Telco

Gandeng Google, Indosat Ooredo Luncurkan Asisten Virtual via Telepon

Techdaily.ID Indosat Ooredo bekerjasama dengan Google meluncurkan IM3 Ooredoo Phone Line yang terintegrasi dengan Google Assistant. Layanan asisten virtual ini dapat di akses via telepon di nomor 696 secara gratis.

“Kami sangat senang bisa bekerja bersama Google untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi apapun seperti menggunakan Google Assistant. Kerjasama ini sebagai salah satu komitmen kami untuk mewujudkan inklusi digital di Indonesia. Bersama Google, kami memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan dengan keterbatasan akses internet dan feature phone. IM3 Ooredoo ‘Phone Line’ dengan asisten Google akan membuka potensi yang dimiliki masyarakat dengan cara menghubungkan mereka ke dunia digital,” ujar Ahmad Al-Neama, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo disela acara peluncuran layanan 696 di Kantor Pusat Indosat, Gambir, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Neama dan tim Indosat berharap dapat membantu Indonesia memperkuat potensinya dengan teknologi baru. Menurut Neama, IM3 Ooredoo, menjadi operator pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Google dengan meluncurkan Phone Line.

Hal senada juga disampaikan oleh VP Head of Mobile Financial Service Indosat Ooredoo, Hendry Saputra.

BACA JUGA
Indosat Ooredoo Berhasil Atasi Kenaikan Trafik Selama Libur Natal dan Tahun Baru

“Semua pelanggan Indosat Ooredo bisa menggunakan layanan 696 di semua ponsel mereka termasuk feature phone dan smartphone. Karena untuk menggunakannya cukup menggunakan aplikasi telepon bawaan dari ponsel masing-masing yang pastinya ada di semua ponsel. Layanan 696 ini dapat dinikmati secara gratis tanpa dipotong pulsa atau kuota internet untuk mencari informasi apapun,” terang Hendri.

Melalui layanan 696, pengguna Indosat Ooredo dapat mengakses semua informasi seperti berita terkini, informasi cuaca, jadwal sholat, rekomendasi restoran terdekat, menerjemahkan Bahasa Indonesia ke bahasa asing dan banyak lagi. Layanan phone line ini menggunakan teknologi AI seperti Google Assistant.

“Tingkat akurasi layanan 696 setara dengan Google Assistant. Cara menggunakan layanan 696 ini cukup mudah. Pengguna cukup melakukan panggilan ke 696, lalu ucapkan informasi apa yang dibutuhkan. Selanjutnya, layanan asisten virtual akan memberikan informasi yang dibutuhkan,” jelas Hendri.

Sebelumnya layanan 696 telah diperkenalkan di 5 kota terlebih dahulu sebagai proyek ujicoba pada bulan November 2019 lalu. Lima kota tersebut meliputi Medan, Sukabumi, Karawang, Jombang, dan Kediri, pada bulan November 2019 lalu. Kini layanan 696 sudah bisa dinikmati oleh pelanggan IM3 Ooredoo di seluruh Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Indosat Ooredoo atas kerjasamanya untuk menyediakan sebuah teknologi baru bernama “IM3 Ooredoo Phone Line dengan Asisten Google. Melalui layanan ini, kami berharap dapat membantu memperluas akses informasi kepada masyarakat Indonesia,” tutup Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close