News Gadget

Dolby Atmos Juga Dapat Mendukung Ratusan Objek, Klaim Sony Salah Alamat kah?

Techdaily.id – Dolby Atmos, teknologi audio spasial yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories, saat ini cukup umum terdengar. Dan dengan mudah Anda temukan di PC, beberapa smartphone kelas atas, dan konsol Microsoft Xbox One.

Dari banyak brand dan perangkat yang didukung oleh Dolby Atmos, dikutip dari Wccftech.com ternyata Sony tidak pernah menggunakan teknologi suara ‘merdu’ itu, karena di PlayStation 4 dan dengan spesifikasi PlayStation 5 terbaru, kabarnya membutuhkan mesin suara yang dapat menangkap ratusan objek suara untuk  audio 3D, bukan hanya dibatasi 32 objek seperti yang didukung oleh Dolby Atmos.

Untuk merespon hal itu, situs web pengembang Dolby Atmos mengkonfirmasi klaim Sony,  dan menjelaskan tidak benar Dolby Atmos hanya dibatasi pada 32 objek, tapi justru malah dapat mendukung ratusan objek secara simultan.

Yang ada saat ini, tentu dari kebijakan dan saran dari pengembang beberapa game Atmos, karena objek adalah alat yang fantastis, tetapi pengembangan harus ditunjukkan sehubungan dengan jumlah objek yang aktif setiap saat. Terlalu banyak objek maka dapat menciptakan soundscape yang membingungkan.

BACA JUGA
Huawei Luncurkan Aplikasi Huawei Member Center

Pihak Dolby juga menjelaskan misi Sony untuk menghadirkan audio 3D kepada semua konsumen PS5 sungguh misi mulia, mengingatkan Dolby ketika memulai Dolby Atmos untuk pengembangan kualitas game selama bertahun-tahun yang lalu.

“Kami senang bahwa Sony berdedikasi untuk menggunakan audio 3D di konsol barunya. Ini hanya dapat diartikan sebagai validasi dari pekerjaan yang telah kami lakukan di semua genre hiburan dalam mengimplementasikan Dolby Atmos pada perangkat yang digunakan konsumen saat ini. Kami akan terus maju dengan misi kami untuk memastikan Dolby Atmos didukung sebagai standar dalam audio 3D,” tutur perusahaan, dalam keteranganya.

Sekarang ada ratusan juta produk yang mengusung teknologi suara Dolby Atmos di pasar, dengan beragam katagori produk, sebut saja seperti TV, AVR, soundbar, ponsel, pc, konsol game, headset. Dolby Atmos juga tersedia dengan berbagai harga, bahkan ada yang dijual dalam produk seharga $ 15. / IM

BACA JUGA
Chipset 5nm Samsung Akan Diproduksi Massal Pada Q2

Related posts:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close