SmartphoneUncategorized
Trending

Review Redmi Note 9 Pro, Ponsel Mid Range yang Kaya Fitur

TechDaily.id – Pasar smartphone semakin di ramaikan oleh ponsel pintar mid-range. Xiaomi, yang dikenal mempunyai produk bagus dengan harga terjangkau membawa smartphone baru untuk pasar Tanah Air melalui seri Redmi Note 9. Review Redmi Note 9 Pro tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para Mi Fans. 

BACA JUGA
Cara Membuat Background Buram di Google Meet

Hal tersebut cukup wajar, mengingat model Pro adalah versi tertinggi yang tentu sangat ditunggu oleh para pecinta gadget Tanah Air.

Beruntung, tim TechDaily.id bisa mendapatkan kesempatan untuk me review Redmi Note 9 Pro. Alhasil, kita bisa mengetahui seperti smartphone ini lebih dekat lagi.

Desain

Review Redmi Note 9 Pro diawali dari desain. Meski berada di kelas mid-range, desain Redmi Note 9 Pro tidak kacangan.

Di bagian depan sudah tidak ada lagi notch. Sebagai gantinya, Redmi mengadopsi lubang layar untuk meletakkan kamera depan di sana. 

Dagu Redmi Note 9 Pro juga tidak terlalu besar, sehingga kita masih bisa merasakan pengalaman layar full. Untuk setiap sisi, Redmi Note 9 Pro agak berbeda dengan smartphone kebanyakan yang ada di pasaran.

Redmi Note 9 Pro di sisi kirinya hanya ada rumah untuk SIM Card. Sedangkan di sisi kanan, Redmi Note 9 Pro mempunyai tombol volume yang di bawahnya diikuti sensor fingerprint yang juga bisa bertindak sebagai tombol power.

Di bagian bawah, Redmi Note 9 Pro mempunyai jack audio 3.5 mm, sehingga pengguna tidak memerlukan penghubung tambahan. Di sampingnya ada port USB-C dan grill speaker.

Kini beralih ke bagian belakang. Pada panel belakang sisi kanan dan kiri agak melengkung, yang kami akui menjadikan ponsel lebih nyaman saat digenggam. Di bawah panel belakang terlihat tulisan Redmi.

Untuk rumah kamera, Redmi mengusung konsep yang sedikit unik. Empat kamera belakang di letakkan di tengah panel belakang dengan rumahnya sedikit menonjol ke luar. Lalu di bawahnya ada flash LED.

Jujur, model rumah kamera menonjol membuat kami sedikit khawatir. Sensor kamera dikhawatirkan tergores saat ponsel di letakkan dalam posisi panel belakang menghadap bawah. 

Layar

Review Redmi Note 9 Pro selanjutnya beralih ke layar. Seperti yang disebutkan di atas, Redmi Note 9 Pro mengusung konsep layar full dengan menaruh lubang di atas layarnya.

Menurut kami keberadaan lubang di layar ini tidak begitu mengganggu. Apalagi saat digunakan untuk menonton film dan bermain game karena juga ditunjang ukuran 6.67 inci.

Layar Redmi Note 9 Pro juga cukup baik menghasilkan warna. Jadi, layar terasa lebih hidup dan juga memanjakan mata pengguna.

Supaya tidak mudah tergores, Redmi sudah melapisi layar Redmi Note 9 Pro dengan Corning Gorilla Glass 5. Jadi saat ditaruh di dalam tas atau saku, tidak perlu khawatir lagi layar akan tergores benda tajam.

Kamera

Beranjak dari desain dan layar, review Redmi Note 9 Pro selanjutnya adalah kamera. Redmi Note 9 Pro mempunyai empat kamera di bagian belakang dan satu flash LED. 

Empat kamera di belakang terdiri atas lensa wide 64MP, ultrawide 8MP, makro 5MP, dan depth 2MP. Kamera ini juga sudah dilengkapi HDR dan Panorama agar hasil jepretan lebih ciamik. Untuk bagian depannya, smartphone ini dibekali oleh lensa punch hole dengan resolusi 16MP. 

Di sini juga ada berbagai pilihan mode seperti 64 MP, potret, malam hari, dan Pro. Kami mencoba menggunakan mode 64MP dan hasilnya memuaskan. Kamera menawarkan foto dengan detail baik dan warna yang tidak berlebihan.

Ketika mengambil gambar menggunakan mode potret pun, foto dapat menghasilkan foto bokeh yang natural. 

