GadgetThrowback

Throwback : Mengenal Sejarah Smartphone OPPO Find Series

Techdaily.ID OPPO akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya yakni Find X2 pada ajang MWC 2020 yang akan digelar di di Barcelona, Spanyol pada tanggal 24 hingga 27 Februari mendatang. OPPO Find X2 merupakan penerus Find X yang diluncurkan pada Juni 2018 lalu. Smartphone Find series terbaru ini akan hadir dengan sejumlah inovasi teknologi terbaru.

Nantinya kehadiran OPPO Find X2 akan menambah anggota baru dari Find series. Selama ini, Find series dikenal sebagai produk flagship OPPO. Find series juga merupakan perwujudan dari tagline OPPO: The Art of Technology. Sebagai seri masterpiece dan flagship, tentunya OPPO benar-benar memperhatikan kualitas dari smartphone tersebut.

Find series juga telah menjadi pelopor inovasi teknologi OPPO. Sejumlah smartphone seri Find telah menjadi pelopor dengan slogan smartphone pertama yang mengadopsi teknologi baru. Misalnya smartphone tertipis pertama, smartphone dengan layar beresolusi HD pertama, smartphone dengan pengisian super cepat SuperVOOC pertama serta smartphone dengan kamera pivot pertama.

BACA JUGA
Waterfall Screen dan Punch Hole Display Segera Sambangi OPPO Find X2

Kali ini Redaksi Techdaily.id akan mengulas sejarah smartphone OPPO Find Series dari sejak diluncurkan secara global maupun di Indonesia hingga saat ini. Yuk simak penjelasannya.

OPPO Find

OPPO Find

OPPO pertama kali memperkenalkan seri Find pada tahun 2011 lalu secara global. OPPO Find memadukan layar sentuh dan tombol keyboard fisik dengan desain geser.

Perpaduan layar sentuh dan tombol keyboard fisik menjadi salah satu inovasi dalam ranah smartphone yang diciptakan OPPO. OPPO Find menjadi perangkat yang menandai era perubahan perusahaan dari produsen ponsel ke produsen smartphone.

OPPO Find generasi pertama menggunakan tombol keyboard pada perangkat ini sudah tersusun secara Qwerty. Sementara layarnya sudah menggunakan layar sentuh berukuran 1,3 inci.

Smartphone dengan nomor model X903, berjalan dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo dan ditenagai prosesor berkecepatan 1 GHz. Ponsel ini dibekali kamera belakang 8MP dan kamera selfie 1,3 inci.

OPPO Find 3

OPPO Find 3

Selanjutnya OPPO meluncurkan penerus Find yakni Find 3 pada tahun 2012 secara global. OPPO Find 3 menjadi pelopor smartphone dengan desain tipis. Mengingat kala itu, smartphone yang beredar di pasaran memiliki desain tebal dan berat.

OPPO Find 3 memiliki ketebalan hanya 6.65 mm. Dengan ketebalan tersebut, OPPO Find 3 menjadi smartphone paling tipis di dunia saat itu.

OPPO juga menggunakan teknologi dual frame stainless steel untuk memberikan ketahanan perangkat terhadap benturan. Find 3 berjalan pada sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dan ditenagai prosesor 1.5 Ghz.

Hanya ada satu konfigurasi yang disajikan ponsel ini yakni RAM 1GB dan ROM 16GB. Ponsel ini disematkan kamera utama 8MP dan kamera selfie 2MP.

OPPO Find 5

OPPO Find 5

Berikutnya, OPPO merilis kembali Find series terbaru yakni Find 5 secara global pada Februari 2013 lalu. Kemudian OPPO Find 5 diluncurkan ke Indonesia pada bulan April 2013 lalu.

Find 5 merupakan seri Find pertama yang diperkenalkan di Indonesia. Melalui Find 5, OPPO juga pertama kali menjajaki pasar smartphone di Indonesia.

OPPO menghadirkan resolusi layar tinggi mencapai 1080p pada Find 5. Find 5 juga menjadi pelopor smartphone dengan layar beresolusi tinggi. Mengingat saat itu, smartphone yang beredar di pasaran, termasuk Indonesia resolusi layar yang digunakan masih 720p.

Selain itu, layar tersebut menawarkan visual definisi tinggi yang baru. Tak hanya resolusi layar tinggi, Find 5 juga mengusung teknologi Ultra HD 50MP untuk pertama kalinya. Urusan foto, Find 5 dibekali kamera utama 13MP dan kamera selfie 1,9MP.

