Tips

Cara Mengatasi Lag Mobile Legend, Dijamin Ampuh!

Techdaily.idMobile Legend merupakan sebuah mobile yang sangat populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit dari penggunanya yang merasakan nge-lag ketika bermain game ini. Padahal, cara mengatasi lag Mobile Legend tidak sesulit yang kamu bayangkan loh. 

BACA JUGA
Teknologi Bioflok, Apa sih Kegunaanya ?

Setidaknya, terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan perihal cara mengatasi lag Mobile Legend ini. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut langkah-langkahnya. 

Cara Mengatasi Lag Mobile Legend

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan aplikasi yang berjalan di taskbar. Dengan begitu, konsumsi daya, RAM serta penggunaan data internet akan maksimal digunakan oleh game Mobile Legend. Cara membersihkannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol recent app atau multitasking untuk kemudian membersihkan aplikasi lain yang berjalan di taskbar. 

BACA JUGA
Qualcomm Perkenalkan Tiga Chipset 5G Terbaru

Dibandingkan dengan game sekelas PUBG dan CODM, memang game Mobile Legend lebih enteng untuk dijalankan pada smartphone. Hanya saja, tidak ada salahnya jika mengoptimalkan perangkat kamu ketika bermain game bukan. 

Cara mengatasi lag Mobile Legend

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Game Booster. Aplikasi Game Booster akan memfokuskan smartphone kamu untuk bermain game. Jika kamu menggunakan smartphone OPPO, seperti OPPO A92, A52 hingga A9 2020, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi Game Booster dari Third party loh. Pasalnya, pada perangkat OPPO sudah tersedia aplikasi Game Space yang berperan untuk meningkatkan performa bermain game, baik dari sisi perangkat maupun koneksi internet.

Terdapat tiga mode yang bisa kamu pilih pada aplikasi ini. Pertama adalah Competition Mode, yang secara otomatis akan mengerahkan semua sumber daya secara optimal saat kamu sedang bermain game. Opsi kedua adalah Balanced Mode. Opsi ini akan menyeimbangkan penggunaan baterai dan performa ponsel, meski performanya tidak akan se ekstrim opsi pertama.

Terakhir adalah Low Power Mode, opsi ini merupakan pilihan yang cukup bijak ketika kamu ingin bermain game sembari menghemat baterai. 

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan adalah menguji konektivitas jaringan internet sebelum bermain. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih di Play Store seperti nPerf, Speedtest by Ookla hingga OpenSignal. 

Selain bisa melihat besaran bandwith pada jaringan internet kamu, aplikasi ini juga bisa mengetahui tingkat ping atau latency dari internet. Jika memang dirasa masih kurang cukup, ada baiknya kamu bergeser dari dalam ruangan ke luar ruangan untuk mendapatkan konektivitas yang lebih baik lagi.

Langkah keempat yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi Internet Booster. Aplikasi ini berkaitan dengan langkah ketiga tadi. Jadi, jika kamu memiliki kualitas internet yang kurang baik atau kurang stabil, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Internet Booster untuk mendapatkan ping yang rendah serta memperkuat sinyal internet yang diterima oleh smartphone kamu. 

Bagi pengguna smartphone OPPO, kamu tidak perlu menginstal aplikasi lainnya. Pasalnya, pada aplikasi Game Space terdapat sebuah fitur unggulan yakni Network Acceleration. Fitur ini memungkinkan penggunanya mendapatkan koneksi jaringan yang stabil dengan tingkat latency atau ping yang cukup rendah ketika bermain game. Secara teknis, fitur ini akan mengkombinasikan jaringan wifi dan mobile data pengguna untuk menghadirkan kualitas jaringan internet yang cepat, stabil dan memiliki tingkat latency yang rendah. 

Foto di bawah ini menunjukan bagaimana fitur Network Acceleration terbukti cukup manjur dalam menghadirkan tingkat ping yang rendah serta kestabilan internet ketika bermain game. 

Cara mengatasi lag mobile legend

Cara mengaktifkannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses Game Space kemudian tekan ‘dua titik’ di pojok kanan atas, pilih Settings kemudian tinggal aktifkan fitur Network Acceleration tadi. 

BACA JUGA
Bingung Bedakan Ponsel Resmi dan Ilegal? Ini Caranya

Langkah kelima yang harus kamu lakukan adalah usahakan untuk tidak bermain game sambil mengisi ulang baterai. Pasalnya, daya hantar listrik juga mempengaruhi performa smartphone, dan hawa panas yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kinerja bermain game yang lag atau patah-patah.

Cara mengatasi lag mobile legend

Jadi, pastikan kamu memiliki cukup baterai ketika bermain Mobile Legends, jika terpaksa mengisi ulang baterai, pastikan kamu menggunakan kabel charger bawaan dengan efek hantar panas minimal.

Nah, itu tadi cara mengatasi lag Mobile Legend yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Jika tidak mau repot untuk menginstal banyak aplikasi, kamu bisa langsung mengupgrade smartphone lamamu ke perangkat OPPO.

 

Pasalnya, OPPO Indonesia sedang mengadakan promo cashback untuk perangkat OPPO A12 dan seri A9 2020 hingga Rp.200 ribu. Kamu hanya perlu menghubungi layanan pemesanan WhatsApp Official OPPO di nomor 0815-955-000.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close