AplikasiSolutionsTipsUncategorized

Cara Menggunakan Webex Meet untuk Online Meeting

Techdaily.id – Sejak pandemi Covid-19 banyak aktivitas yang tidak bisa dikerjakan seperti biasanya, termasuk bekerja dan sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk membantu mempercepat pemutusan rantai virus corona,sehingga aktivitas bekerja dan sekolah dilakukan dari rumah. Oleh karena itu,bekerja atau bersekolah jarak jauh tentu memerlukan aplikasi pendukung untuk memaksimalkan hasil kerja dan belajar seperti aplikasi Webex. Cara menggunakan Webex juga cukup simpel dan sederhana loh.

Awal mula dilaksanakannya kegiatan bekerja dan sekolah dari rumah, aplikasi zoom adalah yang paling banyak digunakan untuk kegiatan meeting online. Namun sejak adanya pemberitaan aplikas zoom berbahaya akan adanya peretasa data hingga fenomena zoom bombing,banyak orang mencari alternatif lain yang bisa digunakan untuk kebutuhan meeting online. Salah satu aplikasi yang sedang banyak digunakan oleh banyak kalangan saat ini adalah Webex atau Cisco Webex Meeting.

 

Webex dan Zoom sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama. Saat ini webex dapat diakses secara gratis dan mampu menampung hingga 100 orang peserta setiap kali meeting. Bagi yang ingin menggunakan aplikasi webex ini untuk kebutuhan meeting online,yuk simak dulu cara menggunakan Webex di bawah ini:

1.Cara mendaftar menjadi host meeting

Jika kamu akan berperan sebagai host dalam meeting online yang akan dilaksanakan menggunakan Webex, cara daftarnya adalah sebagai berikut:

a. Pertama kali kamu harus membuat akun Webex dengan cara mengunjungi web Webex lalu mendaftarkan akun menggunakan email.

b. Masukkan data pendukung seperti nama lengkap, region asal kamu

c. Cek email konfirmasi dari Webex dan pilih create password

d. Atur password akun Webex mu dan klik continue

e. Akun host sudah berhasil didaftarkan dan catat URL untuk meeting room nantinya

2. Cara menggunakan aplikasi webex di HP

Jika kamu adalah peserta meeting maka kamu tidak perlu membuat akun host. Meeting online dengan aplikasi webex bisa dilakukan melalui HP, jika tidak mau repot harus membawa laptop. Berikut ini caranya:

a. Unduh aplikasi Webex melalui playstore untuk pengguna android dan appstore untuk pengguna iOS

b. Pilih join meeting

c. Masukkan meeting number dan identitas, lalu klik join

d. Atur kamera dan mikrofon

Kamu bisa mengatur kamera dan mikrofon selama meeting.Untuk menghemat kuota kamu bisa menonaktifkan keduanya.Tapi nyalakan kembali ketika ada host meminta untuk beberapa keperluan.

e. Atur tampilan layar

Setelah klik join,kamu bisa mengatur tampilan layar menjadi floating panel yang menampilkan pembicara yang sedang aktif atau memilih grid view untuk menampilkan semua partisipan meeting di layar.

Nah begitulah cara menggunakan webex untuk keperluan meeting online. Melakukan pekerjaan secara WFH akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi webex ini,dan tentunya membuat jalannya meeting lebih mudah dan cepat.Selain itu fitur-fitur menarik yang ditawarkan juga akan sangat membantu kita dalam proses berjalannya meeting.(ira)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close