Rekomendasi
Trending

Perlukah Fitur Night Mode Pada Smartphone? Ini Jawabannya!

Techdaily.id – Jika membahas tentang kamera smartphone, tentu saat ini ada fitur yang tidak boleh absen. Apa itu? Ya tentu saja fitur night mode.

Seakan menjadi sebuah standar, fitur night mode nyaris hadir di setiap mode kamera pada smartphone saat ini. Mulai dari kelas entry level hingga high end, dari smartphone dual kamera belakang hingga empat kamera belakang tentu memiliki fitur ini.

Namun, terdapat sebuah pertanyaan besar tentang perlu tidaknya fitur night mode ini disematkan pada setiap ponsel pintar. Bukankah kalau kurang cahaya, pengguna tinggal mengaktifkan LED flash saja. Yuk, sama-sama kita jawab teka-teki ini.

Manfaat Fitur Night Mode

Hasil foto malam di Instagram

Sebagai salah satu fitur yang wajib hadir di smartphone jaman now, fitur ini tentu saja memiliki manfaat yang besar bagi terciptanya sebuah foto berkualitas yang diambil pada malam hari ataupun kondisi cahaya minim.

Dengan menggunakan fitur ini, tentu saja pengguna tidak perlu repot-repot lagi mengotak atik ASA, diafragma bahkan shutter speed untuk menghasilkan sebuah foto yang terang dan minim noise. Pasalnya, fitur night mode ini telah menghadirkan sebuah settingan pas untuk kondisi cahaya minim, apalagi jika kamera smartphone kamu sudah dilengkapi AI, makin canggih deh.

Fitur yang dulu dikenal dengan nama modus malam ini menggunakan teknik penumpukan foto dan machine learning untuk meningkatkan kualitas foto yang diambil di kondisi minim cahaya. Ini jelas menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di smartphone baru.

LED Flash Smartphone Kurang Membantu

Fitur Night Mode OPPO Reno2

Salah satu alasan mengapa night mode perlu hadir di smartphone kamu adalah karena dukungan LED flash pada kebanyakan smartphone kurang memadai.

Berbeda dengan flash pada kamera DSLR yang relatif punya kemampuan lebih baik, ukuran yang kecil serta kekuatan pencahayaan yang rendah membuat kemampuan flash pada kamera smartphone pun menjadi terbatas.

Tidak jarang pula kita menghasilkan foto yang penyebaran cahayanya kurang merata akibat pancaran cahaya dari flash smartphone kurang kuat. Tidak jarang pula, mata kita seolah menjadi “mata kucing” akibat terkena pantulan dari flash pada smartphone.

Untuk itu, hadirnya fitur night mode yang mampu menyerap cahaya lebih lama ketimbang mode auto bisa diandalkan dalam pengambilan foto di kondisi minim cahaya.

BACA JUGA
Smartfren Tawarkan Bundling realme C3 dengan Total Bonus Kuota 384GB selama 2 tahun

Tips Memanfaatkan Fitur Night Mode

Jika kamu sudah mengetahui manfaat dari fitur ini, tentu kamu ingin langsung mencoba fitur wajib ini di smartphone kamu. Tapi tunggu dulu, karena jika asal jepret foto yang dihasilkan mungkin tidak akan maksimal. Untuk itu, berikut kami hadirkan tipsnya.

Pertama, kamu disarankan untuk membawa alat bantu seperti tripod agar smartphone kamu tidak mengalami guncangan ketika proses memotret. Dengan adanya tripod, tentu saja foto yang dihasilkan jadi lebih stabil dan terlihat rapi.

Kedua, untuk mendapatkan hasil foto yang mengagumkan kamu perlu mendapatkan pencahayaan yang cukup. Mengapa demikian? Hal tersebut tentu saja agar dynamic range pada objek bisa seimbang dengan suasana sekitar. Setidaknya, lokasi tempat pengambilan foto tidak benar-benar gelap gulita.

Ketiga, gunakan smartphone yang tepat. Memang hampir setiap smartphone saat ini telah memiliki fitur night mode pada kamera mereka. Namun tidak ada salahnya jika kamu menggunakan smartphone yang tepat. Hal tersebut dikarenakan setiap brand smartphone memiliki algoritma nya sendiri untuk menghadirkan fitur tersebut.

Fitur Night Mode OPPO Reno3
Hasil Fitur Night Mode OPPO Reno3

Terkait hal ini, OPPO Reno3 mungkin menjadi pilihan yang tepat. Smartphone ini memang belum diluncurkan di Indonesia, namun berdasarkan bocoran informasi terakhir, Reno3 mampu menghasilkan foto malam yang sangat baik.

Hal ini dikarenakan Reno3 hadir dengan algoritma baru yang mendukung komposisi multi frame mulai dari exposure yang lebih lama, HDR, dan kecerdasan buatan untuk mengendalikan noise pada gambar.

Reno 3 juga memanfaatkan NPU untuk melakukan kalkulasi algoritma sehingga dapat memberikan hasil gambar malam hari yang jernih dan jelas baik melalui fitur night mode dan ultra dark mode yang akan aktif pada saat cahaya dibawah 1 lux.

Nah, sambil nunggu smartphone ini tiba di Indonesia gak ada salahnya kan sisihkan uang jajan untuk beli smartphone yang punya fitur night mode terbaik.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close