Smartphone

Review realme C15, Paket Lengkap 2 Jutaan !!

Techdaily.idUlasan mengenai review realme C15 bisa menjadi sebuah rujukan yang pas buat kamu yang tengah mencari smartphone di rentang harga Rp. 2 jutaan yang punya ‘paket lengkap’ di dalamnya. 

BACA JUGA
2 Desember 2019, Apple Gelar Acara Khusus

Mengapa demikian? Pasalnya realme C15 hadir dengan sederet kelebihan mulai dari desain, dapur pacu, kamera hingga yang paling utama daya tahan baterai yang mumpuni. Bahkan, smartphone ini pun diklaim menjadi pilihan terbaik di harga 2 jutaan. 

Tim Techdaily.id pun berkesempatan untuk melakukan review realme C15 ini dengan ekspektasi tinggi akan ketangguhan baterai dari smartphone paling powerful di jajaran realme C series sebagai Entry-Level King smartphone untuk harga 2 jutaan ini dan berikut adalah ulasan lengkapnya. 

Desain & Layar

Review realme C15 kita mulai dari segi desain dan layarnya. Tentu semua sepakat, kalau bagian ini merupakan salah satu alasan logis bagi seseorang untuk memutuskan membeli sebuah perangkat smartphone. 

Nah, sadar akan hal tersebut realme coba melakukan eksperimen pada seri realme C15 ini. Dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inci yang memiliki aspek rasio 20:9, realme C15 membawa bidang pandang lebih luas, memberikan pengalaman menakjubkan untuk bermain game dan menonton video. 

Hal ini cukup untuk membuat kami betah dalam menyaksikan video di Youtube ataupun bermain game online. Meski hanya mengusung resolusi HD+, namun kami cukup puas dengan pengalaman menonton video di layar yang hampir penuh. Apalagi konsep desain mini-drop yang semakin membuat layar ponsel ini tampak lebih lega. 

Pada bagian belakang, kami disuguhkan oleh warna Marine Blue yang cukup cerah dan sedap dipandang mata. realme C15 menerapkan konsep desain Geometric Gradient dengan inspirasi yang sama. Bentuk segitiga pada bagian belakang ponsel ini membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis dan gradasi yang berbeda. 

Terdapat deretan kamera belakang pada bagian pojok kiri atas lengkap dengan LED Flash, kemudian terdapat sensor pemindai sidik jari di dekatnya dan logo realme di pojok kiri bawah. 

Beralih ke bagian bawah ponsel, disini kami menemukan lubang port audio, lubang mic, port USB dan lubang speaker. Sementara pada bagian atas dari ponsel ini tampak polos dengan tidak menyisakan lubang apapun. 

Pada bagian kiri, terdapat slot SIM Card dan microSD. Sementara pada sisi sebaliknya terdapat tombol power serta volume up & down.

Secara sepintas, ponsel ini terlihat cukup tebal namun kokoh. Ketika digenggam pun juga cukup berat, meski tidak terlalu mengurangi tingkat kenyamanan saat menggenggam nya. 

Kamera

Review realme C15 masuk ke bagian kamera. Smartphone ini dilengkapi dengan 4 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13MP, 8MP, 2MP dan 2 MP. Sedangkan kamera depannya, beresolusi 8MP. 

Dengan resolusi sebesar itu, kualitas kamera yang ditawarkan oleh smartphone ini kami rasa sudah cukup mengakomodir kebutuhan fotografi sehari-hari. Meskipun kualitasnya tidak sejernih ponsel realme kelas menengah. 

Sensor 13MP pada kamera utama juga hadir dengan dengan area yang cukup luas, dan memiliki aperture besar f/2.2 yang seharusnya bisa mengamankan cahaya yang cukup dan membuat kualitas foto menjadi lebih baik. Lensa kamera realme C15 juga mendukung PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. 

Beberapa fitur khas seperti Chroma Boost dan mode Super Nightscape juga tersedia pada ponsel ini. Hanya saja, kami tidak melihat adanya lensa khusus untuk menangkap foto macro, meski hal tersebut mungkin bisa diakomodir dengan mode 4X Zoom. 

Salah satu nilai plus dari kamera ponsel ini adalah dengan dibenamkan nya lensa khusus untuk B&W/ Retro. Dengan adanya lensa ini, pengambilan foto menggunakan teknik B&W menjadi lebih tajam. Selain itu, kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap. Dalam mode Portrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi karya potret master, foto disesuaikan dengan gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada foto gaya potret akhir.

Gak percaya? Deretan foto-foto di bawah ini bisa menjadi buktinya loh. 

BACA JUGA
Peluncuran Vivo V15 Diapresiasi Rekor MURI

Dapur Pacu & Performa

Review realme C15 kali ini masuk ke bagian dapur pacu dan perfoma. Smartphone ini menggunakan chipset Mediatek Helio G35 yang cukup kuat untuk kelas entry level. Chipset ini sendiri memiliki delapan inti otak yang punya clock speed hingga 2.3 Ghz dengan ARM Cortex A53.

Chipset dengan fabrikasi 12 nm ini ditemani oleh varian RAM 3GB dan 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 64GB dan 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB. RAM ponsel ini menggunakan LPDDR4X yang mampu memberikan peningkatan grafis hingga 20% dan kinerja RAM hingga 100% ketimbang versi sebelumnya.

Untuk menguji performanya, akhirnya kami melakukan beberapa pengujian menggunakan benchmark PCMark dan Geekbench 4 serta pengujian untuk bermain game mainstream yang cukup berat seperti PUBG dan Call of Duty Mobile dan berikut hasilnya.

