Techlife

5 Aplikasi Cek Kualitas Udara Di Sekitarmu, Pilih Mana?

Techdaily.id – Wabah virus Corona atau COVID-19 membuat banyak orang jadi lebih sadar akan kesehatan mereka. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kualitas udara. Aplikasi cek kualitas udara menjadi salah satu aplikasi yang sepertinya wajib kamu miliki di tengah wabah penyakit ini.

Setidaknya, dengan memiliki aplikasi cek kualitas udara, kamu bisa lebih tenang ketika terpaksa harus keluar rumah untuk sekadar membeli kebutuhan pokok. Untuk itu, tim Techdaily merekomendasikan 5 aplikasi untuk mengetahui kualitas udara disekitar. Penasaran? Berikut daftarnya.

BACA JUGA
Gaet Halodoc, Telkomsel Tingkatkan Layanan Kesehatan Berbasis Digital
BACA JUGA
Motorola Edge + Smartphone Ganteng besutan Motorola, Siap Meluncur!

AirVisual

Aplikasi cek kualitas udara yang pertama adalah AirVisual. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi AQI paling komprehensif untuk Android dan iOS. Selain memberikan tingkat kualitas udara, AirVisual juga menawarkan berbagai fitur lainnya.

Salah satunya adalah rekomendasi kesehatan, di mana aplikasi menunjukkan langkah-langkah yang dapat Kamu ambil untuk menghindari penyakit. Seperti menggunakan masker, menutup jendela rumah, atau menghindari bersepeda.

AirVisual dapat mengirimi Kamu peringatan ketika AQI berfluktuasi, yang dapat digunakan sebagai widget di Android. Plus, Kamu dapat melihat ikhtisar seluruh dunia untuk memeriksa bagaimana kota-kota lain dibandingkan dengan kota Kamu. Untuk berbagi di jejaring sosial, Kamu dapat mengambil gambar dan menerapkan filter AirVisual di atasnya. Ini menambahkan rincian seperti AQI dan lokasi ke gambar.

Plume Air Report

Plume adalah aplikasi pengecekan polusi udara untuk pengguna yang ingin menyesuaikan sesi aktivitas luar ruang mereka berdasarkan kualitas udara. Ini memiliki interface yang ramping yang menunjukkan dengan tepat kapan Kamu harus, misalnya, mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan. Ada garis waktu di bagian bawah aplikasi dan visual di bagian atas yang menampilkan kualitas udara, suhu, dan data lainnya.

Ketuk bagian atas untuk mengetahui detail lebih lanjut seperti konsentrasi partikel, hari terbaik tahun ini untuk kualitas udara, dan banyak lagi. Kamu bahkan dapat memilih aktivitas sebelumnya dan Plume akan memberitahu informasi waktu terbaik pada saat itu. Seperti AirVisual, Plume juga menawarkan alat citra sosial, peringatan berkala, dan kondisi udara di dunia.

Sh**t! I Smoke

Aplikasi cek kualitas udara selanjutnya tampaknya sangat cocok dengan perokok, karena mereka menggunakan rokok sebagai parameternya.

Aplikasi ini mengambil pendekatan unik dibandingkan dengan aplikasi pengecekan kualitas udara lainnya. Alih-alih menggunakan angka sebagai parameternya, Sh ** t! I Smoke menunjukkan berapa batang rokok yang setara dengan udara yang Kamu hirup.

Sebagai contoh, aplikasi ini mungkin mengatakan “Anda akan merokok 2,7 batang hari ini” daripada hanya memberitahu tingkat kualitas udara. Akan tetapi, Kamu masih dapat memeriksa metrik spesifik tersebut dengan memilih Rincian Lainnya. Untuk menambah User Experience, aplikasi ini bahkan memainkan animasi asap di tepi kanan layar.

Air

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk orang pengguna Mac akut namun tetap menginginkan sebuah informasi terkait kualitas udara disekitar.

Jika Kamu ingin tetap mengikuti pembaruan kualitas udara saat bekerja pada Mac, cobalah aplikasi yang disebut Air. Ini adalah utilitas Mac langsung yang menunjukkan kualitas udara berdasarkan kode ZIP Kamu di bilah menu. Air secara otomatis dapat menentukan lokasi dan fungsi dengan sempurna.

Plus, latar belakangnya di bilah menu bahkan menyesuaikan dengan kondisi, seperti menunjukkan merah terang untuk lingkungan yang tidak sehat. Akan tetapi, Kamu tidak memiliki banyak opsi kecuali untuk memilih kode ZIP secara manual. Pada saat awal, Air baru berfungsi di Amerika Serikat saja.

Airqualiter

Aplikasi cek kualitas udara-techdaily.id

Sesudah aplikasi untuk Mac, kurang lengkap rasanya jika kami tidak menghadirkan rekomendasi aplikasi untuk Windows. Di Windows, aplikasi cek kualitas udara terbaik adalah Airqualiter. Ini adalah aplikasi AQI standar yang menampilkan semua informasi yang Kamu harapkan. Kamu juga dapat menambahkan beberapa kota, menelusuri tampilan dunia, merencanakan hari-hari dengan ramalan setiap jam, dan banyak lagi.

Nah, demikianlah deretan aplikasi yang sangat berguna untuk mengecek kualitas udara di lingkungan sekitarmu. Oh iya, jangan lupa share artikel ini ke teman terdekat ya, biar mereka juga semakin aware untuk mengikuti Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close