Head2headUncategorized

realme 5i vs Redmi Note 8, Mending Mana?

Techdaily.id – realme baru saja melengkapi seri 5-nya, yakni realme 5i di pasar Indonesia. Bagi beberapa netizen, smartphone terbaru ini langsung dihadapkan pada ponsel milik Xiaomi, salah satunya Redmi Note 8. Bahkan, tidak sedikit pula yang mempertanyakan dengan bahasa yang khas, “mending mana, realme 5i vs Redmi Note 8” atau dengan produk Xiaomi lainnya seperti Redmi 8 dan 8A.

Berkaca dari hal tersebut, tim redaksi Techdaily.id akhirnya mencoba mengulas keduanya yang bertujuan untuk memberikan pilihan yang objektif bagi para pecinta smartphone yang bingung dalam menentukan pilihan antara dua produk smartphone yakni realme 5i vs Redmi Note 8.

Secara sekilas, perbandingan antara realme 5i vs Redmi Note 8 memang agak kurang seimbang apalagi jika dilihat dari segi harga yang ada di pasaran. Akan tetapi jika kita melihat lebih detail lagi, sejatinya kedua smartphone ini sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Seperti apa? yuk simak ulasan lengkapnya.

BACA JUGA
5 HP Gaming Sejutaan Terbaik, Pilih Mana?

Desain & Layar

Pertarungan realme 5i vs Redmi Note 8 dimulai dari segi desain dan layar yang digunakan. Menurut kami dari segi desain keduanya memamerkan desain terbaik, meski mengusung konsep yang berbeda.

Redmi Note 8 mengusung desain yang begitu elegan dengan menganut bahasa desain yang mereka sebut sebagai holografik S-Curve, warna gradasi biru dan ungu membuatnya tampak eye-catchy.

Jika diteliti, sensor pemindai sidik jari di bagian belakang kini memiliki diameter yang lebih kecil dibanding sebelumnya. Komposisi vertikal dari setup quad camera juga menambah daya tarik dari segi visual.

Pada sisi bagian bawah, berjajar lubang speaker, jack audio 3,5mm, dan port USB Type C. Sementara slot SIM Tray terletak di sisi kiri dan mampu menampung dua buah nano SIM serta satu microSD sekaligus. Sedangkan segala tombol fisik terdapat pada bagian kanannya.

Sedangkan untuk realme 5i, mengusung konsep yang berbeda dengan balutan warna yang cukup menyegarkan mata. Mengusung dimensi 164.4 x 75 x 9.3 mm dan bobot hanya 195 gram, realme 5i berhasil “Move On” dari desain kaca glossy dengan menyuguhkan balutan warna biru atau hijau yang memukau.

Body belakang realme 5i terinspirasi oleh kekuatan dan harapan yang dibawa oleh sinar matahari saat terbit, Sunrise Design. Sunrise Design ini mewakili antusiasme dan kemungkinan tanpa batas dari generasi muda. realme 5i mengadopsi casing belakang yang dipoles, dan setiap guratan diproses oleh mesin pahat radium presisi lima sumbu Jerman yang terkemuka di industri.

realme 5i pede dengan desain ponsel yang hanya meletakan konfigurasi empat kamera di sisi kiri atas, LED Flash disampingnya dengan tulisan AI camera, pemindai sidik jari dan tulisan realme pada bagian kiri bawah.

Sedangkan dibagian bawah, terdapat banyak lubang yang masing-masing berperan sebagai jack audio, lubang microphone, lubang speaker dan port micro USB. Sementara tombol fisik pada smartphone ini tersebar di bagian kiri untuk tombol volume dan tray simcard serta tombol power di bagian kanan.

Sedangkan untuk bagian layar, keduanya sama-sama mengusung layar notch sebagai pengganjal kamera selfie. Keduanya juga menggunakan layar IPS, hanya saja realme 5i lebih bongsor dengan ukuran layar sebesar 6,52 inci bersolusi HD+. Sementara Redmi Note 8 memiliki ukuran layar sebesar 6,2 inci beresolusi FHD+.

Layar kedua ponsel ini juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, realme 5i menggunakan Corning Gorilla Glass 3 sedangkan Redmi Note 8 menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Kedua pelindung layar ini juga memiliki keunggulan masing-masing, Corning Gorilla Glass 3 mampu bertahan dari goresan, sementara Corning Gorilla Glass 5 lebih tahan benturan namun tidak sekuat seri 3 dari segi goresan yang ditimbulkan ketika ponsel berada di saku.

Menurut kami, pada bagian ini keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlebih lagi, keduanya juga sama-sama tahan percikan air yang membuatmu tidak perlu khawatir untuk hujan-hujanan dengan ponsel ini. Hanya tinggal kamu, lebih suka layar lebih besar atau lebih kecil.

