News EnterpriseUncategorized

Discord Blokir Jutaan Akun Untuk Berantas Spam

Techdaily.id – Discord, aplikasi  layanan komunikasi sosial untuk komunitas, gaming, pertemanan telah memblokir sebanyak 5,2 juta akun antara April dan Desember tahun lalu, perusahaan itu mengungkapkanya dalam sebuah laporan transparansi kedua. Setelah laporan serupa diluncurkan pada bulan Agustus tahun lalu.

Pemblokiran kali ini paling banyak karena indikasi akun spam dan konten eksploitatif, yang mencakup pornografi non-konsensual (memaksa perilaku seksual fisik seperti pemerkosaan atau penyerangan seksual) serta konten seksual yang terkait dengan anak di bawah umur.

BACA JUGA
Cara Menggunakan Voucher Lazada,Gampang Banget
BACA JUGA
Sifgfox Luncurkan Jaringan untuk IoT di Indonesia

Dalam laporanya kali ini, yang paling umum terjadi ialah terkait dengan pelecehan, namun hanya sebagian kecil dari laporan ini yang benar-benar diblokir oleh pihak perusahaan. Kebanyakan dalam banyak kasus korban akan memblokir pengguna secara langsung sebagai langkah tindakan lanjut.

Di sisi lain, konten eksploitatif hanya mencapai 6,7 persen dari laporan. Dalam kasus ini juga banyak yang mengambil tindakan tetapi perusahaan mengatakan telah meneruskan untuk mengambil pendekatan yang jauh lebih proaktif untuk menghapusnya.

Untuk konten gambar, Discord mengaku memindai setiap gambar dan video yang diunggah ke layanannya dan menggunakan PhotoDNA untuk mencocokkannya dengan materi pelecehan seksual anak yang diketahui. Dalam sebagian besar kasus server yang menyinggung dapat langusung dihapus sebelum ada yang melaporkannya, kata Discord.

Kemudian spam adalah salah satu jumlah laporan dan prmblokiranya tertinggi. Discord mengatakan spam merupakan jenis laporan paling umum ketiga, memiliki tingkat tindakan tertinggi dari semua laporan, dan juga menghasilkan jumlah pemblokiran paling agresif.

Meskipun 5,2 juta terdengar sangat banyak ‘kesalahan’ untuk dibagikan ke umum, tapi sebenarnya itu hanya sebagian kecil dari apa yang diungkapkan Facebook dalam laporan transparansi terakhirnya tahun lalu.

Perusahaan sosial media raksasa itu mengatakan telah menghapus 54 juta konten kekerasan, lebih dari 10 juta posting berisi pidato kebencian, 5,7 juta posting yang melanggar kebijakan intimidasi atau pelecehannya, dan 18,5 juta keping konten eksploitatif.

Discord merilis laporan transparansi pertamanya Agustus lalu, yang mencakup kuartal pertama tahun lalu. Ke depannya, Discord berharap mereka dapat merilis laporan setiap semester, dengan laporan berikutnya akan rilis kembali pada bulan Agustus mendatang. / IM

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close