukuran layar serta baterainya. Jika Anda menginginkan smartphone dengan layar dan baterai yang lebih besar, maka realme 5s patut menjadi pilihan Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close