Untuk memori internal ada dua varian yang disajikan Find 5 yakni 16GB dan 32 GB. Sementara kapasitas RAM yang digunakan sama yakni 2GB.

Find 5 dibenamkan prosesor quad core 1,5 Ghz dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Desain estetika terbaik yang diusung Find 5, membuat ponsel ini banyak mendapat penghargaan seperti IF Product Design Award 2014.

OPPO Find 7

OPPO Find 7

Pada Maret 2014 lalu, OPPO Find 7 resmi diluncurkan secara global. Selang sebulan kemudian, Find 7 resmi mendarat ke tanah air.

Kali ini giliran teknologi fast charging VOOC Flash Charge yang diperkenalkan pada Find 7. Teknologi VOOC Flash Charge ini dihadirkan OPPO sebagai jawaban atas permintaan pengguna yang menginginkan smartphone flagship yang mampu mengisi daya sangat cepat. Maklum saja, saat itu smartphone flagship yang beredar di pasaran sangat boros baterai dan proses charging-nya memakan waktu lama.

Jika dibandingkan dengan solusi pengisian daya cepat yang ditawarkan di Industri kala itu, VOOC Flash Charge berhasil menembus batasan standar yang ditetapkan industri smartphone dengan mempercepat teknologi pengisian daya. Teknologi VOOC Flash Charge dapat mengisi daya Find 7 sangat cepat hanya dalam waktu 5 menit untuk 2 jam waktu bicara. Sementara ketika di charge selama 30 menit, mampu mengisi daya hingga 75%.

Find 7 diperkuat porsesor quad-core 2.5Ghz dipadukan RAM 3GB dan ROM 32GB. Smartphone ini disematkan kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP.

OPPO Find X

OPPO Find X

Diluncurkan pada 19 Juni 2018 lalu secara global di Museum Louvre, Paris, Find X hadir dengan inovasi terbaru Pivot kamera. Selanjutnya OPPO Find X diluncurkan di Indonesia pada bulan Juli 2018 dengan harga Rp. 12.999.000.

Desain Pivot kamera ini menyembunyikan struktur kamera pada bagian atas frame seperti pop-up camera. Layaknya pop-up camera, Pivot kamera ini menempatkan kamera belakang beresolusi 16MP dan 20MP serta kamera selfie 25MP menggunakan mekanisme slider atau geser.

Tak hanya itu, Pivot kamera ini terdiri dari modul 3D Structured Light yang terdiri atas beberapa komponen berteknologi tinggi, seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera. Menariknya, Find X membawa Panoramic Arc Screen, di mana OPPO menggunakan teknologi COP flexible screen untuk menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. Layarnya sendiri menggunakan AMOLED 6,42 inci dengan resolusi 2.340 x 1.080 pixel dan aspek rasio 19:9.

Dapur pacunya, OPPO Find X diperkuat chipset Snapdragon 845 sebagai generasi ketiga Qualcomm Mobile AI Platform dikombinasikan RAM 8GB dan ROM 256GB. Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo berbalut Color OS 5.1. Dayanya ditunjang baterai berkapasitas 3.730 mAh.

OPPO Find X2

OPPO Find X2

Smartphone seri Find terbaru adalah Find X2 yang akan diperkenalkan pada MWC 2020 yang akan digelar di di Barcelona, Spanyol pada tanggal 24 hingga 27 Februari mendatang. Dijadwalkan, OPPO Find X2 akan hadir di Indonesia pada bulan Maret mendatang.

Penerus Find X ini akan mengusung sejumlah inovasi teknologi terbaru. Misalnya resfresh rate layar tinggi mencapai 120Hz dan bersanding dengan teknologi pengecasan cepat SuperVOOC 65 watt.

Layar akan menjadi fokus utama Find X2 dengan sejumlah inovasi teknologi. Selain itu, Find X2 akan diperkuat chipset Qualcomm terbaru yakni Snapdragon 865.

Bocoran mengenai teknologi Find X2 dikonfirmasi langsung oleh VP OPPO, Brian Shen dan Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia. Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi mengenai spesifikasi detail dari Find X2.

Melalui Find series, OPPO akan terus menghadirkan inovasi teknologi di smartphone seri Find selanjutnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close