Tips

Cara Menonaktifkan Background Apps di Android 10

Techdaily.idSmartphone Android baru memang punya kualitas yang sangat baik, apalagi saat digunakan untuk proses multitasking. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ponsel Android tersebut akan jadi lemot yang salah satunya disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di background. Sebenarnya, cara menonaktifkan background apps cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. 

BACA JUGA
Cicipi Mode Ultra Wide OPPO Reno2, Seluas Apa?

Namun, bagaimana jika smartphone Android kamu berjalan pada sistem operasi Android 10? Apakah caranya sama dengan sistem operasi Android versi sebelumnya.

Well, langkah-langkahnya memang tidak 100% sama, namun cukup mudah untuk kamu lakukan sendiri dirumah, alih-alih membawanya ke tukang service smartphone. Nah, buat yang penasaran, yuk langsung aja ikuti cara menonaktifkan background apps di Android 10 seperti yang kami lansir dari laman Androidpit (29/5). 

BACA JUGA
Smartphone 5G Hisense Siap Meluncur

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu aplikasi mana saja yang berjalan di background. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang boros RAM. 

Caranya, kamu hanya tinggal masuk ke menu setting > System > Advanced > Developer options > Running services. Opsi ini membawa kamu ke daftar proses yang sedang berjalan yang menunjukkan berapa banyak RAM yang digunakan.

Langkah kedua adalah memilih aplikasi mana yang akan dihentikan dari background. Pada tahap ini, kamu harus memperhatikan aplikasi mana yang harus dihentikan operasinya pada latar belakang, karena jika salah menghentikan aplikasi bisa-bisa smartphone kamu tidak akan berjalan dengan normal.

BACA JUGA
Xu Zhijun Optimis China Ciptakan Jaringan 5G Terbaik di Dunia

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan aplikasi tersebut secara manual. Agar smartphone kamu tetap aman, usahakan tidak mematikan aplikasi dari Google Service.

Untuk mematikan secara manual kamu hanya tinggal ke menu Settings > Developer Options > Processes(Running Services) kemudian tekan tombol stop. 

Untuk meng uninstal aplikasi via Application list, kamu hanya tinggal menuju menu Settings > Applications > Application manager.

Nah, sekarang saatnya kamu coba sendiri deh. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close