Techlife
Trending

Mudik Virtual, Silaturahmi di Tengah Pandemi

Techdaily.idSudah menjadi sebuah tradisi turun menurun bagi mayoritas umat muslim di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan mudik ke kampung halaman menjelang atau saat hari raya Idul Fitri. Akan tetapi, tampaknya di tahun ini hanya sebagian kecil dari masyarakat Indonesia  yang melaksanakan kegiatan tersebut lantaran pandemi COVID-19 di Tanah Air. Segala alternatif coba dihadirkan untuk tetap menjalin tali silaturahmi di tengah pandemi ini, salah satunya dengan Mudik Virtual.

Yap, istilah ini memang tampak asing bagi sebagian orang, namun cukup menjadi cara yang ampuh untuk melepaskan rindu akan kampung halaman dan sanak saudara yang ditinggalkan di tanah kelahiran.

Kemajuan teknologi serta kemudahan mengakses internet hingga ke pelosok desa menjadi salah satu faktor utama yang menggagas ide Mudik Virtual ini. Dengan memanfaatkan perangkat smartphone dan koneksi internet yang stabil, kegiatan ini bisa dilakukan tanpa perlu persiapan rumit dan tentunya tetap didalam rumah. 

Pengguna hanya perlu menginstal aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meet, hingga WhatsApp untuk tetap terhubung dengan sanak saudara ataupun sahabat di desa. Sekadar tips, untuk semakin memudahkan aktivitas ini, disarankan pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp yang tentunya sudah familiar digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, aplikasi ini menghadirkan fitur video call hingga delapan peserta dalam satu kesempatan. Bahkan, aplikasi milik Facebook ini kabarnya akan segera menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya melakukan video call hingga 50 peserta pada platform desktop, jadi bisa makin banyak saudara yang ikut hadir deh.

BACA JUGA
Melenggang di Negara Asal, Ini Harga Huawei nova 6 SE

Persiapan Sebelum Mudik Virtual

Tim Techdaily.id sendiri mencoba mempraktikan kegiatan Mudik Virtual ini dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp, satu unit smartphone dan tentu saja yang paling penting, koneksi internet yang stabil. 

Seperti yang sempat disinggung di atas, aplikasi WhatsApp merupakan sebuah platform yang sangat familiar sehingga kamu ataupun lawan bicara tentunya sudah akrab dengan interface dari aplikasi ini. 

BACA JUGA
Anggota Baru Realme 5 Series Meluncur 2020, Berapa Harganya?

Setelah ponsel dan aplikasi sudah siap, sekarang saatnya untuk “mengurus”jaringan internetnya. Untuk akses internet, kami menggunakan jaringan internet mobile dari XL Axiata yang tentunya bisa didapatkan dengan mudah. 

Mengapa XL? Pasalnya, Sejak Desember 2014, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia ini telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.  Apalagi, terdapat fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%. Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 wib, mulai dari Rp. 2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 – 17.00 wib, mulai dari Rp 3.500. 

Dari segi infrastruktur, XL Axiata juga telah memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia yang ditopang oleh fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.

Dengan data di atas, seharusnya operator seluler ini mampu menghadirkan kualitas jaringan internet yang stabil di berbagai kondisi cuaca. Akan tetapi, sebelum memulai aktivitas Mudik Virtual, tidak ada salahnya untuk mengecek kualitas jaringan internet dari XL Axiata terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi benchmark seperti Speedtest by Ookla, Nperf, hingga OpenSignal. Pada pengujian kali ini kami memilih menggunakan aplikasi Speedtest yang punya tampilan sederhana dan mudah digunakan.

Pada pengujian yang dilakukan dari rumah di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, jaringan internet mobile dari XL mampu memberikan kecepatan bandwith yang tinggi serta tingkat latency & ping yang rendah. Hal tersebut tergambar dari hasil Speedtest yang menunjukan kecepatan download mencapai 17,8 Mbps dan 16,4 Mbps untuk upload serta tingkat ping yang rendah yakni 18ms. 

Dengan hasil seperti ini, seharusnya jaringan XL Axiata juga cukup baik untuk kegiatan lainnya seperti bermain game online dan marathon movie di platform Video on Demand. 

Saatnya Mudik Virtual

Mudik Virtual

Pada kesempatan kali ini, kami mencoba merajut tali silaturahmi di tengah pandemi lewat aktivitas video call dengan teman dekat yang berada di kota lainnya.

Sepanjang percakapan, kami tidak merasakan adanya gangguan seperti delay ataupun noise.  Percakapan juga berjalan dengan lancar di kedua sisi.

Aplikasi WhatsApp juga turut membantu kelancaran dari aktivitas ini dengan interface nya yang sederhana dan tentu saja, irit bandwith. Setidaknya, kami menghabiskan waktu kurang lebih satu jam dengan pengalaman yang mulus tanpa adanya lag sedikitpun.

Pada kesempatan kali ini, kami menggunakan paket Xtra Combo dengan tarif Rp. 89.000,-. Pada paket ini, kami mendapatkan kuota basic 10GB plus bonus kuota sebesar 10GB yang dirasa cukup untuk mengakomodir kebutuhan Mudik Virtual di hari raya Idul Fitri tahun ini. 

Solusi ini bisa menjadi sebuah alternatif yang cukup ampuh untuk memupus rindu di tengah pandemi yang sedang melanda negeri ini. Well, silahkan mencoba dan semoga pandemi ini segera berakhir. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close