Wearable devices

Review realme Buds Q, Kaum ‘Kere Hore’ Wajib Punya!

Techdaily.idJika membahas tentang TWS yang pernah dikeluarkan oleh realme, mungkin kita semua sepakat kalau realme Buds Air menjadi yang terbaik. Hal tersebut yang membuat kami penasaran sebelum melakukan review realme Buds Q, si TWS realme yang menyasar segmen entry level. 

BACA JUGA
Realme Siapkan Smartphone dengan Kamera 100MP

Hadirnya realme Buds Q sendiri memang lebih menyasar kalangan entry level dengan harga dibawah Rp. 400 ribu. Akan tetapi, TWS ini datang dengan segudang fitur unggulan yang sulit untuk ditolak.

 

Nah, pada artikel review realme Buds Q kali ini, kami akan mencoba memberikan pandangan lain untuk kamu yang ingin membeli perangkat AIOT terbaru dari realme tersebut. So, baca artikel ini dulu ya sebelum membeli !

 

Desain

Review realme Buds Q

TWS yang diklaim menjadi perangkat High Quality TWS Under 400k ini memiliki desain yang dirancang khusus oleh Jose Levy, seorang desainer yang sering bekerjasama dengan Hermes. 

Dari segi desain, case dari TWS ini cukup ringan dan compact dengan bobot hanya 35.4 gram dan memiliki dimensi 59,8 mm x 45 mm x 29.9 mm yang cukup nyaman untuk disimpan dalam saku. Tidak ketinggalan, realme juga menyelipkan port Micro USB pada case ini.

Review realme Buds Q

Bergeser ke bagian buds nya, disini kami mendapati dua buds yang punya desain futuristik. Satu buah buds ini memiliki berat 3.6 gram, cukup ringan bahkan kami seakan tidak terasa menggunakan buds. 

Menurut kami, dari segi desain TWS ini cukup nyaman digunakan dan memiliki desain yang futuristik. Lantas bagaimana dengan performanya? Yuk lanjut scroll kebawah. 

Performa

Review realme Buds Q

realme Buds Q sendiri dilengkapi oleh driver besar 10mm yang menggunakan diafragma komposit polimer PEEK & PU berkualitas tinggi yang diklaim mampu menghasilkan pengalaman suara yang luar biasa. 

realme Buds Q juga menggunakan solusi Dynamic Bass Boost (DBB), yang diciptakan oleh tim ahli akustik realme setelah pengujian berulang kali, membuka potensi bass dan menambahkan dinamika serta lapisan pada bass untuk musik dengan beat kencang.

Saat menjajal earbuds ini, kami merasa dentuman suara yang dihasilkan cukup lembut di telinga, hanya saja separasi stereo dari TWS ini terasa kurang “joss” saat mendengarkan musik-musik jenis Pop dan Jazz. 

Untuk bass nya sendiri, realme buds Q cukup menarik dan cukup handal dalam melibas nada frekuensi rendah. 

BACA JUGA
Produk Baru realme Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?

Selain itu, realme buds Q juga menghadirkan koneksi yang stabil dan minim delay ketika kami menjajalnya untuk menikmati Video on Demand  dari ponsel. Hal tersebut dihasilkan berkat adanya chip R1Q yang diklaim mampu menghadirkan tingkat latensi yang rendah yakni hanya 119ms saja. 

Fitur Unggulan

Review realme Buds Q

review realme Buds Q kini masuk ke bagian fitur unggulan. TWS ketiga dari realme ini memiliki sederet fitur unggulan seperti kontrol sentuh, sertifikasi IPX4 hingga dukungan penuh dari aplikasi realme Link.

Untuk kontrol sentuhnya sendiri, pengguna hanya tinggal mengetuk earbuds sebanyak dua kali untuk menjawab panggilan telepon dan memutar atau menjeda musik. Kemudian, sentuh tiga kali untuk beralih ke lagu selanjutnya serta tekan dan tahan salah satu buds selama 2 detik untuk mengakhiri panggilan telepon. Kemudian, untuk masuk ke mode gaming, kamu hanya perlu menekan dan tahan kedua buds selama dua detik saja. 

Nah, jika kamu merasa masih kurang nyaman dengan fitur-fitur tersebut, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi realme Link untuk kustomisasi lebih lanjut. 

Baterai & Daya Tahan

Review realme Buds Q

Review realme Buds Q masuk ke bagian baterai. realme Buds Q memiliki baterai 40mAh bawaan dan baterai 400mAh dalam cangkang (case) nya. Baterai ini diklaim mampu bertahan selama 3 jam ketika bertelepon secara terus menerus dan 4,5 jam waktu mendengarkan musik tanpa henti. 

Ketika kami menjajalnya, baterai earbuds ini mampu bertahan hingga 4 jam non stop. Sementara untuk menonton film atau serial, realme Buds Q mampu bertahan hingga separuh season serial ‘The Order’ di Netflix.  

Sementara dengan case pengisian daya nya, realme Buds Q mendapatkan total pemakaian 20 jam, merupakan waktu yang cukup untuk menonton 8 film atau mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim Game of Thrones.

Dengan rata-rata penggunaan 3 jam per hari, realme Buds Q hanya perlu diisi ulang daya seminggu sekali.

realme Buds Q sendiri mampu mendukung pengisian daya melalui lubang Micro-USB dan butuh 2 jam untuk mengisi earpiece hingga penuh dan 2 jam untuk mengisi ulang case hingga penuh.

BACA JUGA
imoo Watch Phone Z6 Meluncur, Jam Tangan Flip Pertama di Dunia

Kesimpulan

Review realme Buds Q

Seperti biasa, pada setiap review kami akan menghadirkan kelebihan dan kekurangan dari setiap perangkat, tak terkecuali pada review realme Buds Q yang dibanderol dengan harga Rp. 399.000,- dan berikut daftar lengkapnya.

(+)

  • Harga bersahabat dan ramah kantong.
  • Memiliki fitur kontrol sentuh, tahan percikan air hingga dukungan aplikasi
  • Daya tahan baterai yang cukup besar
  • Desain futuristik

(-)

  • Separasi stereo kurang joss
  • Suara dari luar telinga masih terdengar
  • Aplikasi realme Link belum tersedia di perangkat iPhone

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close