Rekomendasi

Stop Nyinyir, Ini Kelebihan Mediatek Helio P95 yang Kamu Belum Tahu!

Techdaily.idKetika mendengar nama Mediatek Helio P95 tidak sedikit orang yang under estimate dengan SoC yang satu ini. Akan tetapi, sejatinya terdapat banyak kelebihan Mediatek Helio P95.

BACA JUGA
Kenali Keunggulan dan Kekurangan Uji Kamera dan Hasil Foto Huawei P30 dan P30 Pro

Sekadar informasi, Mediatek Helio P95 merupakan chipset keluaran baru dari Mediatek. Chipset ini menjadi suksesor dari seri Mediatek Helio P90 yang punya kemampuan AI luar biasa.

Chipset ini juga sudah dipasangkan pada smartphone terbaru OPPO yakni OPPO Reno3 Pro yang belum lama ini meluncur di Indonesia. Nah, buat kalian yang masih meragukan chipset ini, yuk simak ulasan tentang kelebihan Mediatek Helio P95 ini.

Dukungan Teknologi Network Jaman Now

Sebagai chipset yang dipasangkan pada smartphone premium, sudah tentu Mediatek Helio P95 mampu mendukung kemampuan mobile network yang mumpuni.

Meski belum mendukung jaringan 5G, namun chipset ini termasuk salah satu yang paling handal dalam urusan jaringan 4G. SoC ini sudah mendukung teknologi dual VoLTE yang punya banyak fitur menarik.

VoLTE atau Voice Over LTE sendiri merupakan panggilan suara berbasis packet switch yang ada pada jaringan 4G. Panggilan suara model ini diklaim memiliki tingkat delay yang sangat kecil, minim noise dan kualitas suara yang lebih jernih ketimbang panggilan konvensional lainnya.

Berbeda dengan panggilan Whatsapp yang berbasis IP, VoLTE memiliki dedicated bearer atau jalur internet khusus sehingga tidak akan mengganggu aktivitas internet pada aplikasi lainnya.

Selain VoLTE, chip Mediatek Helio P95 juga mendukung LTE Cat-12 untuk downlink dan LTE Cat-13 untuk uplink yang tentunya akan mengoptimalkan jumlah bandwidth yang masuk kedalam smartphone. Contoh sederhana nya adalah teknologi ini akan meminimalisir tingkat delay ketika bermain game online. 

AI yang Lebih Cerdas

Kelebihan Mediatek Helio P95

Salah satu kelebihan Mediatek Helio P95 adalah kemampuan kecerdasan buatan (AI) nya yang mumpuni.

Hal inilah yang bahkan menjadi salah satu alasan kuat dari OPPO untuk mempercayakan smartphone premium mereka yakni OPPO Reno3 Pro menggunakan chipset ini.

MediaTek Helio P95 dilengkapi dengan AI Processing Unit (APU) generasi kedua yang telah ditingkatkan. Dibandingkan dengan Helio P90, APU 2.0 ini memiliki kinerja 10% lebih baik dalam performa benchmark, membuatnya menjadi salah satu APU paling bertenaga yang tersedia pada ponsel 4G saat ini.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Ini Harga Samsung Galaxy S20 Series

Kemampuan APU 2.0 ini juga bisa kamu temukan pada kamera smartphone yang menggunakan SoC ini.

APU 2.0 memungkinkan peningkatan yang efektif untuk proses kedalaman foto, segmentasi scene yang lebih cepat, penyetelan hingga tingkat piksel saat menyunting gambar, pengurangan noise yang lebih efektif dan berpotensi melacak pergerakan dan gestur badan sepenuhnya, lewat aplikasi Augmented Reality maupun Mixed Reality (AR/MR).

OPPO Reno3 Pro sendiri menggunakan hardware empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8), telefoto 13 MP (f/2.4), hybrid 5x digital zoom 20x, ultrawide 8 MP (f/2.2), dan mono 2 MP (f/2.4). Sementara kamera depannya menggunakan dua lensa 44MP dan 2MP. Sudah kebayang kan, gimana kualitas foto yang dihasilkan dari kombinasi hardware dan AI ini.

Teknologi Hyper Engine Untuk Gaming Maksimal

Kelebihan Mediatek Helio P95
Kelebihan Mediatek Helio P95

Kelebihan Helio P95 selanjutnya datang dari sektor performa gaming. Meski banyak pihak yang meragukan kemampuam chipset Mediatek untuk urusan gaming, namun tampaknya hal tersebut tidak terjadi di Helio P95.

Chipset ini sendiri menggunakan prosesor octa-core yang terdiri dari dua Cortex-A75 2.2 GHz dan 6-core Cortex-A55 2 GHz sebagai core hemat daya.

BACA JUGA
Tiba di Indonesia Pekan Depan, Yuk Intip Spesifikasi Singkat realme C3

Prosesor ini juga memiliki cache L3 besar untuk mendongkrak performanya. Sedangkan untuk urusan grafis, terdapat GPU IMG PowerVR GM 9446 dengan kinerja gaming 10 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya.

Akan tetapi, tidak hanya itu senjata dari chipset ini untuk melahap semua game mobile. Mediatek Helio P95 merupakan seri P pertama yang mengadopsi teknologi Hyper Engine. Teknologi ini memberikan pengalaman maksimal saat bermain game. Tidak hanya untuk performanya saja, kinerja jaringan internet juga dimaksimalkan untuk kebutuhan game yang menuntut latency super rendah.

Teknologi ini juga menjadikan touch sensing yang lebih responsif, frame rate tinggi dan stabil. Kemampuan melahap game berat dari chipset ini juga terbantu berkat hadirnya dukungan RAM sebesar 8GB.

Hemat Daya

Chipset ini diklaim memiliki peningkatan efisiensi daya ketimbang seri sebelumnya yang dimaksudkan untuk gameplay yang lebih lama.

BACA JUGA
Sony Rilis Wireless Shooting Grip GP-VPT2BT

Jika berkaca dari seri sebelumnya yakni Helio P90, sejatinya P90 memiliki teknologi CorePilot terbaru dari MediaTek yang memastikan bahwa pemrosesan dilakukan dengan cara yang paling efisien di dalam prosesor. Chip ini juga menerapkan sistem konfigurasi Big.LITTLE Cluster yang memberikan efisiensi ketika pemrosesan CPU. Hal tersebut tentu saja berlaku pada seri P95 ini.

Prosesor Cortex-A55 memiliki efisiensi daya sehingga hemat dalam mengkonsumsi baterai. Semua prosesor ini dapat berjalan secara bersamaan di MediaTek Helio P95 dan memiliki cache L3 yang besar sehingga performanya bertenaga.

Mediatek Helio P95 saat ini tertanam pada smartphone OPPO Reno3 Pro. Smartphone terbaru OPPO ini dibanderol dengan harga Rp. 8.999.000 dan sudah tersedia sejak 21 April di Blibli.com. Oppo menawarkan bonus Oppo Enco Q1 senilai Rp 1,6 juta khusus untuk 1.000 pembeli pertama hingga 26 April.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close