News Gadget

Samsung Patenkan Modul Kamera Berayun Terbaru

Techdaily.idSetiap brand smartphone tentu menghadirkan sebuah inovasi dari berbagai aspek. Tak terkecuali Samsung. Samsung patenkan modul kamera berayun terbaru yang mungkin belum terpikirkan oleh brand smartphone lainnya. 

Bahkan, modul kamera ini bisa menempatkan 6 lensa sekaligus yang salah satunya merupakan sebuah lensa periscope. 

BACA JUGA
Andalkan Fitur Kamera, Intip Spesifikasi Xiaomi Mi CC

Dilansir dari Gizmochina (17/6), Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengajukan permohonan paten ini pada Desember 2019 kepada WIPO (World Intellectual Property Office) yang diterbitkan awal pekan ini pada 11 Juni. Sementara modul kamera 6 sensor sangat menarik, aspek utama mengenai modul kamera ini adalah mekanisme lensanya yang bisa berayun. 

Menurut paten tersebut, smartphone Samsung menggunakan 5 sensor kamera sudut lebar dengan panjang fokus mencapai 28mm di bagian belakang bersama lensa telefoto.  Sensor-sensor ini disusun secara horizontal dengan tiga di setiap baris dan lampu kilat LED.  Dalam mode normal, kamera ini menghadap ke arah reguler, tetapi dalam “mode aktif,” deretan lensa ini dapat dimiringkan ke arah horizontal atau vertikal.

Hal ini memungkinkan sensor untuk mencapai focal length yang lebih luas secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu dalam menghasilkan bidikan panorama tanpa menggerakkan smartphone itu sendiri.

 Selain itu, lensa tersebut juga dikatakan menawarkan ‘efek pano-bokeh,’ yang menyiratkan latar belakang buram pada gambar panorama.  Teknologi lensa bergerak ini juga dapat membuat 5 sensor sudut lebar tersebut bekerja secara bersamaan untuk menawarkan hasil foto yang lebih baik yang dijahit bersama.

BACA JUGA
COLORFUL Luncurkan PC ProMaster untuk Konten Kreator

Sayangnya, bentuk kamera array ini masih terlalu mahal untuk diproduksi secara massal, tetapi memang menawarkan berbagai keuntungan. Sebuah foto biasa juga dapat memiliki rentang dinamis yang lebih tinggi dan efek bokeh dapat menargetkan lebih banyak subjek secara individual juga.

Paten Samsung juga menjelaskan tentang kekurangan sistem ini, dengan ukuran yang menonjol adalah ukuran modul kamera.  Karena akan ditempatkan di perangkat flagship, perangkat mungkin perlu memiliki mekanisme sembulan untuk menempatkan sensor agar bisa bergerak ke kiri dan ke kanan, sambil menjaga ketipisan.  

Sayangnya, tidak diketahui apakah Samsung akan benar-benar mengembangkan dan menerapkan paten ini pada smartphone mereka dalam waktu dekat, tetapi teknologi tersebut menawarkan pandangan sekilas ke generasi smartphone masa depan.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close