GadgetTips

9 Trik Jitu Atasi Laptop Lemot

Techdaily.ID Laptop lemot atau lambat memang sering membuat kita menjadi kesal. Apakah kamu pernah mengalaminya ? Sebab laptop lemot dapat menghambat segala aktivitas harian kita. Mulai dari bekerja, kuliah, berbisnis dan kegiatan lainnya masih menggunakan laptop.

Ada beberapa penyebab laptop lemot. Misalnya terinfeksi virus, storage penuh, terlalu banyak software dan file, kapasitas storage kecil, membuka banyak tab browser dan banyak lagi.

BACA JUGA
Laptop Sering Lemot? Cek Penyebabnya

Namun kamu tidak perlu khawatir, kini ada 9 tips yang dapat membantu kamu mengatasi laptop lemot. Berikut ulasannya.

1. Backup data penting di flashdisk atau harddsik eksternal

Untuk menghindari HDD atau SSD laptop penuh, sebaiknya simpan semua file di flashdisk atau harddsik eksternal. Apalagi file yang berukuran besar seperti video dan foto dengan jumlah yang banyak jika disimpan di laptop dengan jumlah yang banyak tentunya bisa menghambat kinerja laptop.

Jika kamu sudah terlanjur save semua file di laptop, sebaiknya backup semua file di flashdisk atau harddsik eksternal. Backup file di flashdisk atau harddsik juga bertujuan untuk melindungi file jika suatu saat laptop mengalami kerusakan.

2. Hapus file yang rusak

Selain itu kamu juga harus cek apakah file yang tersimpan masih bisa digunakan atau sudah rusak secara rutin. Bila sudah rusak, hapuslah segera file tersebut. Karena jika disimpan terlalu lama, file rusak (corrupt) tersebut bisa menjadi virus yang dapat merusak laptop.

3. Uninstall software yang tidak diperlukan

Terlalu banyak software yang dipasang di laptop jelas mempengaruhi performa laptop. Banyaknya software yang dipasang bisa menguras kapasitas RAM dan storage.

Sebaiknya kamu pilih software yang tidak kamu gunakan. Selanjutnya uninstall software tersebut.

4. Install dan Update Antivirus

Untuk mencegah virus menjangkiti laptop, sebaiknya install software antivirus. Apalagi saat ini hadir beragam software antivirus yang menawarkan beragam fitur menarik seperti Avast, AVG, Avira, Windows Defender, Kaspersky dan banyak lagi. Bagi kamu pengguna laptop berbasis Windows, kamu bisa mengandalkan software antivirus bawaan Windows yakni Windows Defender.

Setelah install antivirus, sebaiknya update antivirus secara rutin. Update antivirus sangat diperlukan untuk menangkal serangan virus yang terus berevolusi. Selanjutnya scan laptop kamu secara berkala.

5. Update OS rutin

Bagi kamu pengguna laptop berbasis Windows atau macOS, sebaiknya update sistem operasi Windows secara rutin. Setiap ada update, biasanya muncul notifikasi pada laptop. kamu bisa langsung update jika muncul notifikasi tersebut.

Bagi pengguna Windows, kamu juga dapat menonaktifkan atau mengaktifkan auto update OS. Biasanya update OS menghadirkan beragam fitur baru yang dapat mempercepat performa laptop.

6. Gunakan software PC Optimizer

Untuk meningkatkan performa laptop, kamu bisa menginstall software PC Optimizer. Misalnya CCleaner, Advanced System Optimizer, AVG PC TuneUp dan sebagainya. Biasanya software PC Optimizer tersebut bisa membersihkan file ataupun cache yang menempel sehingga mampu meningkatkan performa laptop.

7. Upgrade RAM dan storage

Jika kapasitas RAM dan storage laptop kamu kecil, maka kamu bisa melakukan upgrade. Sebelum upgrade pastikan kapasitas maksimum dan jenis RAM dan storage yang kamu gunakan support dengan laptop kamu.

Cek jenis RAM yang digunakan pada laptop kamu seperti DDR3, DDR3L atau RAM DDR4 dan lihat jumlah minimum kapasitas upgrade RAM. Begitupun dengan jenis storage yang kamu gunakan seperti SSD atau HDD.

Cek juga usia HDD atau SSD yang kamu gunakan. Jika umurnya sudah tua sebaiknya kamu ganti dengan HDD atau SSD baru. Karena usia storage jelas mempengaruhi performa laptop. Pastikan pula laptop kamu upgradeable sehingga memudahkan kamu untuk mengganti atau menambahkan RAM.

8. Gunakan Cooling Pad

Panas berlebih juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Jika laptop kamu tidak memiliki sistem pendingin, kamu bisa menggunakan Cooling Pad atau kipas tambahan. Cooling Pad ini mampu menstabilkan suhu laptop agar tidak terlalu panas.

9. Install Ulang Windows

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan install ulang bagi pengguna laptop berbasis Windows ataupun macOS. Terutama jika kamu memiliki laptop yang memiliki usia yang sudah tua, install ulang adalah salah satu cara terbaik. Sebab usia laptop mempengaruhi performa laptop baik dari segi hardware dan software.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close