Hasil foto selfie nya juga cukup jernih dan tidak dibuat-buat. Meski begitu, kamu juga bisa menggunakan mode cantik atau filter. Lewat mode ini, kamu juga bisa mengedit wajah menjadi tirus, mata besar dan kulit yang diperhalus. Gak percaya? Berikut hasil fotonya. 

Performa

Review Redmi Note 9 Pro selanjutnya beralih ke dapur pacu. Redmi Note 9 Pro ditopang dapur pacu Qualcomm Snapdragon 720G dan GPU Adreno 618.

Selain itu, Redmi Note 9 Pro juga sudah dijejali RAM 8GB agar performanya cepat. Guna menyimpan banyak data, Redmi menyiapkan storage 128GB.

Berbekal dengan jeroan mumpuni, Redmi Note 9 Pro dapat diajak multitasking dengan baik. Saat digunakan bermain game juga hasilnya memuaskan.

Kami mencoba menguji kebolehan Redmi Note 9 Pro dengan bermain game Call of Duty. Kami mencoba memainkan dalam settingan High dan very high dan hasilnya game tidak lag dan grafis yang ditawarkan juga tajam.

 

Selain bermain game, kami juga mencoba menguji perangkat dengan cara benchmark. Kami memilih menggunakan benchmark PC Mark dan Geekbench 5 untuk mengetahui performa perangkat.

Bagaimana hasilnya? Benchmark Geekbench 5 menampilkan skor 1226 dan PC Mark 8190. Sebuah skor yang cukup tinggi untuk ukuran smartphone kelas menengah. 

Software dan UI

Redmi Note 9 Pro sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Redmi Note 9 Pro juga sudah menggunakan MIUI Global 11.0.1 versi stabil.

Dengan menggunakan MIUI 11 Redmi Note 9 Pro mempunyai fitur menarik. MIUI 11 membawa fitur yang telah lama dinanti pengguna smartphone yakni dark mode.

Kami cukup senang dengan fitur ini. Karena dark mode dapat membantu meredakan ketegangan mata dan menghemat masa pakai baterai.

Salah satu fitur menarik yang dibawa MIUI 11 lainnya adalah kemampuan menghilangkan notch. Ya, bagi yang tidak suka ada notch atau lubang di layar kamu bisa menyembunyikannya.

Guna mengaksesnya, kamu hanya perlu pergi ke Setting lalu Tampilan. Sampai di sana, kamu akan disuguhkan dengan sejumlah opsi, pilih Notch & status bar. Kamu bisa memilih apa yang diinginkan.

Baterai

Review Redmi Note 9 Pro

TechDaily.id juga me review Redmi Note 9 Pro hingga ke baterai. Redmi Note 9 Pro ditopang kapasitas baterai yang besar dan cukup untuk sehari-hari.

Redmi Note 9 Pro disematkan baterai berkapasitas 5.020 mAh. Beruntung, ponsel sudah mendukung fast charging 30W, sehingga mengisi baterai berkapasitas 5.020 mAh tidak perlu lama.

Berdasarkan pengalaman kami, untuk mengisi baterai dari 13 persen menjadi 65 persen hanya dibutuhkan waktu setengah jam. Meski tidak full, tapi kapasitas baterai itu masih bisa menemanimu beraktivitas.

Guna menghabiskan mengetahui performa baterai, kami tidak hanya mencoba menggunakannya. Tapi juga mengukurnya dengan bantuan PC Mark.

Hasil pengukuran PC Mark menunjukkan, Redmi Note 9 Pro mempunyai skor performa baterai sebesar 7942. Lalu, pengujian juga menunjukkan ponsel Xiaomi ini mempunyai kemampuan battery life 19 jam 58 menit.

Kesimpulan

Meski berada di kelas mid-range, Redmi Note 9 Pro sudah bisa digunakan untuk menunjang aktivitas saat new normal nanti. Apalagi smartphone ini mempunyai baterai jumbo yang bisa bertahan lama.

Plus, Redmi Note 9 Pro sudah ditopang empat kamera belakang yang bisa digunakan kapan saja untuk mengambil momen penting. Kamera depannya pun tidak kalah menarik.

Redmi Note 9 Pro juga sudah menggunakan konektor USB Type-C jadi transfer data bisa lebih cepat. Smartphone ini juga masih mempunyai jack audio 3.5 mm sehingga tidak perlu dongle lagi untuk mendengarkan musik menggunakan handset standar yang ada di pasaran.

Layarnya yang luas membuat pengalaman menonton video juga menjadi lebih baik. Terkhir, smartphone ini juga punya sensor fingerprint yang terletak di sisi kanan, berbeda dengan smartphone kebanyakan. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close