-PCMark

Pada pengujian yang kami lakukan menggunakan software PCMark, realme C15 mampu memperoleh skor hingga 5906 yang menurut kami cukup mumpuni untuk kelas entry level .

-Geekbench 4

Sementara untuk Geekbench 4, realme C15 berhasil memperoleh skor 903 untuk single core nya dan 4352 untuk multi core nya. Hasil ini juga cukup baik, mengingat chipset Mediatek Helio G35 merupakan chipset baru yang mungkin akan lebih optimal lagi dengan beberapa update firmware. 

-CODM

review realme C15

Sedangkan untuk pengujian game Call Of Duty Mobile, realme C15 hanya mampu menyuguhkan settingan grafis Low dengan frame rate High. Meski begitu, pengalaman bermain game ini cukup terasa baik lantaran layar yang cukup jernih dan lebar. 

-PUBG

review realme C15

Saat memainkan game PUBG, Smartphone ini mampu memberikan settingan grafis Balanced dan frame rate Medium. Sama halnya seperti ketika bermain game CODM, sepanjang game PUBG pun kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun. Terlebih lagi, suhu ponsel juga tidak panas dan tetap stabil. 

BACA JUGA
Saingi Huawei, Samsung Siapkan Ponsel Dengan 5x Optical Zoom

OS & UI

review realme C15

Review realme C15 kami lanjutkan ke bagian OS & UI serta beberapa fitur penting yang ada pada smartphone. realme C15 menggunakan realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun dengan memikirkan banyak aspek yang bertujuan untuk pengalaman Android yang ditingkatkan dan lebih dekat. realme UI juga cukup enteng dan sederhana, meski secara tampilan kamu tidak akan menemukan efek grafis dan perpaduan warna khas yang ada di UI ponsel lainnya. 

Satu fitur unggulan yang sepertinya perlu kami highlight adalah sensor pemindai sidik jari yang berbentuk fisik. Sensor ini cukup responsif ketika digunakan. Tercatat, kami hanya memerlukan waktu kurang dari satu detik untuk membuka kunci layar. Selain itu, sensor ini juga bisa digunakan untuk memotret momen loh. 

Fitur unggulan lainnya pada ponsel ini adalah hadirnya fitur Game Space yang menurut kami benar-benar bisa diandalkan untuk aktivitas gaming. 

Setidaknya, terdapat tiga pilihan kinerja yang bisa kamu pilih pada Game Space. Pertama adalah Competition Mode, jika memilih opsi ini, maka ponsel akan secara otomatis mengerahkan semua sumber daya secara optimal saat kamu sedang bermain game. Akan tetapi, konsekuensinya adalah daya tahan baterai yang cenderung lebih cepat habis.

Opsi kedua adalah Balanced Mode, kami menyarankan agar memilih opsi ketika kamu tengah bermain game dengan tingkat grafis yang tidak terlalu berat. Opsi ini akan menyeimbangkan penggunaan baterai dan performa ponsel, meski performanya tidak akan se ekstrim opsi pertama.

Terakhir adalah Low Power Mode, opsi ini merupakan pilihan yang cukup bijak ketika kamu ingin bermain game sembari menghemat baterai. Opsi ini layak jadi pilihan ketika kamu berada pada sebuah lokasi di mana sulit untuk menemukan sumber pengisian daya.

Baterai

Review realme C15 masuk ke bagian baterai. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 6000mAh yang menurut kami sangat besar untuk ukuran ponsel entry level. 

Bahkan, menurut hasil tes di realme Lab, ponsel ini sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby). Tidak hanya itu, ponsel ini juga mendukung OTG reverse charging yang memungkinkan realme C15 menjadi sebuah powerbank. 

Selain itu, realme C15 dilengkapi dengan 18W Quick Charge, yang cukup ngebut dalam pengisian ulang baterai dan hanya membutuhkan waktu hanya 30 menit untuk mengisi 25% daya.

Baterai besar jika dalam penggunaan boros tentu menjengkelkan. realme C15 ini tentunya tidak, karena realme memiliki fitur manajemen daya yang baik yaitu App Quick Freeze, Screen Battery Optimization dan Super Power Saving Mode. 

Super Power Saving Mode  memungkinkan pengguna memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan untuk memfokuskan sistem dan manajemen daya ke aplikasi terpilih demi memperpanjang usia baterai.

Untuk menguji daya tahan baterai dari ponsel ini, kami mengujinya dengan menggunakan dua alat uji yakni Geekbench dan PCMark. Pada Geekbench, realme C15 berhasil memperoleh skor 8939 sementara untuk PCMark, laptop ini berhasil bertahan hingga 19 Jam 58 Menit.

BACA JUGA
Review realme 5 Pro, Quad Camera Halus, Performa Mulus

Kesimpulan

Review realme C15 masuk ke bagian kesimpulan. Seperti biasa, untuk memudahkan kamu dalam menentukan ponsel ini layak atau tidak untuk dimiliki.

(+) kelebihan

  • Dukungan 4 kamera dengan lensa utama memiliki sudut lebar, cukup membantu dalam menghasilkan foto artistik. Gak percaya? Coba saja fitur BW nya. 
  • Kapasitas baterai 6000mAh dan manajemen penghemat daya yang sangat baik Selain itu, dukungan fitur pengisian daya cepat menjadikan ponsel ini makin menggoda.

(-) kekurangan

  • Resolusi layar masih HD+, meskipun tampak lebar dan luas. 
  • Masih menggunakan Micro USB. Hal ini tergantung selera pengguna, hanya saja jika menggunakan Type-C akan lebih baik. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close