News Enterprise

Dukung Belajar Dari Rumah, Bhinneka.com dan Cicil.co.id Luncurkan Program #MahasiswaBisa

UNESCO mencatat setidaknya terdapat 1,5 juta miliar anak usia sekolah yang terdampak Covid-19 di 188 negara, termasuk 60 jutaan di antaranya ada di Indonesia.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), khususnya di DKI Jakarta resmi diperpanjang hingga 22 Mei 2020. Artinya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diinisiasi oleh pemerintah sejak tanggal 16 Maret 2020 akan berlanjut hingga situasi dinyatakan kondusif bagi masyarakat untuk kembali berkegiatan sebagaimana biasa.

Memahami situasi yang tidak normal dan menjadi tantangan bagi banyak pihak, termasuk mahasiswa. Bhinneka.Com menggandeng Cicil.co.id, platform layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi dalam program #MahasiswaBisa, yang memungkinkan para mahasiswa membeli notebook Lenovo dengan program cicilan yang ringan dan skema pembayaran yang fleksibel.

Program #MahasiswaBisa menawarkan 11 pilihan notebook dengan potongan harga hingga Rp550.000 di platform Bhinneka.Com pada 27 April-31 Mei 2020.

Vensia Tjhin, Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka.Com mengungkapkan solusi pembiayaan ini diharapkan dapat dimanfaatkan mahasiswa maupun para orang tua di masa seperti sekarang.

“Menjadi salah satu solusi yang relevan belanja kebutuhan sekolah dan kuliah secara online, di samping bagi para penerima KJMU dan KJP Bank DKI yang juga telah menjadi mitra Bhinneka.Com,” ungkap Venesia.

BACA JUGA
Dell EMC upgrade Sistem PowerMax Storage dengan NVMe over fabric, dual port Intel Optane drives

UNESCO mencatat setidaknya terdapat 1,5 juta miliar anak usia sekolah yang terdampak Covid-19 di 188 negara, termasuk 60 jutaan di antaranya ada di Indonesia.

Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah dengan pemanfaatan teknologi informasi, berlaku secara tiba-tiba.

Hal ini tak jarang membuat para pendidik dan siswa kaget, termasuk orang tua. Pasalnya, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap harus berjalan, tetapi mesti didukung perangkat berkegiatan yang memadai. 

Indonesia juga menghadapi beberapa tantangan nyata yang harus segera dicarikan solusinya, di antaranya ketimpangan teknologi antara sekolah di kota besar dan daerah, serta keterbatasan sumber daya untuk pemanfaatan teknologi pendidikan, termasuk jaringan internet dan multimedia.

Program #MahasiswaBisa memungkinkan mahasiswa memilih 11 tipe notebook Lenovo dengan angsuran. Kisaran harga antara Rp4 juta hingga Rp12 jutaan. Sejalan dengan kendala PSBB selama periode program (27 April – 31 Mei 2020), pembelian tipe tertentu akan mendapat tambahan potongan harga hingga Rp550.000.

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk mahasiswa adalah Lenovo V14-IIL (Core i3-1005G1, 4GB, 1TB HDD) yang mendapat potongan harga Rp550.000 dari harga awal Rp6.149.000.

BACA JUGA
Dell Technologies: 80% Pemimpin Bisnis di Indonesia Sambut Baik Konsep Bermitra dengan Mesin/robot.

“Prosesornya cukup mumpuni untuk menjalankan pekerjaan multitasking dengan penyimpanan besar, didukung layar 14 inci dan dilengkapi built-in camera untuk konferensi video yang nyaman saat perkuliahan online, dan sudah dilengkapi sistem operasi Windows 10 original,” lanjut Vensia.

Mengomentari kemitraan antara Cicil.co.id dengan Bhinneka.Com yang erat terutama dalam menggarap sektor pendidikan, Edward Widjonarko, Co-Founder, Cicil.co.id, menjelaskan masa yang sulit ini menuntut pendidik, mahasiswa dan orang tua untuk cepat beradaptasi pada perubahan ini. Pembelajaran online ini juga menjadi pos pengeluaran tak terduga bagi mahasiswa dan orang tua.

“Melalui program #MahasiwaBisa belajar dengan aman Cicil.co.id dan Bhinneka.Com menyediakan dukungan alternatif pembiayaan ringan untuk memfasilitasi pembelian perangkat pendukung belajar online tersebut,” papar Edward.

Di sisi lain, Bhinneka.Com mencatat kenaikan signifikan untuk perangkat kerja maupun pendukung kegiatan sekolah sejak Januari 2020.

“Selain notebook dan printer yang selama ini menjadi kontributor pendapatan terbesar kami, lonjakan terbesar hingga 50 persen terjadi di produk modem MiFi (mobile wifi) dan webcam,” jelas Vensia.

BACA JUGA
Acer Ajak Kita Manfaatkan Teknologi Untuk Produktif selama di Rumah

Bhinneka.Com akan terus menghadirkan program-program menarik untuk produk dan jasa yang mendukung pelanggannya untuk dapat terus produktif selama masa physical distancing.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close