Tips

Tips Menghemat Baterai Smartphone, Dijamin Irit!

Techdaily.idSaat ini banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Namun, masih ada saja yang mengeluhkan baterai smartphone mereka boros. Tidak jarang pula pengguna smartphone yang kebingungan dalam mencari tips menghemat baterai smartphone.

BACA JUGA
Peluncuran Vivo V15 Diapresiasi Rekor MURI

Padahal, untuk menghemat baterai smartphone kamu hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana loh dan tidak memerlukan sebuah persiapan yang ribet.

Tips menghemat baterai smartphone juga sejatinya tidak hanya berfungsi untuk menghemat baterai ponsel kamu, melainkan bisa juga menjaga umur baterai sehingga durabilitas dari baterai tersebut juga tetap terjaga. 

Nah, buat kamu yang penasaran. Berikut kami hadirkan tips menghemat baterai smartphone yang bisa membantu kamu menjaga umur baterai.

BACA JUGA
Tips Akses Youtube yang Diblokir, Gampang kok!

Jangan Mengisi Ulang Baterai Semalaman

Cara mengatasi lag mobile legend

Kebanyakan orang seringkali mengisi ulang smartphone mereka semalaman suntuk untuk kemudian digunakan keesokan harinya. Padahal, hal tersebut bisa menurunkan umur dari baterai.

Menurut laporan Android Authority, endapan panas dapat menyebabkan usia baterai lithium-ion di smartphone lebih cepat dari yang seharusnya. Jika Battery Health smartphone kamu menurun, tentu saja baterai akan lebih boros dari biasanya.

Endapan panas bisa terjadi jika smartphone kamu memiliki case dengan desain yang buruk dan tidak memungkinkan pembuangan panas. Masalah ini juga dapat muncul, jika kamu menaruh ponsel yang sedang diisi daya di bawah bantal.

Aktifkan Fitur Dark Mode

Tips menghemat baterai smartphone

Tips menghemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur dark mode. Bahkan, pada acara Google Dev Summit yang digelar pada bulan November tahun 2018 lalu, Google mengkonfirmasi bahwa anggapan yang beredar mengenai dark mode dapat menghemat baterai adalah benar adanya.

Pada aplikasi instagram misalnya, fitur mode gelap pada aplikasi ini bisa menghemat konsumsi daya baterai ponsel ketika kita sedang menggunakan aplikasi. Hal tersebut disebabkan karena fitur dark mode ini dapat meminimalisir penggunaan cahaya yang bisa menguras baterai smartphone.

Jika kamu menggunakan smartphone OPPO seperti OPPO A92, kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan mudah loh. Kamu hanya tinggal mengakses menu drop down dan kemudian langsung mengaktifkan fitur dark mode tadi. 

Selain menghemat baterai, fitur ini juga lebih bersahabat dengan mata loh. Jadi gak ada salahnya kalau kamu mengaktifkan fitur tersebut.

Gunakan Wifi

Cara lain yang dapat menghemat baterai smartphone kamu adalah dengan senantiasa menggunakan wifi. Jika kamu sedang meeting atau berkunjung ke suatu tempat yang menyediakan akses wifi, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan layanan ini. 

Pasalnya, jaringan wifi tentu lebih stabil dibandingkan dengan jaringan mobile. Hal tersebutlah yang menjadikan baterai smartphone jadi lebih irit. 

Jika tidak menggunakan wifi, maka smartphone akan terus mencari lokasi BTS terdekat dan terbaik untuk memberikan akses internet di ponsel kita. Hal tersebutlah yang membuat konsumsi daya baterai jadi lebih banyak dan tidak jarang juga membuat suhu ponsel menjadi lebih panas dari biasanya. 

Lagipula, mengaktifkan wifi juga bisa menghemat kuota internet kamu kan. So, dicoba aja. 

Update OS Secara Berkala

Setiap smartphone tentu saja memiliki tampilan UI atau OS bawaan dari brand smartphone mereka. Senantiasa mengupdate OS tentu saja akan menjadikan performa smartphone menjadi lebih stabil dari biasanya yang akan mempengaruhi konsumsi daya baterai. 

Jika kamu menggunakan smartphone OPPO, kamu bisa melakukan update ColorOS terbaru. Pasalnya, terdapat sebuah fitur hemat baterai pada ColorOS 7 yang cukup berguna buat keseharian kamu. 

Tips menghemat baterai smartphone

Fitur tersebut bernama Power Saving Mode. Fitur ini bisa meningkatkan usia baterai sebesar 10 persen pada pemakaian sehari-hari. Selain itu, ColorOS juga mempelajari pola tidur pengguna untuk membuat ponsel mereka dengan cepat memasuki mode hibernasi setelah pengguna tertidur, sehingga mengurangi konsumsi daya sebesar 35%.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Smart Power Saver. Ketika fitur ini diaktifkan sistem akan mengidentifikasi status aplikasi yang berjalan dan mengadopsi mode hemat daya yang ditargetkan untuk memastikan bahwa aplikasi latar belakang beroperasi dengan lancar. Fitur ini bisa mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya tinggal mengakses [Setting]> [Battery> (Smart Power Saver (Recommended)).

Manfaatkan Mode Hemat Daya

Tips menghemat baterai smartphone

Tips menghemat baterai smartphone ini berkaitan dengan tips sebelumnya. Bedanya, fitur ini bisa kamu gunakan ketika sedang bermain game. 

BACA JUGA
Review realme narzo 20, Kandidat Kuat Hp 2 Jutaan Terbaik!

Pada smartphone OPPO A92 misalnya, terdapat satu fitur gaming yakni Game Space yang punya peran untuk menghemat daya baterai ketika sedang bermain game. 

Jika kamu mengaktifkannya, masa pakai baterai smartphone akan tetap terjaga meskipun kamu sedang bermain game online macam PUBG, CODM atau Mobile Legend. 

Nah, demikianlah tips menghemat baterai smartphone yang bisa kamu terapkan langsung di ponsel kamu. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kamu memperlakukan smartphone milikmu. 

Jika kamu memperlakukan smartphone dengan baik, maka smartphone juga akan baik kepadamu, dan jika kamu menginginkan produk smartphone OPPO A92 edisi spesial Toys Story, kamu bisa langsung membelinya di Official Store OPPO di Tokopedia. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close