Telco

Telkomsel Pastikan Keamanan Data Pelanggan Tetap Terjaga

Techdaily.id – Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan berbagai teknologi yang bermanfaat secara menyeluruh untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat Indonesia di setiap aspek kehidupan. Komitmen tersebut juga termasuk dalam memberikan rasa aman terkait data para pelanggan mereka. Untuk itu, Telkomsel pastikan keamanan data pelanggan tetap terjaga dan SOP mereka.

BACA JUGA
Sabet Sertifikat MIIT, Ini Bocoran realme X50 5G

Terkait hal tersebut, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia ini senantiasa melakukan upgrade sistem keamanan dan pemeliharaan sesuai dengan SOP yang berlaku.

“Kami menghormati, mengapresiasi pihak Kepolisian dan turut prihatin atas kejadian ilegal akses yang terjadi beberapa waktu lalu. Kami memastikan perlindungan dan keamanan data pelanggan Telkomsel tetap terjaga,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro pada Jumpa Media di Kantor Telkomsel (13/7). 

Telkomsel pastikan data pelanggan

Terkait kejadian peretasan data konsumen beberapa waktu lalu, pihak Telkomsel menganggap hal tersebut masuk kedalam wilayah ilegal access dan menindak tegas pelaku peretasan tersebut hingga ke ranah hukum.

Namun, pria yang kerap disapa Anto tersebut menyatakan bahwa pengaksesan data pelanggan oleh Customer Service memang berlaku di setiap operator seluler, meski akses tersebut sejatinya bersifat terbatas.

“Petugas customer service memang punya akses terbatas. Kewenangan akses terhadap data pelanggan juga sebetulnya sangat dibutuhkan untuk membantu proses validasi ketika pelanggan memiliki keluhan layanan,” tambahnya.

Telkomsel pastikan data pelanggan

Sebagai langkah nyata dari tindakan Telkomsel pastikan keamanan data pelanggan, Setyanto menambahkan pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh, mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada.

“Hingga pengetatan prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional dan pemilihan petugas layanan yang lebih berkualitas, baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas sumber daya manusianya,” 

Sementara itu, Muharam Perbawamukti Direktur Human Capital Management Telkomsel selalu melakukan evaluasi internal untuk menghindari hal serupa terulang lagi.

“Agar tidak terjadi hal yang seperti kemarin (terkait kebocoran data Denny Siregar), kami melakukan sederet perbaikan. Kejadian seperti komplain pelanggan, breach (pelanggaran), ilegal access (akses ilegal) dan sebagainya selalu ada review secara teknis maupun SOP,” tuturnya.

Namun, Muharam tak memberikan keterangan lebih lanjut detil perbaikan yang akan dilakukan.

BACA JUGA
Andorid 11 Bisa Blokir 'Spam' Panggilan

Telkomsel mengklaim akan berkomitmen untuk tidak mentolerir segala tindakan yang tidak bertanggung jawab dan melanggar hukum, serta memastikan penerapan sanksi tegas bagi oknum pelaku dan akan menindaklanjutinya sesuai proses hukum yang berlaku.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi ilegal access terkait data pelanggan atas nama Denny Siregar yang dilakukan oleh karyawan outsourcing dari GraPARI Telkomsel di Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close