Rekomendasi

Kelebihan Exynos 990, Chipsetnya Samsung Galaxy S20 Ultra!

Techdaily.id – Exynos 990 merupakan chipset paling baru dari Samsung yang menjadi bagian dari ponsel flagship mereka yakni Samsung Galaxy S20 Ultra. Menjadi otak dari ponsel flagship, tentu membuat banyak orang bertanya tentang kelebihan Exynos 990.

BACA JUGA
Jenius X BNI Permudah Pelanggan BNI Top up Uang Elektronik

Kelebihan Exynos 990 mungkin sudah tercermin dari proses EUV 7nm nya. Namun sejatinya tidak hanya itu saja keunggulan dari chip ini. Setidaknya terdapat empat poin lagi yang jadi nilai plus dari chipset ini. Apa saja? Berikut daftarnya.

Performa yang Meningkat

Exynos 990 ini mendapatkan peningkatan performa hingga 20% dengan menggunakan setup tiga cluster CPU yang terdiri dari 2 ARM Cortex-A76 berperforma tinggi dan 4 inti efisiensi Cortex-A55. Untuk grafisnya, chipset ini juga menggunakan prosesor grafis ARM Mali-G77, dimana GPU ini merupakan GPU premium pertama yang berbasis arsitektur Valhall, yang akan memberikan 20% peningkatan performa grafis serta efisiensi tenaga.

Kelebihan Exynos 990 dari sisi performa juga akan terbantu oleh dukungan memori LPDDR5. Chip ini mampu mendukung kecepatan data memori LPDDR5 hingga 5.500 megabit per detik untuk bandwidth memori yang lebih luas daripada pendahulunya yang didukung oleh LPDDR4x.

BACA JUGA
Bantu Toko Retail, JANZ Hadirkan Teknologi POS

Processor Exynos 990  memungkinkan smartphone untuk secara efisien mentransfer sejumlah besar data yang diperlukan untuk komunikasi 5G, berbagai aplikasi yang didukung AI, game berbobot besar yang menuntut kelola grafis yang rumit, video resolusi ultra-tinggi, dan banyak lagi.

Dengan spesifikasi diatas, sudah terlihat bagaimana chip ini mampu mempercepat proses multitasking serta melahap game berat sekalipun.

Dukungan AI on-device

Chipset Exynos 990 ini memiliki AI on-device yang ditangani melalui dual-core NPU (Neural Processing Unit), di mana fungsi AI diproses secara on-device, alih-alih melalui jaringan dan server.

Dengan proses ini, operasi bisa dilakukan lebih cepat dan aman. Sistem facial recognition berbasis AI juga mendapatkan peningkatan untuk menghasilkan kualitas tangkapan kamera lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai contoh, ketika dikombinasikan dengan teknologi pemrosesan gambar canggih, AI memungkinkan kamera untuk menghasilkan fotografi pro-grade melalui optimalisasi yang cerdas.

NPU dapat melakukan lebih dari sepuluh triliun operasi per detik (TOPS). Hal ini memungkinkan smartphone yang diotaki oleh Exynos 990 akan mampu menghadirkan pengalaman seluler yang lebih kaya dengan beragam fitur cerdas termasuk fitur kamera cerdas, asisten virtual dan virtual reality (VR) yang jauh lebih ditingkatkan. Prosesor Exynos 990 yang dirancang untuk AI, tentu akan membawa kemampuan Samsung Galaxy S20 Ultra ke level berikutnya.

Dukungan Kamera Resolusi Besar

Seperti diketahui Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki kamera dengan resolusi 108MP. Resolusi sebesar ini bisa didapatkan berkat hadirnya chip Exynos 990 pada ponsel tersebut.

BACA JUGA
Buat akhir tahun, Ini Smartphone kamera terbaik part 2

Processor Exynos 990 mendukung hingga enam sensor dengan resolusi sangat tinggi hingga 108MP dan mampu memproses tiga sensor secara bersamaan untuk pengalaman multi-kamera yang lebih canggih.

Selain itu, dengan dibekali kecerdasan buatan, kemampuan mesin pembelajaran dari NPU secara otomatis mendeteksi tiap objek dalam adegan yang memungkinkan Image Signal Processor (ISP) untuk menghasilkan dan menerapkan pengaturan kamera khusus yang disesuaikan dengan subjek tersebut.

Misalnya, ketika NPU mendeteksi wajah dalam bingkai bidikan kamera, maka itu memungkinkan ISP untuk secara otomatis memberikan pengaturan terbaik untuk kondisi pencahayaan yang sempurna dan warna kulit orang tersebut. Selain itu, ISP memperhitungkan fitur algoritma canggih untuk mengurangi noise, meningkatkan tekstur dan melakukan pemetaan tone lokal yang lebih baik untuk menampilkan kualitas gambar terbaik.

Mampu Suguhkan Pengalaman Multimedia Terbaik

Samsung Galaxy S20 Ultra didukung oleh teknologi layar dengan kualitas terbaik. Mulai dari Dynamic Amoled 2X, HDR 10 hingga refresh rate nya yang mencapai 120Hz.

Deretan teknologi layar diatas akan sangat terbantu oleh fitur unggulan dari chipset Exynos 990 ini. Chip ini menghadirkan codec multi-format yang sangat  canggih yang mendukung pengkodean dan penguraian video UHD 8K dengan kecepatan 30 frame per second (fps).

BACA JUGA
4 Alasan Mengapa Kamu Wajib Beli Redmi 7

Dengan teknologi kompresi bandwidth, bandwidth yang diperlukan untuk mentransfer data yang dikodekan dan didekodekan dapat dikurangi secara drastis sehingga menghasilkan efisiensi daya yang lebih baik.

Selain itu, algoritma pengkodean video dapat meningkatkan kualitas video dengan mengoptimalkan bagian-bagian tertentu dari bingkai gambar yang dianggap lebih sensitif, berdasarkan karakteristik kognitif visual manusia.

Tidak hanya untuk menyaksikan film dan bermain game saja, dengan memanfaatkan kemampuan NPU AI, pengguna juga dapat menciptakan video  yang lebih kreatif atau bergaya dengan menambahkan efek khusus seperti efek “bokeh” untuk perekaman video layaknya film layar lebar.

Nah setidaknya daftar empat kelebihan Exynos 990 yang ada pada Samsung Galaxy S20 Ultra, kamu bisa mendapatkan ponsel ini tanpa perlu keluar rumah dengan cara mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia. Untuk mendapatkan promo menarik, kamu bisa mengunjungi https://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close