BACA JUGA
Review realme 5i, Si Quad Camera Battery King, Beneran Raja?

Kamera

Duel realme 5i vs Redmi Note 8 masuk ke bagian kamera, disini keduanya sama-sama mengunggulkan empat kamera belakang sebagai senjata mereka di market. Akan tetapi, resolusi kamera Redmi Note 8 jauh lebih unggul ketimbang milik realme 5i.

Redmi Note 8 mengandalkan kamera utama dengan resolusi 48 MP yang memanfaatkan sensor Samsung GM1 dengan teknologi Tetra Cell. Sensor ini memungkinkan kamera menangkap gambar dengan baik meski dalam kondisi pencahayaan minimal. Ketiga kamera lainnya adalah lensa 8MP ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth sensor.

Seakan tak mau kalah dengan smartphone lainnya, Redmi Note 8 juga sudah dibekali dengan fitur night mode dan dibantu dengan artificial intelligence (AI).

Sesuai dengan apa yang Xiaomi gembar-gemborkan, kualitas gambar dari Redmi Note 8 memang terbilang menjanjikan. Detail dan warna yang dihasilkan begitu mendekati objek aslinya.

Serunya lagi, buat kamu yang doyan fotografi bisa mencoba berbagai mode kamera yang sudah disediakan, seperti makro, potrait dan panorama. Pada mode 48MP, kamera Redmi Note 8 mampu memproduksi foto dengan detail yang lebih tinggi. Untuk urusan ber-selfie ria, terdapat kamera depan 13MP yang juga sudah didukung dengan AI yang membuat efek mencerahkan pada kulit namun tetap terlihat alami.

Sedangkan realme 5i yang dijuluki sebagai Quad Camera Battery King juga memiliki konfigurasi empat kamera belakang yang masing-masing punya resolusi 12MP sebagai kamera utama, 8MP untuk ultrawide nya, 2MP sebagai lensa macro dan 2 MP untuk depth sensornya. Sedangkan untuk kamera selfie nya, realme 5i memiliki kamera selfie dengan resolusi 8MP yang juga sudah didukung oleh teknologi AI.

Meski memiliki besaran resolusi lebih kecil ketimbang Redmi Note 8, namun perlu dicatat bahwa realme 5i memiliki sederet fitur kamera unggulan yang mampu mengimbangi kualitas foto yang kamu hasilkan seperti Super Nightscape 2.0, Chroma Boost hingga AI Camera yang memudahkan kamu dalam mengambil foto dalam kondisi siang maupun malam.

Salah satu fitur unggulan dari kamera realme 5i yang menurut kami terbaik adalah Super Nightscape 2.0, fitur ini dapat menghasilkan foto pemandangan malam dengan kecerahan dan detail menawan. Baik itu pemandangan malam di jalan raya yang terang, desa yang temaram, atau kota dengan rasio cahaya yang tinggi. Super Nighstcape 2.0 memanfaatkan inovasi dan keunggulan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight dan dynamic range yang ditingkatkan.

Menurut kami, dari segi kamera Redmi Note 8 lebih unggul dari segi resolusi yang ditawarkan, namun realme 5i juga punya kamera dengan kualitas yang ciamik loh, karena pemrosesan gambar lebih dimaksimalkan di realme 5i. Dalam hal ini, menurut kami realme unggul dalam hal memaksimalkan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah smartphone, baik dari segi hardware maupun pemrosesan gambar secara software. Untuk hasilnya, kamu bisa lihat sendiri di bagian bawah ya.

BACA JUGA
Review realme Buds Air, Kualitas Memukau Dengan Harga Terjangkau

Performa

Pertarungan realme 5i vs Redmi Note 8 berlanjut ke bagian performa. Kedua smartphone ini sama-sama diotaki oleh chipset kelas menengah Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 665. Keduanya juga sama-sama menggunakan prosesor Octa-core dan didukung oleh GPU Adreno 610.

Perbedaanya hanya terdapat pada sisi RAM dan media penyimpanannya saja. Redmi Note 8 yang ada pada kami menggunakan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB. Sementara realme 5i yang kami miliki menggunakan konfigurasi RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB.

Untuk menguji performanya, kami menggunakan dua alat ukur yakni Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark. Kami juga memainkan game Call Of Duty Mobile untuk mengukur pengalaman bermain di kedua smartphone ini.

Pada masa pengujian, kedua smartphone ini memberikan hasil yang bervariasi. Seperti pada AnTuTu, Redmi Note 8 mampu memperoleh hasil 170983. Begitu pun tes Geekbench berhasil dilibas Redmi Note 8 dengan skor Single-Core 312 dan Multi-Core 1331.

