Techlife

Moneytory, Fitur Baru Jenius untuk Cash Flow yang Lebih Simpel

Techdaily.id – Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, meluncurkan sebuah fitur baru yakni Moneytory. Fitur baru Jenius ini bertujuan untuk membantu pengguna mengurus arus kas mereka secara lebih simpel dan mudah digunakan.

BACA JUGA
Cara Mudah Bikin Vlog Menggunakan Smartphone

Fitur Moneytory ini sendiri akan membantu pengguna melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara otomatis agar mereka bisa mengatur arus kas secara lebih baik dan terorganisir. Selain itu, fitur ini juga mencatat pemasukan dan pengeluaran dari transaksi uang masuk dan keluar pada saldo aktif dan kartu debit utama pengguna.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN mengungkapkan tujuan dari hadirnya fitur ini adalah agar para nasabah Jenius dapat mengatur cashflow mereka agar tidak boros, apalagi ditengah pandemi seperti saat ini.

“Moneytory akan membantu para nasabah untuk mengatur cashflow mereka dengan bijak, karena ujung-ujungnya kita gak mau overspend juga,”ujarnya saat virtual conference (25/6).

Irwan juga menjelaskan, hadirnya fitur terbaru ini bisa menjadi personal financial management tools yang dapat membantu para nasabah mereka.

“Moneytory hadir sebagai personal financial management tool yang membantu pengguna mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius. Fitur ini kami kembangkan berdasarkan masukan dan feedback dari proses kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia.”

Keunggulan lain dari fitur terbaru Jenius tersebut yakni pengguna bisa mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas, mulai dari berapa jumlah pemasukan/pengeluaran, berapa selisih di antara keduanya, dan melihat grafik pengeluaran dengan mudah berdasarkan tanggal dan nominalnya.

Sekadar informasi, berdasarkan polling yang dilakukan oleh Jenius melalui Instagram Story dan diikuti oleh 2.619 responden, ditemukan bahwa 6 dari 10 orang mengaku tidak terbiasa mencatat cash flow pribadinya.

Alasannya pun cukup beragam, mulai dari malas/ribet (40,5%), lupa (31%), bingung/tidak terbiasa (16,1%), belum menemukan cara yang efektif (6,3%), dan merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan pencatatan finansial (3,9%). Sementara itu, pencatatan finansial merupakan hal mendasar untuk mengetahui kondisi finansial seseorang sehat atau tidak serta membantu dalam perencanaan keuangan.

Terdapat dua informasi utama pada fitur terbaru ini yaitu pemasukan dan pengeluaran. Pada halaman utama, pengguna bisa melihat jumlah total pemasukan dan pengeluaran beserta diagram persentase sesuai kategorinya, jumlah selisih antara pemasukan dan pengeluaran, serta highlights berisi tren pengeluaran yang menampilkan grafik pengeluaran sesuai tanggal juga nominalnya.

Cara Mengaktifkan fitur Moneytory

Untuk mengaktifkan fitur ini, sejatinya pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah seperti beberpa hal berikut.

Langkah pertama yakni pengguna hanya perlu mengunduh versi terbaru dari aplikasi jenius terbaru.

Langkah kedua yang harus dilakukan oleh pengguna ialah dengan membuka aplikasi Jenius dan scroll kebawah untuk menemukan fitur Moneytory

Langkah ketiga, pengguna hanya perlu mengkategorikan pengeluaran-pengeluaran mereka. Setelah setiap transaksi terkategori, pengguna bisa melihat transaksi di bulan ini dan terdapat kolom income, expense dan net income.

Selama empat tahun ini, Jenius mengembangkan fitur-fitur revolusioner dari hasil kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia, antara lain Flexi Cash, Jenius untuk Bisnis, Pilihan Saldo Mata Uang Asing, dan yang terbaru adalah Moneytory.

“Sebagai salah satu pelopor solusi life finance dan perbankan digital di Indonesia, Jenius berkomitmen untuk terus berinovasi melalui proses kolaborasi dan kokreasi dalam menyediakan fitur-fitur yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat digital savvy Indonesia yang terus berkembang“, tutup Irwan.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close