GadgetNews GadgetRekomendasi

Duo Chipset Mediatek Helio G Series Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

Techdaily.ID MediaTek meluncurkan dua chipset baru khusus mobile gaming yakni Helio G70 dan Helio G80. Chipset Helio G Series terbaru ini menghadirkan teknologi game HyperEngine, multi-kamera canggih dan konektivitas stabil untuk bermain game. Helio G70 dan G80 ditujukan untuk pengguna smartphone dan penggemar game premium baru yang menginginkan fitur kelas atas dengan harga menengah.

MediaTek Helio G70 dan G80 memiliki dua CPU Arm Cortex A-75 yang beroperasi hingga 2GHz, ditambah enam CPU Cortex-A55 yang beroperasi hingga 1,8GHz. Keduanya dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Kombinasi tersebut mampu meningkatkan kinerja Single-Core dan Multi-Core.

Soal pengolahan grafis, baik Helio G70 dan Helio G80 sama-sama disematkan GPU ARM Mali-G52. Bedanya hanya kecepatannya saja.

GPU Mali-G52 pada chipset Helio G70 memiliki clock speed 820MHz. Sementara GPU Mali-G52 pada chipset Helio G80 memberikan peningkatan kinerja hingga 15% dan memiliki kecepatan hingga 950MHz. GPU tersebut mampu meningkatkan kinerja, pengolahan grafis maksimal, serta responsifitas lebih tinggi ketika bermain game.

“Pasar game ponsel pintar sedang berkembang, dan chipset seri G MediaTek menghadirkan fitur daya, kinerja, dan permainan yang memungkinkan pembuat perangkat berinovasi dan memenuhi permintaan game konsumen. Chip seri G memiliki kombinasi hardware dan software yang mengesankan untuk mengoptimalkan kinerja, memberikan kualitas gambar yang luar biasa, bermain game yang lancar dan memastikan konektivitas tanpa gangguan,” ujar Yenchi Lee, Assistant General Manager, Wireless Business Unit, MediaTek melalui keterangan tertulisnya.

BACA JUGA
MediaTek Rilis Chipset Gaming untuk Smartphone Entry Level

Kedua chipset baru ini juga menghadirkan teknologi terbaru untuk smartphone seperti Voice on Wakeup (VoW) terintegrasi, fotografi multi-kamera canggih dan kinerja keseluruhan yang lebih cepat. Baik Helio G70 maupun G80 mengusung teknologi game HyperEngine yang memungkinkan aksi game lebih cepat dan mulus dengan jaringan yang cerdas dan manajemen sumber daya.

Tak hanya itu, Helio G70 dan Helio G80 mengusung sejumlah fitur menarik lainnya. Berikut ulasannya.

1. Intelligent Speed Uplift untuk Gameplay dan Call & Data Concurrency Cepat

Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi Intelligent Speed Uplift memicu konkurensi Wi-Fi & LTE hanya dalam 13 milidetik. Tujuannya untuk memastikan koneksi yang lancar dan bebas lag selama bermain game. Ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan saat dalam game tanpa koneksi terputus.

2. Resource Management Engine untuk Gameplay yang Lebih Baik dan Lebih Lama

Teknologi Resource Management Engine ini memastikan manajemen CPU, GPU, dan memori yang cerdas dan dinamis.

3. Fitur pengolahan kamera

Kedua chipset ini memiliki kombinasi hardware dan software untuk mengolah foto ataupun video pada kamera ponsel. Misalnya Camera Control Unit (CCU), Electronic Image Stabilization (EIS) dan teknologi Rolling Shutter Compensation (RSC) yang meningkatkan perekaman video dan perekaman sangat cepat hingga 240fps.

4. Navigasi inersia

Chipset ini dilengkapi dengan mesin navigasi inersia yang memberikan posisi dan konektivitas yang sangat akurat. Teknologi ini juga bisa menyederhanakan desain produk dan memberikan kenyamanan bagi pengguna ponsel.

Helio G70 dan Helio G80 nantinya akan disematkan di dalam perangkat smartphone dari sejumlah brand ternama. Smartphone yang menggunakan kedua chipset tersebut akan dipasarkan pertama kali di India, pada akhir bulan Februari ini. Sayangnya tidak disebutkan smartphone apa saja yang akan menggunakan chipset Helio G70 dan Helio G80.

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close