Sementara untuk realme 5i mampu mengoleksi skor hingga 173543 dan menduduki peringkat ke 63 untuk AnTuTu, sedangkan untuk Geekbench, realme 5i menghasilkan skor 312 untuk Single-Core dan 1372 untuk Multi-Core.

Dari hasil benchmark ini saja, sejatinya kita sudah dapat mengambil kesimpulan mana smartphone yang lebih kuat dari sisi performa. Perlu dicatat kalau Redmi Note 8 yang kami uji menggunakan varian RAM yang lebih besar ketimbang realme 5i.

Pengujian kami lanjutkan ke bagian gaming test. Ketika memainkan game CODM, keduanya mampu menampilkan settingan grafis tertinggi yang disediakan game tersebut yakni Very High. Keduanya juga mampu menjalankan game ini dengan mulus dan kami tidak menemukan adanya frame drop ketika memainkan game populer ini.

Satu hal yang kami temukan adalah draining baterai yang cukup terasa pada Redmi Note 8. Namun, kita akan membahasnya lebih lengkap di bagian baterai ya guys.

Dari segi performa, kami berkesimpulan kalau realme 5i lebih unggul dari Redmi Note 8. Meski keduanya mampu menyajikan pengalaman bermain game yang sama-sama baik untuk kategori smartphone low-end, namun skor dari dua aplikasi benchmark tetap tidak bisa dikesampingkan.

BACA JUGA
Meizu 17 Curi Perhatian Dengan Bocoran ‘kecil’ Indikator Baterai Yang Melingkar di Lubang Kamera Depan

Baterai

Duel panas antara realme 5i vs Redmi Note 8 berlanjut ke bagian baterai. Disini, kami kembali menemukan sebuah perbedaan dari sisi kapasitas baterai yang dimiliki keduanya. Redmi Note 8 memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh sementara realme 5i memiliki kapasitas baterai mencapai 5000 mAh.

Seperti yang tadi sempat kami singgung di bagian performa, baterai Redmi Note 8 cukup draining ketika “disiksa” untuk aktivitas berat. Sedangkan realme 5i sedikit lebih awet ketika kami menggunakannya untuk aktivitas yang sama berat.

Sejatinya hal ini cukup wajar mengingat kapasitas baterai yang dimiliki oleh Redmi Note 8 lebih kecil ketimbang realme 5i. Akan tetapi, jika diteliti lebih dalam ternyata bukan hanya kapasitas baterai saja yang menjadikan realme 5i lebih awet daya. Pasalnya, smartphone terbaru dari realme ini memiliki teknologi AI freeze yang akan memperkirakan aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonaktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang baru.

Selain itu, dilengkapi pula Screen Battery Optimization Mode yang mampu menghemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control). Tujuannya untuk menyesuaikan rasio kontras layar kecuali kamera dan album foto untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

Namun, Redmi Note 8 tertolong oleh sistem pengisian daya cepat 18W yang cukup bisa membantu penggunanya ketika kehabisan baterai.

BACA JUGA
Realme Band Bocor, 9 Mode Olah Raga dan Charge Tanpa Kabel

Dari segi baterai, kami berkesimpulan bahwa realme 5i lebih unggul berkat optimalisasi yang dilakukan oleh realme dari sisi hardware maupun software. Kamu yang cerdas tentu setuju dengan pengolahan sumber daya yang efisien dibandingkan statistik besar diatas kertas.

Kesimpulan

Duel panas realme 5i vs Redmi Note 8 memasuki bagian kesimpulan. Disini, kami menjagokan realme 5i sebagai juaranya. Hal tersebut dikarenakan smartphone ini lebih cerdas dalam mengolah sumber daya hardware dan software yang dimilikinya. Alih-alih berkutat dengan statistik diatas kertas dengan besaran megapiksel dan besaran RAM, realme membuat optimalisasi maksimal pada realme 5i. Langkah bijak bagi realme untuk mengedukasi pengguna smartphone bahwa angka tinggi dalam kertas spesifikasi baiknya diimbangi dengan manajemen daya dan prosesor yang cerdas. Lain halnya jika kamu menginginkan smartphone dengan resolusi kamera dan RAM yang lebih besar kamu bisa melirik Redmi Note 8, tentunya dengan harga yang lebih tinggi dan ketersediaan yang cukup langka dipasaran.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

2 Comments

  1. I like the helpful information you provide to your articles.

    I will bookmark your blog and check again right
    here frequently. I’m quite sure I will be told
    lots of new stuff proper right here! Good luck for the
    next!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close