Telco

Selama WFH, Netflix Jadi Primadona Pengguna XL

Techdaily.id – Pemerintah melakukan imbauan untuk para masyarakat khususnya di wilayah yang terkena wabah Covid-19 untuk melakukan aktivitasnya di rumah. Kegiatan yang lebih sering disebut WFH ini memberikan dampak yang signifikan bagi pelanggan operator seluler XL. Setidaknya aplikasi Netflix jadi primadona pengguna XL yang menghabiskan waktu mereka di rumah. 

Hal tersebut juga mengakibatkan jaringan internet dari XL Axiata mengalami lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah. 

Data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10% dibandingkan hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional. 

BACA JUGA
Smartfren Tawarkan Bundling realme C3 dengan Total Bonus Kuota 384GB selama 2 tahun
BACA JUGA
Telkomsel Sabet 6 Penghargaan dari Opensignal

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%.

“Aplikasi-aplikasi seperti Google Classroom naik menjadi 200% ketimbang hari biasa, Ruangguru  juga lonjakannya hampir 50%. Kenaikan trafik ini dimulai dari jam 9-12 siang dimana biasanya itu adalah jam-jam sibuk orang ketika dikantor maupun siswa di sekolah,” ujarnya saat Press Conference via streaming di Jakarta (23/3).

Selain aplikasi belajar online diatas, aplikasi Netflix juga menjadi primadona para pengguna XL. Gede mencatat, setidaknya terdapat kenaikan trafik yang cukup tajam dari aplikasi ini, disamping adanya kenaikan dari aplikasi hiburan lainnya seperti game online dan sosial media.

“Netflix menyumbang hampir 50% kenaikan trafik, disamping itu ada pula kenaikan dari Mobile Legends 10% dan Youtube 5%, untuk pesan instan seperti Whatsapp naik 10% dan Facebook 11 %.”

 Biasanya, para pelanggan XL yang beraktivitas di rumah mengakses layanan hiburan seperti video on demand dan game online setelah jam 12 siang, seperti di jam 3 sore ataupun mendekati jam pulang kantor yang seharusnya. Sementara itu, berdasarkan lokasi, Jabodetabek mencatat kenaikan trafik sebesar 6%.

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal. Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan. 

Kenaikan Trafik di Aplikasi Lain

Selain aplikasi Ruangguru dan Netflix, kenaikan trafik data juga dirasakan dari beberapa aplikasi lainnya, seperti, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%. 

Untuk media sosial, di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah Covid-19, kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 %, Instagram 2%, Youtube 3%, dan Twitter 3%. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2%, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19. Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8%.  

Layanan percakapan instan seperti Whatsapp mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1%dan Telegram 12%. 

Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, kenaikan trafik data XL juga terasa di beberapa kota lainnya seperti di Kabupaten Barru 19%, Kabupaten Bulukumba 18%, Kab Pinrang 18% di Provinsi Sulawesi Selatan, serta di Provinsi Sumatera Utara di Kab Labuhan Batu Selatan sebesar 16% dan di Kab Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 15%.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close