Telco

Bersama Kemenkes, XL Hadirkan Kampanye Berubah Usir Wabah

Techdaily.id – Perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran COVID-19. Karena itu pemerintah menyediakan layanan Interactive Voice Response (IVR) 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19. Bersama dengan Kementrian Kesehatan dan USAID, XL Axiata menghadirkan kampanye Berubah Usir Wabah. 

BACA JUGA
6 Inisiatif Utama dari Kerjasama Telkomsel Dengan PBNU, Untuk Perkuat Persatuan Bangsa!

Launching kampanye ini dilakukan secara virtual di Jakarta. Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengatakan wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial, dan ekonomi secara lebih luas.

“Semakin meluasnya dampak wabah ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan, agar masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri dari Covid-19,” katanya pada keterangan pers yang diterima tim Techdaily.id

BACA JUGA
Versi final ColorOS 7 Sambangi OPPO Reno2

Namun, kenyataannya, berubah bukanlah suatu hal yang mudah. Berubah untuk mengusir wabah Covid-19 memerlukan suatu langkah pendekatan komunikasi khusus yang mengarah pada tujuan perubahan perilaku kunci untuk menurunkan kasus Covid-19.

Di samping itu, pada kerja sama ini PT XL Axiata Tbk terus berupaya menyediakan sarana yang mudah bagi pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar pandemi Covid-19. Layanan terbaru yang kini dikenalkan berupa layanan telepon 321 memberi kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan dalam akses internet untuk memperoleh beragam informasi.

Masyarakat dengan semua jenis telepon selular dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh informasi secara cepat tentang Covid-19 dan berbagai informasi yang bermanfaat lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan belum semua pelanggan dan masyarakat menggunakan smartphone dan mengakses internet. Sebagian dari mereka ternyata masih menggunakan telepon biasa, termasuk juga mereka yang berdomisili di area yang belum terjangkau jaringan internet secara memadai.

“Layanan telepon 321 ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyebaran informasi seputar Covid-19 secara lebih merata ke seluruh daerah di Indonesia mengingat layanan ini dapat diakses oleh seluruh pengguna telepon selular di Indonesia. Seluruh konten informasi pada layanan ini pun disediakan dalam bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dian menambahkan, saat ini layanan telepon 321 tersedia di seluruh 34 provinsi di Indonesia. Untuk memanfaatkan layanan ini, pelanggan cukup melakukan panggilan telepon dengan menekan 321 dan mengikuti arahan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA
Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE 5G

Pelanggan dapat menikmati panggilan bebas biaya untuk 8 (delapan) telepon pertama. Setelah delapan panggilan pertama setiap bulannya, selanjutnya berlaku tarif dengan harga yang terjangkau Rp 250/menit. Panggilan bebas biaya ini berlaku setiap bulannya.

“Seluruh konten informasi terkait Covid-19 selaras dengan panduan nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Inisiatif ini didukung oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs Indonesia melalui Program Breakthrough Action yang didanai oleh USAID,” katanya.

Diharapkan kampanye Berubah Usir Wabah dimana mempersembahkan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan Layanan Interactive Voice Response 321 menjadi salah satu media edukasi pencegahan Covid-19, selain itu juga dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close