Tips

Cara Memperbaiki Google Assistant yang Bermasalah

Techdaily.idGoogle Assistant seharusnya membantu kita semua sebagai asisten virtual untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita. Namun, apa jadinya kalau AI dari Google ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Jika itu terjadi, Kamu tidak perlu panik karena cara memperbaiki Google Assistant tidaklah sesulit yang Kamu bayangkan.

Masalah yang biasanya timbul adalah ketika pengguna android harus mengucapkan frasa “OK Google” berulang kali dan menjadikan ponsel ini tidak responsif. Bukannya berfungsi, ponsel pengguna malah jadi lemot.

Jika Kamu merasakan hal tersebut, Kami memiliki beberapa cara memperbaiki Google Assistant yang bisa Kamu coba sendiri yang dilansir dari lan Androidpit (6/4). Berikut langkah-langkah nya.

BACA JUGA
iPhone Punya Emoticon Rahasia, Ini Cara Mengaktifkannya

Pastikan Bukan Kamu Saja yang Mengalaminya

Sebelum Kamu melontarkan sebuah komplain ke pihak Google, pastikan dulu kalau orang lain juga tidak bisa mengakses Google Assistant. Karena bisa jadi, hanya Kamu yang tidak bisa mengakses fitur tersebut.

Untuk mengetahuinya, Kamu bisa memeriksa beberapa media sosial seperti Twitter, Reddit, dan forum dukungan Google untuk melihat apakah pengguna lain mengeluh bahwa fitur deteksi suara “OK Google” dan “Hei Google” telah berhenti berfungsi pada ponsel mereka.

Terkadang cara memperbaiki Google Assistant yang paling umum adalah mengulangi Voice Match Google Assistant di ponsel Kamu. Setelah Google sudah mengenali lagi suara Kamu, Kamu bisa mengulangi frasa “Ok Google”.

Periksa pengaturan bahasa

Cara memperbaiki Google Assistant berikutnya adalah dengan memeriksa pengaturan bahasa yang Kamu gunakan. Jika Google Assistant tidak menanggapi, bisa jadi karena Kamu berbicara menggunakan bahasa yang salah. Bahasa Inggris AS akan menjadi bahasa default bagi banyak pengguna, tetapi masih layak untuk dicek di menu Pengaturan dan ubah sesuai kebutuhan. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Google dan kemudian menu utamanya, lalu buka Pengaturan> Suara (di bawah Pencarian), lalu pilih bahasa yang sesuai dari menu Suara.

Jika bahasa yang Kamu inginkan tidak tersedia, Kamu bisa memperbarui paket bahasa dari menu Suara yang sama.

BACA JUGA
Tips Menjaga Suhu Smartphone Tetap Dingin

Cek Microphone di Ponsel Kamu

Cara memperbaiki Google Assistant berikutnya adalah dengan memeriksa microphone pada ponsel Kamu. Google Assistant bergantung pada akses tanpa gangguan ke mikrofon ponsel Kamu. Saat membuka aplikasi Google, ikon mikrofon di sisi kanan bilah pencarian akan tampil dengan huruf tebal, dengan garis yang sepenuhnya terbentuk. Jika memiliki garis putus-putus, microphone ponsel Kamu mungkin bermasalah.

Hal ini mungkin disebabkan oleh serpihan kecil di lubang microphone yang sering ditemukan di sebelah port pengisian daya. Jika itu masalahnya, Kamu tinggal membersihkan port jack audio dengan hati-hati. Jika sudah, periksa pengaturan microphone di dalam aplikasi Google.

Nonaktifkan S-Voice atau Bixby

Cara memperbaiki Google Assistant

Jika Kamu pengguna Samsung, Kamu sebaiknya menonaktifkan fitur suara dari S-Voice atau Bixby pada ponsel Kamu. Meskipun tidak ada alasan yang jelas, namun Google Assistant tidak selalu kompatibel dengan Bixby atau aplikasi S-Voice versi lama di ponsel Samsung.

Jika Kamu memiliki Samsung dengan Bixby atau S Voice dan lebih suka menggunakan asisten suara Google, Kamu mungkin perlu menonaktifkan fitur bawaan Samsung tersebut. Untuk melakukan ini, cukup cari ikon aplikasi untuk S Voice atau Bixby dan kemudian tekan dan pilih Nonaktifkan.

Nah, demikianlah cara memperbaiki Google Assistant yang bisa Kamu kerjakan sendiri. Tidak perlu ngeroot ponsel android Kamu kan.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close