TipsUncategorized

Cara mengubah smartphone menjadi Mouse, Biar gak perlu beli

Techdaily.id – Semenjak ada laptop, sebagian orang tidak menggunakan mouse lagi. Alasannya, mouse menambah beban dan memakan tempat di tas saat bepergian. Sayangnya, penggunaan trackpad tidak terlalu nyaman untuk pengguna yang berjari besar. Jika Kamu merasa demikian, kamu bisa mengikuti cara mengubah smartphone menjadi mouse.

BACA JUGA
Smartwatch Baru Huawei Siap Meluncur di Indonesia


Berdasarkan data yang telah tim techdaily.id rangkum, ada 4 cara mengubah smartphone menjadi mouse yang bisa kamu coba.

Google Remote

cara mengubah smartphone menjadi mouse

Google remote merupakan cara mengubah smartphone menjadi mouse yang simpel. Kamu cukup memanfaatkan akun google yang sudah kamu miliki. Pertama, kamu bisa membuka google chrome versi terbaru. Kemudian, login ke dalam akun dan pasang Google Chrome Desktop Extension.

Kamu bisa memulai aplikasi ini dan tekan enable remote connection. Selanjutnya, kamu harus membuat pin dan mengkonfirmasi ulang pin yang sudah kamu buat. Lantas, kamu bisa menginstall Chrome Desktop Remote Host di laptop dan smartphone kamu.

Setelah selesai, dengan cara mengubah smartphone menjadi mouse ini kamu perlu menjalankan kedua aplikasi tersebut. Nantinya, kamu harus memasukan pin yang sudah kamu buat pada aplikasi di laptop dan smartphone.

Dengan cara di atas, kamu sudah bisa mempergunakan smartphone sesuai keinginan.

Bluetooth Remote PC

cara mengubah smartphone menjadi mouse

Selain Google Remote, kamu bisa menggunakan Bluetooth Remote PC. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi bluetooth remote pc sebagai salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa mengunduhnya secara mudah di Playstore dan memberikan semua akses yang dibutuhkan aplikasi ini. Pastikan perangkat bluetooth di laptop dan smartphone kamu berjalan lancar.

Setelah mendownload aplikasi bluetooth remote pc, kamu harus mengaktifkan bluetooth di kedua perangkat. Pastikan kedua perangkat saling terhubung di jaringan bluetooth. Setelah berhasil menjalankan aplikasi dan perangkat sukses menghubungkan ke jaringan, kamu akan diberikan pilihan fungsi, seperti mouse, keyboard, dan media presentasi.

Wifi Mouse

cara mengubah smartphone menjadi mouse

Jika masih belum bisa mengubah smartphone menjadi mouse melalui bluetooth, kamu bisa menggunakan aplikasi wifi mouse. Sesuai dengan namanya, kamu akan mengandalkan wifi di laptop dan smartphone kamu.

Kamu bisa langsung mendownload di playstore dengan mengetik wifi mouse. Setelah itu, berikan semua akses yang aplikasi minta. Sebelum itu, pastikan perangkat wifi tidak ada kendala baik pada laptop dan smartphone, ya.

Ketika kamu sama-sama mengakses jaringan wifi yang sama, aplikasi akan mendeteksi perangkat yang berada dalam jaringan yang sama. Nanti, kamu tinggal memilih menu mengubah smartphone menjadi mouse. Selain itu, smartphone kamu bisa berubah menjadi keyboard atau mouse-keyboard secara bersamaan.

BACA JUGA
Gokil, 21 Ribu Unit Realme 3 Ludes Dalam 3 Menit!


USB Remote

cara mengubah smartphone menjadi mouse

Ini merupakan cara mengubah smartphone menjadi mouse yang terakhir. Sebenarnya, ini sama saja repotnya dengan menggunakan mouse karena kamu harus mengandalkan kabel data original smartphone.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di playstore dengan mengetik USB remote pada kolom pencarian. Berikan semua akses yang aplikasi minta agar kamu bisa mengoperasikan aplikasi ini.

Setelah itu, sambungkan smartphone dan laptop melalui kabel data yang ada. Jalankan aplikasi dan kamu bisa memilih menjadi mouse atau keyboard-mouse dalam satu waktu.

Itulah 4 cara mengubah smartphone menjadi mouse yang bisa kamu andalkan. Entah saat mouse atau trackpad bermasalah. Sebelumnya, pastikan dulu kamu sudah mencoba semua aplikasi untuk mendapatkan kenyamanan yang sesuai dengan kamu. –Dan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close