ReviewSmartphone
Trending

Review realme 5i, Si Quad Camera Battery King, Beneran Raja?

Techdaily.ID Mengawali tahun 2020 ini, realme kembali menghadirkan anggota baru dari realme 5 series yakni realme 5i ke Indonesia. Sejauh ini realme 5 Series laris manis di pasaran, termasuk Indonesia.

Sebelumnya kemunculan realme 5 Series di Indonesia diawali dengan realme 5 dan realme 5 Pro yang diluncurkan pada bulan September 2019 lalu. Selanjutnya, di bulan November anggota baru realme 5 Series yaitu realme 5s mendarat di Indonesia.

Hampir sama dengan realme 5 Series lainnya, realme 5i masih mengedepankan kamera, desain, performa dan daya tahan sebagai fitur andalan. Ponsel yang dijuluki Quad Camera Battery King ini mengusung baterai jumbo berkapasitas 5000mAh, empat kamera belakang dan chipset Snapdragon 665 AIE sebagai jagoannya.

Spesifikasi yang diusung realme 5i juga tidak jauh berbeda dengan realme 5. realme 5i sudah mengalami sejumlah pembaruan dibandingkan realme 5 Series rilisan 2019 lalu.

Ada tiga konfigurasi yang disajikan realme 5i yaitu RAM 3GB dengan ROM 32GB serta RAM 4GB dengan ROM 64GB serta RAM 4GB dengan ROM 128GB. realme 5i tersaji dalam dua varian warna yakni Ocean Blue dan Forest Green.

BACA JUGA
realme 5i Perkasa di Kelasnya dengan Cip Snapdragon 665 AIE

Kali ini Redaksi Techdaily berkesempatan me-review realme 5i varian 4/64 berwarna Ocean Blue. Seperti apa ulasannya ? Berikut review realme 5i.

Desain

This slideshow requires JavaScript.

Balutan warna Ocean Blue ini memberikan kesan menawan pada realme 5i. Desain realme 5i terinspirasi oleh sinar matahari saat terbit yakni Sunrise Design. Casing belakang realme 5i dibuat menggunakan material polikarbonat dengan guratan yang menyerupai sinar matahari.

Guratan tersebut diproduksi menggunakan mesin pahat radium presisi lima sumbu Jerman yang terkemuka di industri. Proses pemolesan sendiri memakan waktu 600 menit.

BACA JUGA
Review realme 5s, Kamera Jago, Baterai Jumbo

Ponsel ini di mengusung fitur tahan percikan air (splash resistant) menggunakan tiga lapisan tahan percikan dari dalam ke luar. Tiga lapisan tersebut mencakup lapisan pertama berupa lem yang mampu menahan percikan, lapisan kedua dengan cangkang karet tahan percikan serta lapisan ketiga desain cincin tahan percikan.

Desain tahan percikan ini mampu melindungi semua komponen hardware yang terdapat di dalam realme 5i. Desain tahan percikan dari lem ini menempatkan semua komponen di bawah perlindungan khusus.

Selanjutnya cangkang karet pada realme 5i mampu menutup semua lubang atau port pada ponsel ini. Dengan begitu, cangkang karet ini dapat mencegah rembesan air yang akan masuk ke semua port ponsel.

realme 5i telah menyegel slot kartu SIM, penutup baterai, konektor komponen dan celah lainnya dengan cincin busa tahan percikan. Sehingga tidak ada cairan yang dapat masuk ke komponen tersebut.

Melalui desain multi-layer tahan percikan air ini, realme 5i dapat menahan kelembapan dalam kehidupan sehari-hari seperti hujan, percikan air, dan percikan cairan lainnya. Dengan begitu, secara signifikan mengurangi risiko kerusakan serius pada ponsel jika terjadi keadaan darurat.

Selain itu, bezel smartphone ini menggunakan material tahan api khusus. Tujuannya untuk melindungi komponen realme 5i dari percikan api atau bahkan sesuatu yang bisa menimbulkan ledakan.

Layar seluas 6,5 inci, notch mini drop sebagai wadah kamera selfie 8MP serta speaker receiver terpampang di bagian depan ponsel ini. Beralih ke bagian belakang ponsel, terdapat empat kamera belakang, LED Flash, sensor fingerprint dan logo realme.

Di sisi kanan ditemui tombol volume up and down serta slot microSD dan SIM Card. Sementara di sisi kiri hanya terdapat tombol power.

Pada bagian bawah terpatri port micro-USB, speaker, mic dan jack audio 3,5mm. Sedangkan pada bagian atas polos saja ditemui tombol apapun.

realme memiliki 164.4 x 75.0 x 8.95mm dan bobot 195g. Saat digenggam, ponsel ini cukup nyaman dan ringan. Ketika dimasukkan ke saku pun masih terasa pas.

