Telco
Trending

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel

Techdaily.idTelkomsel sebagai salah satu operator seluler dengan jaringan 4G hingga ke berbagai daerah di Tanah Air akhirnya menggelar layanan VoLTE atau Voice Over LTE. Cara mengaktifkan VoLTE Telkomsel pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh para pelanggan. 

BACA JUGA
Pengemudi GrabCar Tidak Merasa Ada Perbedaan Perlakuan, Asal Mau Kerja

Buat yang belum tahu, VoLTE sendiri merupakan sebuah layanan panggilan telepon yang terdapat pada jaringan 4G. Layanan ini sendiri menggunakan sistem packet switch sehingga pengguna tetap bisa berinternet dengan kecepatan yang sama, meskipun sedang melakukan panggilan. 

Hal tersebut dikarenakan ketika melakukan panggilan, jaringan dari Telkomsel tidak akan turun ke 3G dan 2G. Layanan panggilan ini sendiri mirip seperti panggilan via WhatsApp, hanya saja kalau WhatsApp menggunakan skema Voice Over IP (VoIP). 

Kelebihan VoLTE

Setidaknya, terdapat tiga kelebihan utama penggunaan layanan VoLTE seperti, set up panggilan yang lebih cepat dari biasanya, kualitas audio yang jernih, meski kamu berada di tempat gaduh dan yang ketiga tentu saja pengguna tidak akan terganggu aktivitas internetnya lantaran operator penyelenggara VoLTE biasanya mengadopsi skema Dedicated Bearer yang seolah memberikan ‘jalur khusus’ untuk panggilan VoLTE. 

Hanya saja, sampai dengan saat ini belum ada aturan yang jelas terkait biaya interkoneksi untuk panggilan via VoLTE ke operator lainnya, apakah sama dengan panggilan telepon konvensional atau ada perbedaan. 

BACA JUGA
7 Fenomena Astronomi di Minggu Kedua November

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel

Cara mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel sangat mudah, berdasarkan keterangan pers yang diterima tim Techdaily, pelanggan perlu memastikan kartu SIM-nya sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel, kemudian pelanggan berada di wilayah yang mendapatkan jangkauan VoLTE (saat ini wilayah Jadetabek dan Surabaya).

Setelah itu, pelanggan perlu memastikan perangkatnya sudah mendukung layanan VoLTE dengan sistem operasi perangkat yang terbaru (ter-update), untuk tahap soft launch ini merek perangkat smartphone yang mendukung jaringan VoLTE Telkomsel adalah Samsung, Huawei, Vivo dan menyusul merek perangkat lainnya. 

Setelah memastikan semua langkah tersebut, selanjutnya adalah mengatur layanan VoLTE di menu pengaturan perangkat. Kemudian pelanggan akan melihat logo/ tanda VoLTE pada status sinyal bar sebagai tanda bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Telkomsel.

BACA JUGA
Smartfren Ujicoba 5G untuk Industri Manufaktur

Untuk menikmati layanan VoLTE, pelanggan hanya perlu mengaktifkan fitur VoLTE di ponsel yang mendukung layanan ini. 

Telkomsel juga telah menghadirkan paket khusus Takmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan yang dapat diaktifkan oleh pelanggan di Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi MyTelkomsel. 

Selain itu, Telkomsel akan menghadirkan promo gratis telepon VoLTE di akhir pekan yang tersedia selama bulan Juni mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai layanan VoLTE Telkomsel dapat diakses melalui www.telkomsel.com/volte.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close