eSport

Ngabuburit Sambil Main CODM, Kenapa Enggak?

Techdaily.idMenunggu waktu berbuka puasa biasanya dilakukan oleh banyak orang dengan berburu takjil. Namun, Aktivitas yang akrab disebut ngabuburit ini sulit dilakukan lantaran adanya pandemi COVID-19 yang mewajibkan kita untuk berada di rumah. Akan tetapi, kamu tidak perlu risau karena terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah ngabuburit sambil main CODM atau Call Of Duty Mobile.

BACA JUGA
Inilah Empat Juara Kompetisi Nasional Free Fire

Game online ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, selain bertadarus tentu saja. Agar aktivitas bermain kamu jadi menyenangkan, tentunya dibutuhkan perangkat smartphone yang cukup mumpuni serta dukungan konektivitas jaringan internet yang juga memadai.

Untuk memainkan game ini, tim Techdaily menggunakan perangkat smartphone yang cukup mainstream yakni Redmi Note 8. Sejatinya, standar perangkat untuk game ini tidak terlalu tinggi. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone dengan dukungan RAM minimal 3GB dan prosesor octa core untuk ngabuburit sambil main CODM dengan lancar dan tanpa lag. Jika lebih tinggi dari itu, bisa dipastikan settingan grafis pada game ini akan lebih tinggi lagi yang menjadikan visualisasinya menjadi lebih tajam dengan pergerakan yang smooth.

Selesai membahas perangkat, saatnya beralih ke jaringan mobile yang digunakan untuk bermain game ini. Untuk memainkan game populer ini, setidaknya kamu harus menggunakan jaringan internet mobile 4G.

Hal tersebut dimaksudkan agar asupan bandwidth yang diterima oleh smartphone kamu lebih besar dengan tingkat latency yang kecil agar permainan jadi lebih stabil.

BACA JUGA
Kebanyakan Main Game Online Bisa Kena Down Syndrome?

Kami menggunakan jaringan internet mobile dari Indosat Ooredoo untuk mengakomodir aktivitas ngabuburit sambil main CODM. Indosat Ooredoo sendiri merupakan salah satu operator seluler terbesar di Indonesia yang sudah memiliki jaringan 4G dengan cakupan luas hingga ke pelosok Indonesia. Jadi, seharusnya operator seluler ini mampu memberikan kualitas jaringan internet yang baik untuk aktivitas gaming maupun streaming.

Namun, untuk memastikan kualitas internet dari operator seluler ini, tidak ada salahnya untuk menguji kualitas jaringannya terlebih dahulu. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih dan tersedia secara gratis di Google Play Store seperti Speedtest by Ookla, Nperf hingga OpenSignal.

Dari ketiga nama tersebut, kami memilih menggunakan alat uji Speedtest untuk mengetahui kualitas jaringan internet dari Indosat Ooredoo, dan berikut hasilnya.

Ngabuburit Sambil Main CODM

Seperti pada gambar diatas, jaringan internet mobile dari Indosat Ooredoo berhasil memberikan dukungan bandwidth yang cukup besar yakni 17.8 Mbps untuk download dan 42.2 Mbps untuk upload serta tingkat latency yang cukup wajar yakni hanya 21 millisecond (ms).

Dengan besaran bandwidth seperti itu, seharusnya jaringan internet mobile ini sudah memenuhi standar untuk bermain game mobile. Kecepatan internet ini juga sudah cukup mumpuni untuk nonton film di platform Video on Demand macam Netflix dan semacamnya.

Saatnya Bermain

Ketika semua persiapan dirasa sudah beres, kini saatnya memainkan game ini. Kami memilih bermain multiplayer ketimbang Battle Royal. Kami juga bermain dalam mode Rank untuk meningkatkan status peringkat di game ini.

Kami memulai permainan dari Rank “Rookie IV” dengan target mencapai Rank “Warrior” dalam kurun waktu satu jam sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit Sambil Main CODM

Sepanjang permainan, kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun dan game mainstream ini berjalan mulus tanpa kendala. Hal tersebut didapat berkat kolaborasi antara device dan jaringan internet mobile dari Indosat. Tercatat, sepanjang permainan jaringan 4G milik Indosat berhasil memberikan ping yang cukup baik yakni sekitar 50-70ms. Hal tersebut ditandai oleh angka ping yang berwarna hijau pada bagian kanan layar ketika bermain.

Setelah satu jam permainan, akhirnya kami berhasil ngepush rank hingga ke “Veteran III” dari semula hanya berada pada “Rookie IV”.

BACA JUGA
8 Tim Esports Siap Memperebutkan Gelar Juara Regular Season MPL ID S4

Bermain game online memang bisa membuat kita menghilangkan rasa jenuh setelah seharian bekerja. Namun, jangan juga sampai lupa waktu.

So, jika kalian ingin mendapatkan pengalaman bermain game online dengan baik, setidaknya kalian harus memperhatikan dua hal yakni smartphone yang tangguh serta jaringan internet mobile yang mumpuni.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close