Kamera

This slideshow requires JavaScript.

Kamera masih jadi senjata utama realme 5i sama seperti realme 5 Series lainnya. Sama seperti saudaranya, realme 5i masih mengusung empat kamera belakang. Smartphone yang akrab disapa Quad Camera Battery King ini disematkan kamera utama 12MP (f / 1.8), lensa ultra-wide 8MP (f / 2.25), lensa macro 2MP (f / 2.4) dan lensa portrait 2MP (f / 2.4).

Tampilan interface kamera belakang maupun depan realme 5i cukup simpel. Interface kamera yang diusung realme 5i tidak jauh berbeda dengan realme 5 series lainnya. Terdapat menu photo, portrait, beauty, Nightscape, pano, expert, Chroma Boost, ultra-wide dan ultra macro.

Disediakan pula beragam filter untuk membuat hasil foto lebih menarik. Untuk menguji fitur kamera realme 5i, kami mengambil foto dan video mengunakan ponsel ini. Saat kami mencoba menggunakan mode photo dalam kondisi cahaya yang cukup, foto yang dihasilkan cukup tajam dan detail.

Sebaliknya dalam kondisi minim cahaya, foto yang dihasilkan kurang maksimal. Untuk mensiasatinya, kamu bisa menggunakan mode Nightscape melalui fitur Super Nightscape 2.0. Setelah menggunakan mode Nightscape ini, noise dalam foto hampir tidak terlihat sama sekali.

Seperti mode Nightscape sebelumnya, Super Nightscape 2.0 ini mampu memaksimalkan kinerja kamera realme 5i ketika mengambil foto pada malam hari. Namun fitur Nightscape ini sudah mengalami sejumlah peningkatan.

Cara menggunakan mode Nightscape ini hampir sama dengan pendahulunya yakni cukup tekan dan tahan kamera selama beberapa detik. Untuk mengaktifkan mode Nightscape di ponsel ini, kamu hanya perlu menekan selama 8 detik.

Super Nightscape 2.0 ini bekerja pada lensa utama 12MP dan lensa ultra-wide angle 8MP. realme 5i. Fitur Nightscape ini menggunakan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-frame untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight dan dynamic range yang ditingkatkan.

Saat membidik objek, titik fokus kamera bekerja lebih cepat berkat dukungan teknologi PDAF. Di mode photo, kamu juga bisa menggunakan fitur 5x Hybrid Zoom dan 10x Digital Zoom untuk memperbesar objek foto.

Saat kami mencoba mode 5x zoom, foto yang dihasilkan masih cukup tajam. Namun, ketika menggunakan mode 10x zoom, hasilnya kurang memuaskan.

Selanjutnya kami mencoba menggunakan lensa ultra-wide menggunakan mode ultra-wide. Sudut pandang objek pada foto tertangkap cukup luas mencapai 119 derajat. Lensa ultra-wide ini mampu menangkap objek foto dengan sudut pandang 4x lebih luas.

Saat kami menggunakan lensa super macro melalui mode super macro, objek foto kecil pun dapat tertangkap kamera ponsel ini. Apalagi ketika mengambil foto dengan jarak dekat mencapai 4cm, foto yang dihasilkan lebih maksimal.

Berikutnya kami menggunakan efek bokeh melalui lensa portrait pada ponsel ini. Efek bokeh yang dihasilkan lebih natural, meski tidak disertakan pengaturan level bokeh. Terlebih saat foto wajah, warna kulit wajah terlihat lebih alami.

Sementara kamera selflienya beresolusi 8MP dengan bukaan lensa f/2.0. Tampilan kamera selfie juga cukup sederhana. Hanya tersaji mode photo, portrait, beauty dan pano.

Ketika kami mencoba selfie menggunakan kamera selfie realme 5i, hasilnya tidak jauh berbeda dengan kamera belakang. Masih cukup tajam dan detail.

Ketika mencoba mode beauty untuk selfie, foto yang dihasilkan terbilang alami. Begitupun dengan mode portrait dengan efek bokeh yang tidak berlebihan.

Untuk video, disediakan mode video, slo-mo dan time lapse pada kamera belakang. Sementara kamera depan hanya terdapat mode video dan time-lapse.

Resolusi video yang dihasilkan ponsel ini sudah mencapai 4K. Kamera depan dan belakang ponsel ini didukung fitur Electric Image Stabilization (EIS) yang mampu membuat pengambilan video lebih stabil. Untuk slo-mo, resolusi yang ditawarkan mulai dari 240fps dan 720fps.

Layar

This slideshow requires JavaScript.

realme 5i mengusung layar full screen mini drop berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+. Rasio layar yang digunakan 89% dan rasio layar ke body sebesar 83.2%. Area mini drop berkurang sebesar 30,9% dibandingkan dengan realme 3.

Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi dari goresan. Ketika kami bermain game dan menonton video di layar ponsel, visual yang disajikan cukup tajam. Layarnya juga cukup responsif ketika gaming.

Layar realme 5i juga mampu menyesuaikan dengan pencahayaan sekitar melalui mode auto brightness. Kamu juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode auto brightness di notification atau menu setting.

Selain itu disertakan pula fitur Night Shield yang dapat memberikan perlindungan ekstra pada mata kamu saat menatap layar dalam waktu lama. Night Shiled ini dapat diaktifkan di notification tray dan menu setting.

Software dan fitur

This slideshow requires JavaScript.

Sistem operasi realme 5i masih menggunakan Android 9 Pie. Sementara tampilan antarmuka yang digunakan adalah ColorOS 6.1 terbaru.

ColorOS 6.1 ini memiliki mode interaksi layaknya Android Stock yang menyajikan tampilan sederhana dan mulus bagi pengguna. Fitur Android Stock ini membuat pengoperasian aplikasi di realme 5i lebih ringan.

ColorOS 6.1 ini menyuguhkan Dark Mode baru yang menghadirkan palet warna yang lebih gelap untuk aplikasi dan sistem operasi. Tujuannya untuk membuat mata lebih nyaman.

Tidak banyak disertakan aplikasi bawaan pada ponsel ini. Aplikasi wajib Google seperti Google, Chrome, Gmail, YouTube, Drive dan banyak lagi. Aplikasi bawaan lainnya yang hadir di ponsel ini diantaranya realme Community, Lazada, Babe dan lainnya.

Soal keamanan, ponsel ini didukung fitur face unlock, fingerprint, Kids Space dan Real Private. Sensor face unlock dan fingerprint pada ponsel ini bekerja dengan optimal dan cepat.

Baik face unlock maupun fingerprint, dapat membuka ponsel dengan sangat cepat, hanya dibawah satu detik. Sensor face unlock tidak mampu mendeteksi wajah kami ketika kami berada di tempat gelap serta menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi dan lainnya. Artinya sensor face unlock ini sangat akurat dalam mendeteksi wajah sehingga tidak mudah ditipu menggunakan foto.

Fitur Real Private ini bisa menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya sesuai keinginan. Kamu juga dapat masuk ruang tersembunyi melalui sidik jari yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan password ponsel.

Selanjutnya fitur Kids Space yang selalu ada di ponsel realme lainnya, kembali hadir di realme 5i. Melalui Kids Space, kamu bisa memilih aplikasi mana yang cocok untuk sang buah hati.

Urusan konektivitas, realme 5i dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, FM Radio, serta jaringan 2G,3G dan 4G. Ponsel ini dilengkapi berbagai sensor seperti fingerprint, face unlock, accelerometer, gyro, proximity dan compass. Fitur lainnya, ponsel ini memiliki port microUSB 2.0, USB On-The-Go dan dua buah slot SIM Card serta sebuah slot MicroSD.

Performa dan hardware

This slideshow requires JavaScript.

Dapur pacunya, realme 5i diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 610. Chipset ini didukung 8 core arsitektur 64-bit dengan clock speed 2.0GHz. Dibangun dengan proses produksi 11nm, chipset ini mampu menghemat daya baterai dan memaksimalkan performa realme 5i ketika gaming.

Soal penyimpanan, dengan RAM 4GB dipadukan memori internal 64GB, kami rasa sudah cukup untuk memenuhi segala aktifitas, termasuk gaming. Disertakan pula memori internal yang dapat diperluas hingga 256GB.

Guna membuktikan performa realme 5i, kami melakukan sejumlah tes seperti tes Benchmark, bermain game dan tes audio. Dalam uji benchmark, kami menggunakan AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 4. Semua tes benchmark tersebut sanggup dilibas habis oleh realme 5i.

Di AnTuTu, realme berhasil meraih poin 173543 dan menduduki peringkat ke 63. Selanjutnya tes 3D Mark, berjalan mulus di ponsel ini dengan torehan skor 23217.

Untuk tes PC Mark, ponsel ini mencatat nilai 7680. Sementara tes Geekbench 4, realme 5i menghasilkan skor 1531 untuk Single-Core dan 5543 untuk Multi-Core.

Berikutnya kami mencoba bermain game dengan grafis terbaik seperti PUBG Mobile, Call of Duty (CoD) Mobile dan Marvel Super War. Ketiga game tersebut berjalan mulus di ponsel ini tanpa ada kendala berarti.

Settingan tertinggi dengan grafis dan frame rate Very High pada game CoD Mobile sanggup disikat habis oleh ponsel ini. Begitupun dengan game Marvel Super War yang juga bisa berjalan dengan setting tertinggi dengan Battle Graphics dan System Graphics sama-sama Very High. Untuk game PUBG, ponsel ini hanya bisa menjalankan setting Grafis Balanced dan Frame Rate Medium.

