Tips
Trending

Hasilkan Foto Bagus Dengan Smartphone? Kenapa Enggak!

Techdaily.id – Saat ini banyak smartphone yang sudah memiliki kamera yang punya kualitas bagus. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang bisa hasilkan foto bagus dengan smartphone.

Mulai dari foto Human Interest, hingga foto bintang di malam hari yang menawan pun bisa dihasilkan melalui kamera smartphone.

Smartphone dengan fitur kamera memukau juga seakan menjadi tren tersendiri dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Bahkan, tidak jarang brand smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan sebuah ponsel pintar dengan kamera sebagai key selling point mereka. Lantas, bagaimanakah tren ini ditanggapi oleh fotografer kawakan, Darwis Triadi? yuk simak ulasan berikut.

BACA JUGA
Mulai Hari Ini realme 5 Quad Camera 4+128GB Turun Harga Menjadi Rp2,499 Juta!
BACA JUGA
Logitech Perkenalkan Casing Keyboard Untuk IPad

Pria yang kerap disapa Babe ini menganggap kamera adalah sebuah alat dan sama dengan smartphone, sehingga tentu saja tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara keduanya.

Hasilkan foto bagus dengan kamera smartphone
Darwis Triadi saat memberikan tips

“Kamera dimanapun adalah sebuah alat, sama seperti smartphone. Fungsinya sama tapi kapasitasnya tergantung dari kondisinya, tapi ya tidak boleh kita adu head to head,” ujarnya saat ditemui di Jakarta (13/03).

Ia menambahkan, saat ini smartphone juga punya teknologi kamera yang bisa menghasilkan foto bagus yang tentunya dapat membantu para fotografer menghasilkan sebuah karya yang bagus.

“Saya memotret menggunakan OPPO Reno 3, sudah terbukti dicetak 1 meter lebih gak masalah, terus saya mau buat blur gak ada masalah, penggunaan low light gak ada masalah juga dan disini ada mode expert yang mana saya bisa gunakan manual seperti saya menggunakan kamera.”

Hasil foto Darwis Triadi yang dicetak 1m x 80cm

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa fotografi adalah tentang cahaya. Menurutnya, selama kita bisa memahami cahaya maka kita bisa menghasilkan sebuah foto yang bagus tidak perduli apapun alatnya. “Karena fotografi kan permainan cahaya dan asal kita bisa memahami cahaya maka kita bisa menghasilkan sebuah foto yang bagus, apapun alatnya.”

Pria yang sudah malang melintang di dunia fotografi ini juga menegaskan bahwa bukan masalah besar kecilnya ukuran piksel untuk hasilkan foto bagus dengan smartphone. “Sebenarnya bukan masalah besar kecilnya, tapi detail itu yang paling penting. Jadi kalau hasil fisik dari sebuah foto bisa kelihatan dari kualitas detailnya.”

Tidak lupa, Darwis Triadi juga memberikan tips singkat unytuk hasilkan foto bagus dengan smartphone. “Tips yang pertama adalah pelajari fitur-fitur yang ada di smartphone itu, kedua adalah melihat cahaya dengan tepat dan ketiga melihat objek.”

Hasilkan foto bagus dengan smartphone
Hasil foto Darwis Triadi menggunakan OPPO Reno 3 saat workshop

Darwis Triadi sendiri sudah menjajal kemampuan dari kamera smartphone OPPO Reno 3 untuk menunjang aktifitasnya sebagai fotografer.

Smartphone ini sendiri memiliki sederet fitur kamera unggulan seperti fitur Macro 3mm, fitur ultrawide, 5x Hybrid Zoom hingga fitur Ultra Night Mode.

Khusus untuk fitur malamnya, Reno 3 juga memanfaatkan NPU untuk melakukan kalkulasi algoritma sehingga dapat memberikan hasil gambar malam hari yang jernih dan jelas baik melalui fitur night mode maupun ultra dark mode yang akan aktif pada saat cahaya dibawah 1 lux.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close