Tips

Sentuh 2 Miliar Pengguna, WhatsApp Bagikan Tips Keamanan end-to-end

Techdaily.id – Aplikasi perpesanan instan yakni WhatsApp telah menyentuh angka 2 miliar pengguna. Hal tersebut mengartikan bahwa lebih dari seperempat populasi manusia di bumi menggunakan aplikasi chatting ini.

Percakapan pada aplikasi ini sendiri sejatinya telah mendapatkan perlindungan dengan memanfaatkan fitur enkripsi secara end-to-end yang sudah sejak lama hadir di aplikasi ini.

Namun, WhatsApp tetap memberikan tips keamanan untuk menjaga data dari 2 miliar penggunanya tersebut. Penasaran? Berikut tips nya.

BACA JUGA
OPPO Reno3 Segera Mendarat di Indonesia

Verifikasi Dua Langkah

Tips menjaga keamanan data WhatsApp yang pertama adalah melakukan verifikasi dua langkah yang memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp Anda. Fitur ini membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp kamu apabila kartu SIM dicuri atau nomor Anda rusak.

Mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah sangat mudah, dan bisa ditemukan dalam tab ‘Akun’ dalam pengaturan WhatsApp. Klik di sini jika ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana mengaktifkannya.

Privasi Profil

Kamu juga memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain dalam profil pribadi di WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memutuskan dengan siapa mereka ingin membagikan informasi profil, apakah itu semua orang, daftar kontak, atau tidak ke siapa-siapa.

BACA JUGA
Teknologi Layar 120Hz, Apa Bagusnya ?

Pengaturan Privasi Grup

Pengaturan Privasi Grup memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang dapat menambahkan ke dalam grup, sehingga kamu dapat memilih obrolan dari grup mana yang diinginkan untuk menjadi bagian keseharian.

Untuk mengaktifkannya, kamu dapat membuka Setelan/Pengaturan dalam aplikasi, lalu ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: “Kontak Saya Kecuali”, “Kontak Saya”, atau “Semua Orang”.

Opsi “Kontak saya” berarti hanya pengguna yang tercantum di buku alamat yang dapat menambahkan kamu ke grup, sedangkan opsi “Kontak saya, kecuali…” memberikan kendali tambahan kepada kamu untuk menentukan siapa di antara kontak yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup.

Kunci WhatsApp  dengan Touch ID atau Face ID

WhatsApp menawarkan penggunanya memperoleh lapisan keamanan tambahan terhadap akunnya dengan Touch ID dan Face ID untuk iPhone, dan Sidik Jari untuk Android.

Sebagaimana dengan aplikasi perbankan, kamu dapat memilih untuk secara otomatis mengunci aplikasi setelah beberapa lama tidak aktif.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Ini Kelebihan Jabra Elite 75t

Perbarui aplikasi secara teratur

WhatsApp senantiasa bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan untuk para pengguna. Itu sebabnya banyak pembaruan yang melibatkan fitur keamanan baru lebih baik. Untuk memastikan standar keamanan kamu selalu terjaga, pastikan WhatsApp Anda diperbarui ke dalam versi terbaru yang tersedia.

Jika smartphone kamu tidak memiliki opsi pengaturan pembaruan aplikasi secara otomatis, maka kamu secara manual harus memperbarui WhatsApp dengan cara mengunjungi App Store/Play Store pada handphone Anda, lalu telusuri kata ‘WhatsApp’, dan klik ‘Perbarui’.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close