TipsUncategorized

Tips mengatasi lupa PIN pada smartphone untuk kamu yang tiba-tiba hilang ingatan

Techdaily.id – Membuat sandi keamanan yang rumit dan sering berganti sangatlah bagus untuk menghindari dari pencuri. Namun, tragedi lupa bisa saja terjadi pada kamu karena sering mengganti-ganti sandi. Oleh karena itu, tim Techdaily.id sudah mempersiapkan tips mengatasi lupa PIN pada smartphone untuk kamu yang tiba-tiba hilang ingatan.

BACA JUGA
Lupa taruh di mana? tips temukan smartphone yang hilang


Forgotten Password atau lupa kata sandi

Tips lupa PIN, Sandi, dan pola pada smartphone yang pertama adalah forgotten password atau lupa kata sandi. Fitur ini sudah tersedia saat kamu berkali-kali salah memasukan sandi. Untuk menggunakan metode ini, pastikan kamu berada di jaringan yang stabil.

Setelah berulang kali memasukan sandi yang salah, kamu bisa memilih fitur lupa sandi atau forgotten password. Selanjutnya, kamu harus memasukan akun gmail dan sandi untuk smartphone tersebut. Setelah berhasil, kamu bisa memasukan sandi baru dan langsung masuk ke home.

Device manager

Cara kedua untuk tips lupa PIN, sandi, dan pola pada smartphone yang itu menggunakan Android Device Manager. Kamu hanya membutuhkan alat bantuan berupa laptop atau komputer dan jaringan internet tentunya.

Kamu hanya perlu mengunjungi situs Android Device Manager. Selanjutnya, login menggunakan akun gmail yang sama dengan smartphone yang bermasalah. Setelah itu, kamu akan berada di tampilan peta yang menunjukan lokasi device. Selanjutnya, ada tiga fitur yaitu Ring, Erase, dan Lock. Pilihlah Lock dan windows baru muncul. Kamu bisa mengubah sandi dengan yang baru dan kamu bisa login menggunakan sandi yang baru tersebut.

Reboot safe mode android

Tips lupa PIN, sandi, dan pola pada smartphone yang ketiga yaitu menggunakan Reboot Safe Mode Android. Ini sebagai solusi ketika ada aplikasi pihak ketiga yang kamu buat sebagai tambahan keamanan dan kamu tidak bisa mengubah password menggunakan akun gmail.

Untuk masuk ke mode ini, kamu harus menekan tombol power dan pilihan power off atau restart muncul. Kamu cukup tekan power lagi untuk masuk atau menemukan pilihan Reboot safe mode dan tekan oke.

Smartphone akan restart dan masuk ke safe mode. Kamu bisa uninstall aplikasi pihak ketiga dan restart kembali smartphone kamu.

Fitur ADB

Untuk tips lupa PIN, sandi, dan pola pada smartphone selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur ADB. Pastikan kamu mempunyai komputer untuk melakukan hal ini ya. Pertama, kamu harus sambungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel data. Masuk ke direktori instalasi ADB dan masukan perintah adb shell/rm/data/system/gesture.key dan tekan enter.
Cabut ponsel dan reboot hingga smartphone aktif. Kamu bisa masuk ke smartphone tanpa sandi, tapi ini hanya sementara. Kamu harus segera mengubah sandi.

BACA JUGA
Gadget of The Month: Best Powerful Smartphone, realme X2 Pro


Recovery mode

Recovery mode merupakan langkah terakhir karena data kamu tidak bisa terselamatkan atau seperti baru dari box. Untuk masuk ke recovery mode, kamu harus mencari tahu lagi karena setiap smartphone beda.

Setelah masuk ke recovery mode, pilih data/factory reset dengan menggunakan tombol volume up/down. Pilih ok atau yes, dan tunggu proses dan pilih reboot system now. Smartphone kamu pun terasa seperti baru karena semua data hilang.

Itulah kelima tips lupa PIN, Sandi, dan Pola pada smartphone untuk kamu yang tiba-tiba lupa ingatan. Bila kamu tidak yakin dengan hasilnya, kamu bisa mendatangi pusat perbaikan smartphone kamu. –Dan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close