Rekomendasi

Fitur Unggulan Snapdragon 690, Support 5G

Techdaily.idSalah satu produsen chipset terbesar di Dunia yakni Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset kelas menengah terbaru yakni Snapdragon 690. Meski merupakan kategori chipset kelas menengah, namun fitur unggulan Snapdragon 690 sendiri tidak bisa dianggap remeh.

BACA JUGA
Banyak Peningkatan, Ini Hasil kamera Reno4 F di ColorOS 11

Pasalnya, setiap chipset keluaran baru dari Qualcomm tentu akan mengadopsi sebuah teknologi baru pula. Hal tersebut juga berlaku pada seri Snapdragon 690 mereka. 

Nah buat kamu yang penasaran dengan chipset ini, berikut kami jabarkan fitur unggulan Snapdragon 690 yang baru saja diumumkan oleh Qualcomm. 

Fitur Unggulan Snapdragon 690

Mendukung Jaringan 5G

Seperti yang tertera pada judul artikel ini, salah satu fitur unggulan Snapdragon 690 adalah kemampuan chipset ini dalam mendukung layanan 5G. Meski belum banyak negara yang mengadopsi teknologi jaringan internet mobile generasi kelima ini, namun dipercaya kalau jaringan 5G akan lebih masif di tahun ini.

Chipset Snapdragon 690 sendiri terkoneksi secara langsung oleh modem 5G X51 dan sekaligus menjadi chipset 5G paling murah milik Qualcomm. Chipset ini juga akan mendukung jaringan 5G global seperti SA, NSA dengan sub-6Ghz. 

BACA JUGA
Resmi Diluncurkan, Ini Harga & Spesifikasi realme C12

8 nm, Lebih Efisien dan Bertenaga

Keunggulan lain dari chipset ini adalah sistem fabrikasinya yang mencapai 8 nm. Chipset ini merupakan suksesor dari pendahulunya yakni Snapdragon 675. 

Selain lebih efisien, Snapdragon 690 juga diklaim memiliki performa yang lebih bertenaga dibandingkan dengan seri 675. Chipset ini memiliki kecepatan CPU 20% lebih cepat ketimbang seri 675 dan 60% untuk grafisnya. 

Dukungan Mode Perekaman Video 4K

Snapdragon 690 juga mampu mendukung mode perekaman video 4K dengan 30 frame per second (fps). Selain itu, chipset ini juga mendukung teknologi HDR untuk meningkatkan kualitas video yang dihasilkan. 

Snapdragon 690 juga memungkinkan brand smartphone untuk meletakan kamera dengan resolusi besar yakni hingga 192 MP serta sebuah peningkatan baru untuk encoding video. Dengan teknologi tersebut, smartphone dengan chipset ini dapat memperlancar pengalaman menonton video berkualitas tinggi dalam situasi bandwidth rendah yang secara selektif meningkatkan bagian video yang bergerak.

BACA JUGA
Bantu Orang tua Murid, Samsung Hadirkan Solusi Untuk PJJ

Dukungan Layar Super Smooth

Fitur unggulan Snapdragon 690 selanjutnya adalah dukungan untuk teknologi layar super jernih. Chipset ini mampu mendukung teknologi refresh rate layar 120Hz dengan resolusi layar FHD+.

Tidak hanya pada layar, Snapdragon 690 juga mendukung teknologi Wi-Fi 6 pada sistem FastConnect 6200 Qualcomm dan sistem pengisian daya cepat Quick Charge 4+.

Meski begitu, hingga kini Qualcomm belum memberikan keterangan lebih lanjut perihal smartphone mana yang pertama kali bakal menjajal chipset ini. Namun, bisa dipastikan kalau Samsung Galaxy A71 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset 5G kelas menengah Qualcomm lainnya yakni Snapdragon 765G. 

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close