News Enterprise

Menelisik Pentingnya Peranan Teknologi dalam Sektor Pendidikan

Techdaily.ID Perkembangan teknologi di era digital saat ini terus melesat. Implementasi teknologi sudah meluas di semua sektor, termasuk pendidikan. Hampir semua negara, termasuk Indonesia sudah terus mengimplementasikan teknologi dalam pendidikan.

“Memasuki era Industri 4.0 ini, dunia pendidikan di Indonesia mengimplentasikan beragam teknologi dalam proses belajar mengajar. Misalnya AI, Big Data, Cloud Computing, AR, VR, IoT, aplikasi pendidikan dan sebagainya. Melalui serangkaian teknologi tersebut semakin mempermudah proses belajar dan mengajar,” ujar Gogot Suharwoto, Ph.D, Kepala Pustekkom, Kemdikbud dalam acara diskusi bertema “Tren Edutech 2020: Menuju Indonesia Maju” di bilangan Kuningan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurut Gogot, siswa atau siswi lebih cepat paham menggunakan metode pembelajaran berbasis teknologi.

“Salah satu contoh penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar melalui materi pelajaran yang disampaikan oleh para pengajar. Sebaiknya para pengajar harus membuat materi pelajaran lebih menarik menggunakan software seperti Power Point dan lainnya agar siwa lebih cepat memahami materi yang disampaikan,” terang Gogot.

BACA JUGA
Kelas Pintar Luncurkan Fitur Tanya

Semua data seperti materi pelajaran, soal ujian, rapor dan lainnya dapat diakses dengan mudah melalui cloud computing. Selanjutnya melalui Big Data, mendukung integrasi layanan bagi guru dan siswa sekolah.

Teknologi Ai juga memungkinkan para guru men-download materi pelajaran dari berbagai sumber di seluruh dunia dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran berbasis IoT, AR dan VR juga mampu meningkatkan interaksi antara guru dan murid.

Berikutnya dengan aplikasi digital, memungkinkan para siswa belajar dari manapun tanpa harus ke sekolah ataupun menempuh pendidikan formal. Bahkan cukup dari rumah saja, siswa dapat mengikuti pelajaran melalui aplikasi pendidikan yang tersedia di ponsel mereka. Materi yang disampaikan dalam aplikasi tersebut beragam dalam format teks, video dan sebagainya.

Apalagi saat ini hadir beragam aplikasi pendidikan mobile berbasis Android dan iOS yang dapat digunakan sebagai metode pembelajaran. Salah satu aplikasi pendidikan mobile yang sering digunakan untuk belajar mengajar adalah Kelas Pintar. Kelas Pintar mengusung sejumlah fitur menarik yang dapat mempermudah proses belajar mengajar.

“Teknologi hadir untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kami percaya bahwa pendidikan berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan membawa Indonesia unggul di mata dunia,” terang Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar di tempat yang sama.

Dirasakan Uffie, teknologi dalam pendidikan sangat penting. Ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berharap teknologi bisa menghadirkan terobosan dalam dunia pendidikan sebagai bagian dari upaya membentuk SDM Unggul.

“Inilah kenapa pada hari ini kami mengajak segenap stake holder dunia pendidikan duduk bersama untuk memetakan persoalan pendidikan dan merumuskan langkah kedepannya. Karena kami percaya, ketika mecerdaskan kehidupan bangsa jadi tujuan bernegara, maka sudah jadi tugas kita bersama untuk memastikan pendidikan berkualitas bisa diakses oleh seluruh anak bangsa. Salah satu caranya melalui inovasi teknologi,” tutup Uffie.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close