News Gadget

TSMC Umumkan Chipset 4nm, Sebagus Apa?

Techdaily.idTaiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) secara resmi membuat pengumuman akan segera meluncurkan chipset 4nm mereka. Chipset yang belum pernah diumumkan sebelumnya ini merupakan bagian dari roadmap chip 3nm perusahaan.

BACA JUGA
Resmi, Teknologi Mi Charge Turbo 30W Siap Sambangi Mi 9 Pro 5G

CEO TSMC Liu Deyin dilaporkan telah mengumumkan pada rapat pemegang saham perusahaan, Selasa, bahwa perusahaan semikonduktor asal Taiwan ini akan meluncurkan proses 4nm “N4”.  

Proses N4 sendiri merupakan versi yang disempurnakan dari proses fabrikasi 5nm paling canggih yakni “N5P”, dan diharapkan dapat memasuki produksi massal pada tahun 2023.

TSMC jelas mengulangi rutinitas lama mereka yakni pada proses fabrikasi 6nm N6.  Ini adalah versi upgrade dari proses 7nm terkuat N7 +.  Keuntungannya adalah meskipun kinerja dan konsumsi daya terus dioptimalkan, desainnya akan selalu kompatibel satu sama lain.  

BACA JUGA
2020, Apa yang Akan Dilakukan Vivo?

Disamping itu, pelanggan mereka dapat dengan mudah bermigrasi dan mendapatkannya dengan biaya lebih rendah.

Dilansir dari Gizmochina (11/6), TSMC pertama kali memproduksi chipset adalah ketika mereka berhasil menciptakan chip dengan fabrikasi 16nm dan secara ketat mematuhi standar teknis pada waktu itu.

Di atas kertas, proses 16nm TSMC berada tepat di belakang chip dengan fabrikasi 14nm Samsung. Namun, hal inilah yang menginspirasi mereka untuk melahirkan chip 12nm.

Menurut rencana, TSMC akan memproduksi massal generasi pertama 5nm pada kuartal keempat tahun ini.  Perusahaan juga telah menyelesaikan kerangka desain proses 3nm.  Proses 3nm diharapkan untuk memasuki produksi percobaan pada paruh pertama 2021. Raksasa semikonduktor Taiwan juga kabarnya akan mempercepat produksi chipset fabrikasi 2nm.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close