Performa tersebut juga didukung fitur Game Space yang ada pada realme 5i. Fitur game space kembali hadir di ponsel ini dengan sejumlah peningkatan. Kamu juga bisa menambahkan game dan aplikasi apapun ke dalam game space untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Uji audio, kami mencoba mendengarkan musik, menonton video melalui melalui aplikasi pemutar musik bawaan dan YouTube. Suara yang dihasilkan cukup menggelegar ketika bermain game dan menonton video.

Saat mendengarkan musik, suara yang dihasilkan akan lebih terasa jika menggunakan earphone. Ini berkat dukungan fitur Real Sound Technology yang hanya bisa diaktifkan jika kamu mendengarkan musik melalui aplikasi pemutar musik dengan menggunakan earphone.

Real Sound Technology ini secara khusus diimplementasikan pada tiga performa utama dari speaker kecil yang digunakan pada ponsel untuk optimalisasi kualitas suara. Misalnya kualitas suara secara keseluruhan, bass dan volume.

Perpaduan software dan hardware menggunakan solusi rekayasa sistem untuk memaksimalkan kinerja mikro-speaker. Sehingga output suara sebanding dengan suara speaker yang lebih besar. Kamu juga bisa mengatur equalizer sesuai dengan genre musik yang kamu dengarkan melalui Real Sound Technology.

Apalagi kami mendengarkan musik melalui earphone wireless (TWS) terbaru dari realme yakni realme Buds Air yang juga diluncurkan secara bersamaan ke Indonesia dengan realme 5i. Dentuman bas lebih terasa saat mendengarkan lagu bergenrei blues, dance, EDM, elektro, rock, metal, punk dan lagu yang lebih nge-beat.

Daya tahan

Tes baterai realme 5i

Sesuai julukannya Quad Camera Battery King, ponsel ini disokong baterai jumbo berkapasitas 5000mAh. Baterai tersebut dipadukan teknologi AI freeze yang akan memperkirakan aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonaktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang baru.

Selain itu, dilengkapi pula Screen Battery Optimization Mode yang mampu menghemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control). Tujuannya untuk menyesuaikan rasio kontras layar kecuali kamera dan album foto untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

Fitur ini mengurangi kecerahan sambil mempertahankan kualitas gambar. Dengan begitu, mampu mengurangi konsumsi daya layar untuk meningkatkan masa pakai baterai hingga 10%.

Guna membuktikan daya tahan realme 5i, kami melakukan sejumlah tes pada ponsel ini seperti tes Benchmark, bermain game, mendengarkan musik, menonton video dan kegiatan lainnya. Dalam keadaan standby, ponsel ini kuat digunakan selama 4 hari. Untuk penggunaan harian seperti telepon, jejaring sosial, email, pesan instan, foto dan lainnya, ponsel ini bisa bertahan hingga 2 hari.

Saat dipakai untuk gaming secara terus-menerus ponsel ini bisa bertahan hingga 9 jam. Sementara ketika digunakan untuk menonton video dan memutar musik secara non stop, ponsel ini bisa bertahan 19 jam.

Berikutnya uji Benchmark menggunakan Geekbench 4.0, realme 5i meraih skor Medium. Kami juga menggunakan aplikasi baterai indikator yakni Battery Doctor.

Battery Doctor menunjukkan dalam kondisi 100% baterai ini bisa digunakan hingga 23 jam 11 menit. Sementara dalam kondisi 25%, ponsel ini bisa dipakai dalam waktu 4 jam 17 menit.

Karena kapasitas baterainya cukup besar, pengisian daya ponsel ini memakan waktu yang tidak singkat. Dari kondisi dibawah 20%, membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam hingga full 100%. Sedangkan kondisi diatas 20%, tentunya waktu yang dibutuhkan lebih singkat sekitar 1 jam.

Kesimpulan

Dari segi desain, realme 5i tidak banyak yang berubah dari realme 5 Series terdahulu. Namun, desain realme 5i terlihat lebih elegan dibagian belakang. Layar ponsel ini masih cukup nyaman ketika gaming dan menonton video.

Meskipun resolusi kamera utama realme 5i terbilang kecil, namun foto yang dihasilkan cukup memusakan. Begitupun dengan kamera selfie, hasilnya tidak mengecewakan.

Performanya cukup memuaskan ketika gaming dan tes Benchmark. Daya tahannya cukup irit berkat kapasitas baterai mencapai 5000mAh.

Pengoperasian aplikasi juga cukup cepat dan tampilan UI cukup simpel. Dengan kisaran harga dibawah Rp 2 jutaan, smartphone yang dijuluki Quad Camera Battery King ini cocok buat kamu yang menginginkan smartphone dengan performa, daya tahan dan kamera andal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close